Mata
Pelajaran : Sejarah
Rubrik Penilaian Presentasi
Kelas/Program : X/IPS
Kompetensi : KD 3.7 dan 4.7
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
sikap
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||
Sntun
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Jujur
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor:
(4)Sangat tinggi (3)
Tinggi (2) Cukup tinggi (1)
Kurang
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Program : X/IPS
Kompetensi : KD 3.7 dan 4.7
Rubrik
penilaian presentasi hasil diskusi kelompok
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Pengorga-nisasian
|
Peserta tidak bisa memahami
presentasi karena informasi tidak disampaikan secara runtut.
|
Peserta mengalami kesulitan memahami presentasi
karena penyampaian ide melompat-lompat.
|
Informasi disampaikan dengan urutan
logis yang dapat diikuti oleh peserta.
|
Informasi disampaikan dengan urutan
logis dan menarik, sehingga sangat mudah dipahami oleh peserta.
|
Pengetahuan
|
Siswa tidak memahami informasi dan
tidak dapat menjawab pertanyaan tentang hal dipresentasikan.
|
Siswa tidak menguasai informasi dan
hanya mampu menajwab pertanyaan sederhana.
|
Siswa menjawab dengan mudah
pertanyaan tetapi tidak mampu mengulas lebih jauh.
|
Siswa menunjukkan pengetahuan
mendalam dan mampu menjawab pertanyaan dengan ulasan dan penjelasan lebih
lanjut.
|
Tampilan
|
Siswa belum
menggunakan prinsip DKV yang mendukung
presentasinya
|
Siswa menggunakan prinsip DKV tidak pada setiap slide presentasinya.
|
Siswa menggunakan prinsip DKV pada
setiap slide presentasi.
|
Siswa menampilkan presentasi yang didukung prinsip DKV sehingga sangat
jelas
|
Mekanisasi
|
Siswa menampilkan lebih dari tiga
kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi memuat tiga kesalahan
ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi memuat dua kesalahan ejaan
dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi tidak memuat kesalahan
ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Kontak Mata
|
Siswa hanya membaca laporan dan
tidak ada kontak mata dengan peserta.
|
Siswa kadang-kadang menggunakan
kontak mata, tetapi masih lebih banyak membaca
slide presentasi
|
Siswa mempertahankan kontak mata,
namum masih sebatas menghafal isi slide
presentasi
|
Siswa mempertahankan kontak mata
dengan peserta dan mengembangkan isi slide presentasi
dengan bahasa yang baik
|
Rubrik Penilaian Laporan Penelitian
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Peminatan : X/Ilmu Sosial
Materi
Pokok : Penelitian
sejarah dan penulisan sejarah
.
Contoh Rubrik Penilaian Tugas kelompok laporan penelitian
Aspek
|
Kriteria dan
Skor
|
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan dengan lengkap.
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan kurang lengkap
(lebih 50% krang dr 100%)
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan tidak lengkap.(kurang
dari 50 %)
|
Jika tidak
memuat tujuan, topik, alasan, tempat
penelitian, daftar pertanyaan sangat
tidak lengkap (kurang dari 50 %)
|
Pengumpulan Data
(Heuristik)
|
Jika daftar sumber
sejarah yang dicari semua diperoleh
dan daftar pertanyaaan semua terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah sebagian besar diperoleh dan
daftar pertanyaaan sebagian besar
terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan sebagian besar terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan hanya sebagian kecil yang terjawab
|
Pengujian
data (kritik)
|
Jika
data yang diperoleh semua diuji secara intern dan ekstern
|
Jika data yang diperoleh sebagian
besar diuji secara intern dan ekstern
|
Jika data yang diperoleh hanya
sebagian kecil yang diuji secara itern dan ekstern
|
Jika data
yang diperoleh langsung dipakai tanpa diuji
|
Penafsiran
data (interpratsi)
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap semua data baik yang tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian besar data baik yang
tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian kecil data yang tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian kecil data yang tersurat dan tidak dilakukan terhadap data
yang tersirat
|
Penulisan
laporan
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat simpulan , dan bahasa komunikatif.
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat simpulan , namum bahasa kurang komunikatif.
|
Jika penulisan sistematis, tapi bahasa kurang
komunikatif, dan tidak memuat simpulan
|
Jika penulisan kurang sistematis,
bahasa kurang komunikatif,tidak memuat simpulan .
|
Pertanyaan tertulis untuk menilai pemahaman siswa (Pilihan Ganda dan Uraian)
A.
Contoh Pertanyaan Uraian
1. Jelaskan
dua macam penelitian sejarah (definisi dan metode yang digunakan)
a. penelitian lapangan
b. penelitian dokumenter
2. Jelaskan
tentang pengertian validitas dan reliabilitas sumber sejatah
3. Sebut
dan jelaskan secara urut langkah langkah penelitian sejarah
4. Jelaskan
tentang pengertian kritik /verivikasi
dalam penelitian sejarah :
a.
kritik intern
b.
ktitik ekstren
5. Dalam penulisan sejarah (historiografi)
sering tidak dapat dihindari adanya
subjektifitas
dari sang penulis. Sebut dan jelaskan tiga factor penyebab
munculnya
subjektifitas dalam penulisan sejarah
B.
Contoh Pertanyaan Pilihan Ganda
1.
Perhatikan data berikut ini
1. verivikasi
2. heuristik
3. historiografi
4. interpretasi
Dari data di atas, urutan langkah /
tahap penelitian yang benar adalah
a. 1-3-4-2
d. 3-1-4-2
b. 1-4-2-3
e. 4-2-3-1
c. 2-1-4-3
2. Perhatikan data berikut ini
Macam fakta
|
Contoh
|
A.
Mentifact
|
1.
rumah adat
|
B.
Sosiofact
|
2.
upacara adat
|
C.
Artefact
|
3.
hukum adat
|
Dari data diatas, pasangan yang benar
antara fakta dan contohnya adalah :
a. A-1, B-2, C-3 d. A-3. B-1, C-2
b. A-2, B-1. C-3 e. A-3, B-2, C-1
c. A-2, B-3, C-2
3. Dilihat dari macamnya, candi Borobudur
termasuk dalam sumber sejarah …
a. primer d.
asli
b. sekunder e.
sejaman
c. tersier
4. Perhatikan data berikut
ini..............
1. Reliabilitas
2. Akuntabilitas
3. Kredibilitas
4. Validitas
5. Stabilitas
Dari data diatas hal yang harus
diperhatikan oleh ahli sejarah dalam meneliti
sumber
sejarah adalah …
a. 1, 3, 5 d.
2, 3, 5
b. 1, 3, 4 e.
3, 4, 5
c. 2, 3, 4
5. Bila peneliti sejarah melakukan penelitian dokumenter,maka metode yang
dilakukan adalah :...........
a. Metode wawancara d. Metode alamiah
b. Metode komparasi e. Metode konfigurasi
c. Metode chek & rechek
0 comments :
Post a Comment