RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 4 Tanta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester :
VII/Satu
Materi
Pokok : Penyusunan Teks Deskripsi Secara
Mandiri
Alokasi Waktu : 1xpertemuan
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
mensyukuri budaya Indonesia sebagai
serana memahami informasi secara lisan dan tulis.
2. Memiliki prilaku jujur ,tanggung jawab,dan santun dalam
menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan penyusunan teks
deskripsi secara mandiri
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
|
1.1.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di
luar kelas dengan baik dan benar.
|
2.
|
2.1 Memiliki perilaku jujur,
tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi
|
2.1.1
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan
menulis teks.
2.1.2
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
2.1.3
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak
menyinggung perasaan orang lain.
|
|
|
|
4.
|
4.2 Menyusun
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
4.2.1
Menulis judul teks deskripsi dengan
tidak menyontek karya orang lain.
4.2.2
Menulis bagian definsi umum teks deskripsi secara
bertanggung jawab.
4.2.3
Menulis bagian deskripsi bagian teks deskripsi secara bertanggung jawab.
4.2.4
Menulis bagian deskripsi manfaat teks deskripsi secara bertanggung jawab.
4.2.5
Menuis teks deskripsi dengan memperhatikan cara perujukan yang
benar.
4.2.6
Menuis teks deskripsi dengan memperhatikan
pembentukan kata gabung dan frasa yang benar.
4.2.7
Menuis teks deskripsi dengan memperhatikan
cara pemebntukan kata berimbuhan dengan baik dan benar.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Kompetensi Sikap
1.1.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di
luar kelas dengan baik dan benar.
2.1.1
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan
menulis teks.
2.1.2
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.
2.1.3
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung
perasaan orang lain.
2. Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
a.
Pertemuan ke-1
Setelah pembelajaran memahami teks deskripsi, peserta didik mampu membedakan:
3.1.1
judul kedua teks tersebut
dalam waktu yang ditentukan;
3.1.2
isi kedua teks tersebut;
3.1.3
struktur kedua teks tersebut;
3.1.4
ciri bahasa kedua teks
tersebut.
b.
Pertemuan ke-2
Setelah pembelajaran menyusun teks deskripsi, siswa mampu menyusun:
c.
Pertemuan ke-3
Setelah pembelajaran menyusun
teks , peserta didik mampu menyusun teks deskripsi
dengan
memperhatikan ciri bahasa yang baik dan benar terutama dalam hal menuliskan:
4.2.1
teknik perujukan,
4.2.2
pembentukan kata gabung dan frasa,
4.2.3
pembentukan kata berimbuhan,
4.2.4
pembentukan kalimat deskripsi,
4.2.5
penggunaan konjungsi,
4.2.6
penyusunan kalimat definisi,
4.2.7
penggunaan ejaan yang disempurnakan.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
Karena pertemuan ke-1 berpumpunkan pada pemahaman teks ,
materi pertemuan ke-1 adalah pengenalan
a. judul teks deskripsi
b. isi teks deskripsi,
c. struktur teks deskripsi
d. ciri bahasa teks deskripsi
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
Sintak:
1. mengamati (model teks lisan atau tulis)
2. menanya
3. mencoba/mengumpulkan data atau
informasi untuk menguji hipotesis
4. mengasosiasi/menganalisis data
atau informasi
5. mengomunikasikan hasil
6. mencipta
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
· Model
: teks laporan hasil observasi
· Gambar
: lingkungan alam
· Realia
: lingkungan sekolah
2.
Alat/Bahan
· Laptop
· LCD player
3.
Sumber Belajar
·
Buku Siswa: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk
SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm....
·
Buku Guru: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku
Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm....
· Buku Referensi: Alwi, Hasan. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Bali Pustaka.
· Tim Olvista. 2011. “Komodo Reptil Warisan Zaman Purba.” Tersedia di http://olvista.com/fauna/komodo-reptil-warisan-zaman-purba/ diunduh, Kamis, 26 Juni 2013.
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (12 menit )
1)
Pendidik
mengingatkan materi struktur, isi, dan ciri
bahasa penyususnan
teks
deskripsi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya.
2)
Kemudian, pendidik menjelaskan
sasaran pembelajaran penyusunan teks deskripsi berikutnya, yaitu membedakan dan menyusun penyusunan
teks deskripsi .
Pendidik membaca buku guru (BG) halaman 4, khususnya tabel 1.1.
3)
Khusus sasaran pembelajaran
membedakan teks laporan hasil deskripsi (KD 3.2) dan menyusun teks
laporan hasil observasi (KD 4.2), pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang lingkungan
alam berdasarkan puisi “Tanah Kelahiran”
karya Ramadhan K.H. dalam buku siswa (BS) halaman 3.
4)
Pendidik
dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang gemar mendokumentasikan
keindahan lingkungan dalam bentuk tulisan maupun gambar.
5) Berikutnya,
pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan selama pencapaian
tujuan memahami dan menangkap makna teks PTD.
6) Kemudian,
pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan
ditempuh untuk mencapai kompetensi. Untuk langkah pembelajaran ini, pendidik
dapat memperhatikan tabel 1.2 pada BG halaman 9.
b.
Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik membaca kembali teks diskripsi yang berjudul “Cinta Lingkungan” (BS halaman 5) dan PTD yang berjudul “Biota Laut” (BS halaman 22).
2)
Peserta didik menemukan kembali persamaan struktur kedua teks. Demikian
pula, peserta didik menemukan kembali persamaan isi kedua teks PTD.
3)
Setelah itu peserta didik melaporkan hasil pengamatannya kembali tentang
persamaan ciri bahasa kedua teks. Peserta didik melaporkan hasil pengamatan
tentang persamaan kedua teks dalam buku catatan peserta didik.
4)
Setelah menemukan persamaan struktur, isi, dan ciri bahasa penyusunsan teks deskripsi “Pengenalan Budaya
Indonesia”,”Tari Saman”, peserta didik mencermati kembali secara jeli kedua teks
tersebut. Dalam pengamatan lanjutan ini, sasaran dipumpunkan pada perbedaan
atau variasi struktur.
5)
Setelah menemukan perbedaan struktur
kedua teks, peserta didik diminta mencermati lebih lanjut untuk menemukan
perbedaan isi teks.
6)
Peserta didik dibimbing untuk mencermati perbedaan unsur-unsur kebahasaan
pada kedua teks PTD. Dalam hal ini juga
dipastikan bahwa terdapat unsur-unsur kebahasaan yang berbeda antara dua teks Ldeskripsi tersebut.
7)
Terakhir, peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya dalam buku catatan
dan diskusi kelas.
Menanya
1)
Peserta didik dengan bimbingan pendidik mengajukan pertanyaan tentang isi
teks deskripsi “Cinta Budaya” dan “tari
saman” dengan berpedoman pada kata
ganti tanya apa, di mana, bagaimana, mengapa.
Pertanyaan itu dapat berupa (a) pertanyaan tentang sesuatu yang belum
diketahui, (b) pertanyaan tindak lanjut dari informasi yang ditangkap setelah
membaca kedua contoh teks dekripsi, atau (c)
pertanyaan tentang makna kata atau istilah “sulit”.
2)
Peserta didik bertanya tentang isi, struktur, dan ciri bahasa teks deskripsi dengan memperhatikan pertanyaan pada BS halaman 6 dan
halaman 22—23.
3)
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang struktur teks, yang terdiri
atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Peserta didik
dapat bertanya, “Pada bagian mana dari teks “Cinta budayaa” yang termasuk
bagian definisi umum? “ atau “Pada bagian mana dari teks deskripsi yang termasuk deskripsi bagian?” atau Pada bagian mana
dari teks deskripsi yang dapat diidentifikasi sebagai bagian
deskripsi manfaat?” Pertanyaan pun dapat dikembangkan terus, misalnya dengan
bertanya, “Mengapa paragraf ke-1 diketagorikan bagian definisi umum?” atau
“Mengapa isi paragraf ke-3 dan ke-4 disebut deskripsi bagian?” dan seterusnya.
4)
Pertanyaan yang dibangun peserta didik juga terkait dengan ciri-ciri bahasa
yang digunakan pada teks deskripsi “Cinta budaya” yang dibandingkan dengan ciri bahasa pada teks deskripsi “tari
saman”. Pertanyaan tentang ciri bahasa dapat mencakup
tentang pilihan kata, jenis kata , maupun kalimat. Agar sejalan dengan KD, yaitu “membedakan”,
setiap pertanyaan diarahkan pada pembandingan antara hal-hal yang ada pada
teks deskripsi“Cinta budaya” dan teks deskriptisi “tari samant”.
5)
Terakhir, peserta didik menemukan jawaban “sementara” atas berbagai
pertanyaan tentang isi, struktur, dan ciri bahasa teks “Cinta budaya” dan “tari
saman” termasuk di dalamnya
perbedaan keduanya. Dengan demikian, puncak kegiatan menanya untuk pembelajaran KD
“membedakan teks deskriptiptisi” adalah terumuskannya jawaban
sementara tentang perbedaan isi, variasi struktur, dan ciri bahasa dua buah
teks deskripsi.
Mengumpulkan data
1)
Peserta didik berkelompok terdiri atas 4--5 orang/kelompok dengan cara
menyebut nama-nama benda/tumbuhan untuk ditetapkan sebagai nama kelompoknya.
2)
Dalam kelompok peserta didik membaca sumber-sumber lain untuk menentukan
perbedaan struktur, isi, dan bahasa kedua teks deskripsi tersebut. Sumber-sumber lain itu dapat berupa buku-buku
retorika tulis, misalnya Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terutama pada
bab “Analisis Wacana” atau buku Menulis secara Populer yang ditulis oleh
Ismail Marahimin.
3)
Termasuk dalam membaca sumber lain ini adalah peserta didik membaca
contoh-contoh teks deskripsi dari berbagai kutipan untuk
memperkaya contoh. Sasaran dari langkah “mengumpulkan data” ini adalah peserta
didik memiliki banyak ‘informasi faktual’, tentang isi, struktur, dan ciri
bahasa berbagai teks deskripsi.
Mengasosiasi
1) Dalam
kelompok, peserta didik mendiskusikan perbedaan struktur isi teks hasil teks deskripsi tentang judul, definisi umum, deskripsi
bagian, dan deskripsi manfaat.
2) Berikutnya,
peserta didik secara berkelompok mendiskusikan perbedaan bahasa yang digunakan
pada kedua teks deskripsi sesuai
dengan data yang terdapat pada kedua teks tersebut.
3) Pada
tahap ini pula, peserta didik membandingkan dan menyimpulkan perbedaan struktur
kedua teks deskripsi tepat
waktu.
4) Peserta
didik dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan perbedaan ciri bahasa yang
digunakan dalam kedua teks deskripsi.
5) Dalam
diskusi tahap “menganalisis” ini peserta didik memanfaatkan “rumusan sementara”
yang diperoleh dari tahap “menanya”. Peserta didik juga memanfaatkan berbagai ‘data faktual’
yang diperoleh dari tahap “mengumpulkan data”.
Target akhir dari tahap “menganalisis”
ini adalah terumuskannya “simpulan” tentang perbedaan kedua teks deskripsi
dari sisi isi, variasi struktur, dan ciri bahasa.
Mengomunikasikan
1) Peserta didik menyampaikan simpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya, melalui
presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab.
2) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang perbedaan struktur, isi, dan ciri bahasa kedua teks LHO. Satu
kelompok sebagai penyaji dan kelompok lain menanggapi. Tanggapan kelompok
memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok lain.
3) Berikutnya,
dengan dipandu pendidik, peserta didik menyimpulkan perbedaan struktur, isi,
dan bahasa kedua teks deskripsi. Simpulan yang dibangun dari
simpulan kelompok, kini menjadi lebih sempurna, menjadi simpulan kelas.
c.
Penutup (18 menit)
2)
Pendidik meminta
peserta didik untuk meningkatkan pemahamannya mengenai konsep isi, struktur,
dan ciri bahasa teks deskripsi yang telah dipelajari dari BS dan sumber lain.
3)
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan
pembelajaran tentang deskripsi yang sudah dialaminya. Agar pembelajaran lebih
baik, peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran
berikutnya.
4)
Peserta didik
menerima tugas membaca berbagai teks deskripsi.
5)
Peserta didik menerima rencana kegiatan
berikutnya berupa mengamati suatu objek
sebagai bahan pembelajaran “menyusun teks deskripsi”
(KD 4.2
B.
Penilaian
1.
Sikap
a.
Teknik Penialaian : deskripsi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar deskripsi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Terbiasa menggunakan
bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
|
Aspek lembar deskripsi
-
Sikap menghargai
-
Sikap bersyukur
|
2
|
Selalu tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas untuk kegiatan membedakan dua teks laporan hasil deskripsi
|
Menyelesaikan tugas membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat
waktu (tanggung jawab)
|
3
|
Senantiasa menggunakan
kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi
perbedaan pendapat tentang dua teks laporan hasil deskripsi
|
Menanggapi simpulan
perbedaan yang disampaikan teman
dengan menggunakan intonasi dan
pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain (santun)
|
4
|
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak
pada kegiatan menulis dua teks laporan hasil deskripsi
|
Menuliskan
hasil deskripsi menjadi teks hasil deskripsi karya sendiri sesuai dengan detail data yang
ditemukan (jujur)
|
2.
Pengetahuan
a.
Teknik Penialaian : Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Disajikan dua buah teks laporan hasil deskripsi peserta didik
dapat
·
Mengidentifikasi perbedaan isi dua
teks laporan hasil
deskripsii.
·
Mengidentifikasi perbedaan struktur dua teks laporan
hasil
deskripsii.
·
Mengidentifikasin perbedaan ciri bahasa yang digunakan
pada dua teks hasil deskripsi.
|
·
Berdasarkan dua teks laporan hasil deskripsi, jelaskan
perbedaan isi dari kedua teks tersebut.
·
Berdasarkan dua teks hasil deskripsi jelaskan
ciri-ciri judul, definisi umum, dan
deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat pada teks deskripsi yang kamu baca!
·
Jelaskan ciri bahasa yang digunakan dalam dua teks laporan
hasil deskripsi
yang kamu baca dan sertai dengan bukti yang mendukung jawabanmu!
|
3.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Proyek
b.
Bentuk Instrumen :
Rubrik penilaian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Disajikan
ilustrasi tugas pengamatan
siswa dapat menulis teks laporan observasi dengan bagian-bagian secara lengkap
sesuai struktur teks deskripsi(judul, deskripsi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat).
Disajikan ilustrasi
tugas pengamatan siswa dapat menulis
judul, definisi umum,
rincian deskripsi dengan isi yang sesuai hasil pengamatan
Disajikan ilustrasi
tugas pengamatan siswa dapat menulis
judul, definisi
umum, rincian deskripsi dengan kalimat dan pilihan kata secara tepat
Disajikan ilustrasi
tugas pengamatan siswa dapat menulis judul,
klasifikasi umum, deskripsi bagian dengan
tanda baca dan ejaan secara tepat
|
1. Pilih salah satu objek observasi yang ada di
lingkunganmu!
2. Tentukan aspek-aspek yang diamati!
a. Jika yang diamati tumbuhan unsur yang harus diamati meliputi (a) ciri
fisik, (b) kondisi tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik
rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses pertumbuhannya. Kalian bisa
menambahkan unsur lain yang relevan.
b. Jika yang diamati benda-benda cindera mata, benda tradisional khas, atau situs sejarah yang ada di daerahmu, unsur yang diamati adalah (a) ciri fisik
(warna, motif, ukuran), (b) asal
muasal, dan (c) perkembangan/ variasi bentuk cindera mata
dari tahun ke tahun. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan.
3. Kembangkan hasil observasimu menjadi teks secara utuh dan beri judul
yang sesuai!
|
........,.......... 2014
Mengetahui
Kepala SMP ... Pendidik,
_________________________ ---------------------------
NIP NIP
0 comments :
Post a Comment