FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP KURIKULUM 2013 SEJARAH SMA KELAS X IPS BESERTA CONTOH SOAL

Written By putrajunio on Wednesday, August 20, 2014 | 7:59 AM

     Mata Pelajaran        : Sejarah
Kelas/Program        : X/IPS
Kompetensi              : KD 3.7 dan 4.7
No
Nama Siswa
Observasi sikap
Jml
Skor
NilaI
Sntun
tgjwb
Kerjsm
Jujur
(1)
(2)
(3)
(4)
1.     







2.     







3.     







4.     







5.     







6.     







7.     







8.     
Dst







    Keterangan pengisian skor:
    (4)Sangat tinggi     (3)  Tinggi       (2)  Cukup tinggi      (1)  Kurang

       Rubrik Penilaian  Presentasi
Mata Pelajaran        : Sejarah
Kelas/Program        : X/IPS
Kompetensi              : KD 3.7 dan 4.7

                                     Rubrik penilaian presentasi hasil diskusi kelompok
Aspek
1
2
3
4
Pengorga-nisasian
Peserta tidak bisa memahami presentasi karena informasi tidak disampaikan secara runtut.
Peserta mengalami kesulitan memahami presentasi karena penyampaian ide melompat-lompat.
Informasi disampaikan dengan urutan logis yang dapat diikuti oleh peserta.
Informasi disampaikan dengan urutan logis dan menarik, sehingga sangat mudah dipahami oleh peserta.
Pengetahuan
Siswa tidak memahami informasi dan tidak dapat menjawab pertanyaan tentang hal dipresentasikan.
Siswa tidak menguasai informasi dan hanya mampu menajwab pertanyaan sederhana.
Siswa menjawab dengan mudah pertanyaan tetapi tidak mampu mengulas lebih jauh.
Siswa menunjukkan pengetahuan mendalam dan mampu menjawab pertanyaan dengan ulasan dan penjelasan lebih lanjut.
Tampilan
Siswa belum menggunakan prinsip DKV yang mendukung  presentasinya
Siswa  menggunakan prinsip DKV tidak pada setiap slide presentasinya.
Siswa menggunakan prinsip  DKV  pada setiap slide presentasi.
Siswa menampilkan presentasi yang didukung prinsip DKV sehingga sangat jelas
Mekanisasi
Siswa menampilkan lebih dari tiga kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
Presentasi memuat tiga kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
Presentasi memuat dua kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
Presentasi tidak memuat kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
Kontak Mata
Siswa hanya  membaca laporan dan tidak ada kontak mata dengan peserta.
Siswa kadang-kadang menggunakan kontak mata, tetapi masih lebih banyak membaca slide presentasi
Siswa mempertahankan kontak mata, namum masih sebatas menghafal isi slide presentasi
Siswa mempertahankan kontak mata dengan peserta dan mengembangkan isi slide presentasi dengan bahasa yang baik
  
Rubrik  Penilaian  Laporan Penelitian 
Mata Pelajaran       : Sejarah
Kelas/Peminatan    : X/Ilmu Sosial
Materi Pokok          : Penelitian sejarah dan penulisan sejarah
.
Contoh Rubrik Penilaian Tugas kelompok laporan penelitian
Aspek
Kriteria dan Skor

4
3
2
1
Persiapan
Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, daftar pertanyaan dengan lengkap.
Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, daftar pertanyaan kurang lengkap
(lebih 50% krang dr 100%)
Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, daftar pertanyaan tidak lengkap.(kurang dari 50 %)
Jika tidak memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, daftar pertanyaan sangat tidak lengkap (kurang dari 50 %)
Pengumpulan Data
(Heuristik)
Jika daftar sumber sejarah  yang dicari semua diperoleh dan daftar pertanyaaan  semua terjawab  
Jika daftar sumber sejarah  sebagian besar diperoleh dan daftar pertanyaaan  sebagian besar terjawab  
Jika daftar sumber sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan  sebagian besar terjawab  
Jika daftar sumber sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan  hanya sebagian kecil yang terjawab  
Pengujian data (kritik)
Jika data yang diperoleh semua diuji secara intern dan ekstern
Jika data yang diperoleh sebagian besar diuji secara intern dan ekstern
Jika data yang diperoleh hanya sebagian kecil yang diuji secara itern dan ekstern
Jika data yang diperoleh langsung dipakai tanpa diuji
Penafsiran data (interpratsi)
Jika penafsiran dilakukan  terhadap semua  data baik yang tersurat dan tersirat
Jika penafsiran dilakukan  terhadap  sebagian  besar data baik yang tersurat dan tersirat
Jika penafsiran dilakukan  terhadap  sebagian kecil data yang tersurat dan tersirat
Jika penafsiran dilakukan  terhadap  sebagian kecil data yang tersurat dan tidak dilakukan terhadap data yang  tersirat
Penulisan laporan
Jika sistematika penulisan benar, memuat simpulan , dan bahasa komunikatif.
Jika sistematika penulisan benar, memuat simpulan , namum bahasa kurang komunikatif.
Jika penulisan sistematis, tapi bahasa kurang komunikatif, dan tidak memuat simpulan
Jika penulisan kurang sistematis, bahasa kurang komunikatif,tidak memuat simpulan .

Pertanyaan tertulis untuk menilai pemahaman siswa (Pilihan Ganda dan Uraian)
A. Contoh  Pertanyaan  Uraian
    1.  Jelaskan dua macam penelitian sejarah (definisi dan metode yang digunakan)
         a. penelitian lapangan 
         b. penelitian dokumenter
    2.  Jelaskan tentang pengertian validitas dan reliabilitas sumber sejatah
    3.  Sebut dan jelaskan secara urut langkah langkah penelitian sejarah
    4.  Jelaskan tentang  pengertian kritik /verivikasi dalam penelitian sejarah :
         a. kritik intern
         b. ktitik ekstren
    5.  Dalam penulisan sejarah (historiografi) sering tidak dapat dihindari adanya
         subjektifitas dari sang penulis. Sebut dan jelaskan tiga factor penyebab
         munculnya subjektifitas dalam penulisan sejarah 
 
B. Contoh Pertanyaan Pilihan Ganda
    1. Perhatikan data berikut ini
        1. verivikasi
        2. heuristik
        3. historiografi
        4. interpretasi
        Dari data di atas, urutan langkah / tahap penelitian yang benar adalah
        a. 1-3-4-2                                                        d. 3-1-4-2
        b. 1-4-2-3                                                        e. 4-2-3-1
        c. 2-1-4-3

    2. Perhatikan data berikut ini
Macam fakta
Contoh
A. Mentifact
1. rumah adat
B. Sosiofact
2. upacara adat
C. Artefact
3. hukum adat
        Dari data diatas, pasangan yang benar antara fakta dan contohnya adalah :
        a. A-1, B-2, C-3                                              d. A-3. B-1, C-2
        b. A-2, B-1. C-3                                              e. A-3, B-2, C-1
        c. A-2, B-3, C-2

    3. Dilihat dari macamnya, candi Borobudur termasuk dalam sumber sejarah …
        a. primer                                                       d. asli
        b. sekunder                                                    e. sejaman
        c. tersier

    4. Perhatikan data berikut ini..............
        1. Reliabilitas
        2. Akuntabilitas
        3. Kredibilitas
        4. Validitas
        5. Stabilitas
        Dari data diatas hal yang harus diperhatikan oleh ahli sejarah dalam meneliti  
        sumber  sejarah  adalah …
        a. 1, 3, 5                                                        d. 2, 3, 5
        b. 1, 3, 4                                                        e. 3, 4, 5
        c. 2, 3, 4  

    5. Bila peneliti sejarah melakukan penelitian dokumenter,maka metode yang 
        dilakukan adalah :...........
        a. Metode wawancara                                    d. Metode alamiah
        b. Metode komparasi                                               e. Metode konfigurasi
        c. Metode chek & rechek

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP KURIKULUM 2013 SEJARAH SMA KELAS X IPS BESERTA CONTOH SOAL yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 7:59 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu