DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1

Written By putrajunio on Sunday, August 10, 2014 | 5:17 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                               : SMP Negeri 4 Tanta
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                                   : VII/Satu
Materi Pokok                                      : Penyusunan Teks Deskripsi Secara Mandiri
Alokasi Waktu                                 : 1xpertemuan

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan mensyukuri budaya Indonesia sebagai serana memahami informasi secara lisan dan tulis.
2.      Memiliki prilaku jujur ,tanggung jawab,dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan penyusunan teks deskripsi secara mandiri
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.       
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.1.1        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar.
2.       
2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi

2.1.1        Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks.
2.1.2        Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
2.1.3        Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain.  



4.
4.2  Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.2.1        Menulis judul teks deskripsi dengan tidak menyontek karya orang lain.
4.2.2        Menulis bagian definsi umum teks deskripsi secara bertanggung jawab.
4.2.3        Menulis bagian deskripsi bagian teks deskripsi  secara bertanggung jawab.
4.2.4        Menulis bagian deskripsi manfaat teks deskripsi  secara bertanggung jawab.
4.2.5        Menuis teks deskripsi  dengan memperhatikan cara perujukan yang benar.
4.2.6        Menuis teks deskripsi dengan memperhatikan  pembentukan kata gabung dan frasa yang benar.
4.2.7        Menuis teks deskripsi dengan memperhatikan  cara pemebntukan kata berimbuhan dengan baik dan benar.


C.      Tujuan Pembelajaran
  
1.     Kompetensi Sikap

1.1.1        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar.  

2.1.1        Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks.
2.1.2        Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
2.1.3        Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain.

2.     Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan

a.        Pertemuan ke-1
Setelah  pembelajaran memahami teks deskripsi, peserta didik mampu membedakan:
3.1.1        judul kedua teks tersebut dalam waktu yang ditentukan;
3.1.2        isi kedua teks tersebut;
3.1.3        struktur kedua teks tersebut;
3.1.4        ciri bahasa kedua teks tersebut.

b.        Pertemuan ke-2
Setelah pembelajaran menyusun teks deskripsi, siswa mampu menyusun:

c.    Pertemuan ke-3
Setelah pembelajaran menyusun teks , peserta didik mampu menyusun teks deskripsi  dengan memperhatikan ciri bahasa yang baik dan benar terutama dalam hal menuliskan:
4.2.1        teknik perujukan,
4.2.2        pembentukan kata gabung dan frasa,
4.2.3        pembentukan kata berimbuhan,
4.2.4        pembentukan kalimat deskripsi,
4.2.5        penggunaan konjungsi,
4.2.6        penyusunan kalimat definisi,
4.2.7        penggunaan ejaan yang disempurnakan.

D.      Materi Pembelajaran 
1.        Pertemuan ke-1
Karena pertemuan ke-1 berpumpunkan pada pemahaman teks , materi pertemuan ke-1 adalah pengenalan
a.    judul teks deskripsi
b.    isi teks deskripsi,
c.    struktur teks deskripsi
d.   ciri bahasa teks deskripsi

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan  Saintifik
Sintak:
1.    mengamati  (model teks lisan atau tulis)
2.    menanya
3.    mencoba/mengumpulkan data atau informasi untuk menguji hipotesis
4.    mengasosiasi/menganalisis data atau informasi
5.    mengomunikasikan hasil
6.    mencipta

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                                                                             Media
·      Model                    : teks laporan hasil observasi
·      Gambar                 : lingkungan alam
·      Realia                    : lingkungan sekolah

2.                                                                             Alat/Bahan
·      Laptop
·      LCD player


3.                                                                             Sumber Belajar
·           Buku Siswa: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm....
·           Buku Guru: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm....

·           Buku Referensi: Alwi, Hasan. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Bali Pustaka.

·           Tim Olvista. 2011. “Komodo Reptil Warisan Zaman Purba.” Tersedia di http://olvista.com/fauna/komodo-reptil-warisan-zaman-purba/ diunduh, Kamis, 26 Juni 2013.



G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran           

1.        Pertemuan ke-1
a.        Pendahuluan  (12  menit )
1)   Pendidik mengingatkan materi struktur, isi, dan ciri bahasa  penyususnan  teks deskripsi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya.
2)   Kemudian, pendidik menjelaskan sasaran pembelajaran penyusunan teks deskripsi berikutnya, yaitu membedakan dan menyusun penyusunan teks deskripsi . Pendidik membaca buku guru (BG) halaman 4, khususnya tabel 1.1.
3)   Khusus sasaran pembelajaran membedakan teks laporan hasil deskripsi (KD 3.2) dan menyusun teks laporan hasil observasi (KD 4.2), pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang lingkungan alam berdasarkan puisi “Tanah Kelahiran”  karya Ramadhan K.H. dalam buku siswa (BS) halaman 3.
4)   Pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang gemar mendokumentasikan keindahan lingkungan dalam bentuk tulisan maupun gambar.
5)   Berikutnya, pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan selama pencapaian tujuan memahami dan menangkap makna teks PTD.
6)   Kemudian, pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi. Untuk langkah pembelajaran ini, pendidik dapat memperhatikan tabel 1.2 pada BG halaman 9.

b.       Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik membaca kembali teks diskripsi yang berjudul “Cinta Lingkungan” (BS halaman 5) dan PTD yang berjudul “Biota Laut” (BS halaman 22).
2)      Peserta didik menemukan kembali persamaan struktur kedua teks. Demikian pula, peserta didik menemukan kembali persamaan isi kedua teks PTD.
3)      Setelah itu peserta didik melaporkan hasil pengamatannya kembali tentang persamaan ciri bahasa kedua teks. Peserta didik melaporkan hasil pengamatan tentang persamaan kedua teks dalam buku catatan peserta didik.
4)      Setelah menemukan persamaan struktur, isi, dan ciri bahasa penyusunsan teks deskripsi “Pengenalan Budaya Indonesia”,”Tari Saman”, peserta didik mencermati kembali secara jeli kedua teks tersebut. Dalam pengamatan lanjutan ini, sasaran dipumpunkan pada perbedaan atau variasi struktur.
5)      Setelah menemukan  perbedaan struktur kedua teks, peserta didik diminta mencermati lebih lanjut untuk menemukan perbedaan isi teks.
6)      Peserta didik dibimbing untuk mencermati perbedaan unsur-unsur kebahasaan pada kedua teks PTD. Dalam hal ini juga dipastikan bahwa terdapat unsur-unsur kebahasaan yang berbeda antara dua teks Ldeskripsi tersebut.
7)      Terakhir, peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya dalam buku catatan dan diskusi kelas.

Menanya
1)        Peserta didik dengan bimbingan pendidik mengajukan pertanyaan tentang isi teks deskripsi “Cinta Budaya” dan “tari saman” dengan berpedoman pada kata ganti tanya apa, di mana, bagaimana, mengapa.
Pertanyaan itu dapat berupa (a) pertanyaan tentang sesuatu yang belum diketahui, (b) pertanyaan tindak lanjut dari informasi yang ditangkap setelah membaca kedua contoh teks dekripsi,  atau (c)  pertanyaan tentang makna kata atau istilah “sulit”.
2)        Peserta didik bertanya tentang isi, struktur, dan ciri bahasa teks deskripsi dengan memperhatikan pertanyaan pada BS halaman 6 dan halaman 22—23. 
3)        Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang struktur teks, yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Peserta didik dapat bertanya, “Pada bagian mana dari teks “Cinta budayaa” yang termasuk  bagian definisi umum? “ atau “Pada bagian mana dari teks deskripsi yang termasuk deskripsi bagian?” atau Pada bagian mana dari teks deskripsi  yang dapat diidentifikasi sebagai bagian deskripsi manfaat?” Pertanyaan pun dapat dikembangkan terus, misalnya dengan bertanya, “Mengapa paragraf ke-1 diketagorikan bagian definisi umum?” atau “Mengapa isi paragraf ke-3 dan ke-4 disebut deskripsi bagian?” dan seterusnya.
4)        Pertanyaan yang dibangun peserta didik juga terkait dengan ciri-ciri bahasa yang digunakan pada teks deskripsi  “Cinta budaya” yang dibandingkan dengan ciri bahasa pada teks deskripsitari saman”.  Pertanyaan tentang ciri bahasa dapat mencakup tentang pilihan kata, jenis kata , maupun kalimat. Agar sejalan dengan KD, yaitu “membedakan”,  setiap pertanyaan diarahkan pada pembandingan antara hal-hal yang ada pada teks deskripsi“Cinta budaya” dan teks deskriptisitari samant”.
5)        Terakhir, peserta didik menemukan jawaban “sementara” atas berbagai pertanyaan tentang isi, struktur, dan ciri bahasa teks “Cinta budaya” dan “tari saman” termasuk di dalamnya perbedaan keduanya. Dengan demikian, puncak kegiatan menanya untuk pembelajaran  KD  “membedakan teks deskriptiptisi” adalah terumuskannya jawaban sementara tentang perbedaan isi, variasi struktur, dan ciri bahasa dua buah teks deskripsi.

Mengumpulkan data
1)      Peserta didik berkelompok terdiri atas 4--5 orang/kelompok dengan cara menyebut nama-nama benda/tumbuhan untuk ditetapkan sebagai nama kelompoknya.
2)      Dalam kelompok peserta didik membaca sumber-sumber lain untuk menentukan perbedaan struktur, isi, dan bahasa kedua teks deskripsi tersebut. Sumber-sumber lain itu dapat berupa buku-buku retorika tulis, misalnya Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terutama pada bab “Analisis Wacana” atau buku Menulis secara Populer yang ditulis oleh Ismail Marahimin.
3)      Termasuk dalam membaca sumber lain ini adalah peserta didik membaca contoh-contoh teks deskripsi dari berbagai kutipan untuk memperkaya contoh. Sasaran dari langkah “mengumpulkan data” ini adalah peserta didik memiliki banyak ‘informasi faktual’, tentang isi, struktur, dan ciri bahasa berbagai teks deskripsi.

Mengasosiasi
1)      Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan perbedaan struktur isi teks hasil teks deskripsi  tentang judul, definisi umum, deskripsi bagian,  dan deskripsi manfaat.
2)      Berikutnya, peserta didik secara berkelompok mendiskusikan perbedaan bahasa yang digunakan pada kedua teks deskripsi  sesuai dengan data yang terdapat pada kedua teks tersebut.
3)      Pada tahap ini pula, peserta didik membandingkan dan menyimpulkan perbedaan struktur kedua teks deskripsi  tepat waktu.
4)      Peserta didik dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan perbedaan ciri bahasa yang digunakan dalam kedua teks deskripsi.
5)      Dalam diskusi tahap “menganalisis” ini peserta didik memanfaatkan “rumusan sementara” yang diperoleh dari tahap “menanya”. Peserta didik  juga memanfaatkan berbagai ‘data faktual’ yang diperoleh dari tahap “mengumpulkan data”.  Target akhir dari tahap “menganalisis”  ini adalah terumuskannya “simpulan” tentang perbedaan kedua teks deskripsi dari sisi isi, variasi struktur, dan ciri bahasa.

Mengomunikasikan
1)      Peserta didik menyampaikan simpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya, melalui presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab.
2)      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang perbedaan struktur,  isi, dan ciri bahasa kedua teks LHO. Satu kelompok sebagai penyaji dan kelompok lain menanggapi. Tanggapan kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok lain.
3)      Berikutnya, dengan dipandu pendidik, peserta didik menyimpulkan perbedaan struktur, isi, dan bahasa kedua teks deskripsi. Simpulan yang dibangun dari simpulan kelompok, kini menjadi lebih sempurna, menjadi simpulan kelas. 

c.         Penutup (18 menit)
2)        Pendidik meminta peserta didik untuk meningkatkan pemahamannya mengenai konsep isi, struktur, dan ciri bahasa teks deskripsi yang telah dipelajari dari BS dan  sumber lain.
3)        Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan pembelajaran tentang  deskripsi  yang sudah dialaminya. Agar pembelajaran lebih baik, peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.
4)        Peserta didik  menerima tugas membaca berbagai teks deskripsi.
5)        Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya berupa  mengamati suatu objek sebagai bahan pembelajaran “menyusun teks deskripsi” (KD 4.2

B.       Penilaian
1.      Sikap
a.      Teknik Penialaian : deskripsi
b.      Bentuk Instrumen : Lembar deskripsi
c.       Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
Aspek lembar deskripsi
-          Sikap menghargai
-          Sikap bersyukur
2
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas untuk kegiatan membedakan dua teks laporan hasil deskripsi

Menyelesaikan tugas  membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu (tanggung jawab)

3
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedaan pendapat tentang dua teks laporan hasil deskripsi

Menanggapi simpulan perbedaan  yang disampaikan teman dengan menggunakan intonasi  dan pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain (santun)

4
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis dua teks laporan hasil deskripsi
Menuliskan hasil deskripsi menjadi teks hasil deskripsi karya sendiri sesuai dengan detail data yang ditemukan (jujur)
 
2.      Pengetahuan
a.      Teknik Penialaian : Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan dua buah teks laporan hasil deskripsi peserta didik dapat
·      Mengidentifikasi perbedaan   isi dua teks laporan hasil deskripsii.
·      Mengidentifikasi perbedaan struktur dua teks laporan hasil deskripsii.
·      Mengidentifikasin perbedaan ciri bahasa yang digunakan pada dua teks hasil deskripsi.



·         Berdasarkan dua teks laporan hasil deskripsi, jelaskan perbedaan isi dari kedua teks tersebut.
·         Berdasarkan dua teks hasil deskripsi jelaskan ciri-ciri judul, definisi  umum, dan deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat pada teks deskripsi  yang kamu baca!
·         Jelaskan ciri  bahasa yang digunakan dalam dua teks laporan hasil deskripsi yang kamu baca dan sertai dengan bukti yang mendukung jawabanmu!

3.      Keterampilan
a.      Teknik Penilaian     : Proyek
b.      Bentuk Instrumen    : Rubrik penilaian
c.       Kisi-kisi

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan ilustrasi  tugas pengamatan siswa dapat menulis teks laporan observasi dengan bagian-bagian secara lengkap sesuai struktur teks deskripsi(judul, deskripsi umum,  deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat).
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, definisi umum, rincian deskripsi dengan isi yang sesuai hasil pengamatan
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, definisi umum, rincian deskripsi dengan kalimat dan pilihan kata secara tepat
Disajikan ilustrasi tugas pengamatan  siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, deskripsi bagian dengan tanda baca dan ejaan secara tepat

1.      Pilih salah satu objek observasi yang ada di lingkunganmu! 
2.      Tentukan aspek-aspek yang diamati!
a.       Jika yang diamati tumbuhan  unsur yang harus diamati meliputi (a) ciri fisik, (b) kondisi tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses pertumbuhannya. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan.
b.      Jika yang diamati benda-benda cindera mata,  benda tradisional khas, atau  situs sejarah  yang ada di daerahmu,  unsur yang diamati adalah (a) ciri fisik (warna, motif, ukuran), (b)  asal muasal,  dan (c)  perkembangan/ variasi bentuk cindera mata dari tahun ke tahun. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan.
3.      Kembangkan hasil observasimu  menjadi teks secara utuh dan beri judul yang sesuai!


........,.......... 2014
Mengetahui                                                                     
Kepala SMP ...                                                                                  Pendidik,



_________________________                                                          ---------------------------
NIP                                                                                                     NIP

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 5:17 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu