MATERI LAYANAN KLASIKAL BK KURIKULUM 2013 SMP KELAS VII TENTANG MEMPERSIAPKAN KARIER SEJAK DINI

Written By putrajunio on Saturday, August 30, 2014 | 3:52 AM

            Pernahkah kita ditanya kalau sudah besar nanti ingin jadi apa? Kalau sudah dewasa nanti mau berkarier di bidang apa? Ya tentu hampir semua kita pernah ditanya begitu dan jawabannyapun  berbeda-beda menurut selera kita masing masing. Ya jelas pasti berbeda satu dengan yang lain karena kita memang berbeda satu dengan yang lain. Beda bakatnya, minatnya, potensi dirinya, kekuatan dan kelemahannya, cita-citanya, lingkungannya, faktor pendukung dan penghambatnya, peluang berkembangnya. Kecermatan dan keberanian mengambil keputusannya dan sebagainya. Semuanya itu akan berpengaruh besar dalam kesuksesan karier di masa depan.
Namun sebelum kita mengkaji lerbih lanjut tentang karier, maka akan lebih bijak jika memahami dulu apa sih sebenarnya karier itu? Mungkin kita punya pendapat yang berbeda-beda tentang karier . Tetapi inil;ah pendapat ahli  tentang karier bahwa  istilah  karier (career) lebih menunjuk pada pekerjaan atau jabatan yang ditekuni dan diyakini sebagai panggilan hidup, yang meresapi seluruh alam pikiran dan perasaan seseorang, serta mewarnai seluruh gaya hidupnya (Winkel, 1991).
Maka dari itu pemilihan karier lebih memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang dari pada kalau sekedar mendapat pekerjaan yang sifatnya sementara waktu. Jika kita ingin berkarier sebagai pilot misalnya maka  kita harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa menjadi seorang pilot  sejak dini secara matang apa saja persyaratan, termasuk tinggi badan,  kesehatan, tak buta warna, wawasan yang cukup, penguasaan bahawa asing, pembentukan kepribadian dan segalanya, sudah kita persiapkan sejak dini dengan memenuhi kebutuhan pertumbuhan, termasuk nutrisi,protein, vitamin dan semacamnya . Kemudian belajar bahasa asing hingga mahir, menguasai pengetahuan global sehingga akan memperluas cakrawala wawasan kita, mempersiapkan diri masuk pendidikan penerbangan sebagai persyaratan jadi pilot, seperti Juanda Flying Scholl dan usaha lainnya yang harus dilakukan sejak dini.
            Singkat kata mengingat begitu pentingnya masalah karier dalam kehidupan kita, maka sejak dini kita perlu merencanakan dan memersiapkannya dengan matang, terarah, terprogram dan terukur, dengan cara memahami diri terlebih dahulu meliputi bakat, minat, IQ (Intelegence Quotions /kecerdasan intelektual), EQ (Emotional Quotions /Kecerdasan emosi), SQ (Spriritual Quotions/Kecerdasan Spiritual), Kepribadian dan berbagai potensi diri, termasuk memahami kelebihan dan kelemahan kita. Kemudian memahami lingkungan termasuk didalamnya lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan  teman bergaul sehari-hari, yang itu akan berpengaruh terhadap karier kita. Kemudian dengan mendasarkan pada pemahaman diri yang  cujkup itru kita susun  langkah pencapaian karir.
Nah untuk memahami secara garis besar gambaran perkembangan karier pada seseorang maka ada baiknya kita fahami secara ilmiah tahab-tahab perkembangan karir yang disampaikan oleh ahlinya.(Sesuatu dikatakan ilmiah jika sudah melalui uji coba ilmiah berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah)
.  .
Tahap-tahap Perkembangan Karier

           Menurut Ginzberg, Ginsburg, Axelrad, dan Herma (1951) perkembangan karier dibagi menjadi 3 (tiga) tahap pokok, yaitu:
- Tahap Fantasi                      :     0   – 11 tahun  (masa Sekolah Dasar)
- Tahap Tentatif         :      12 – 18 tahun  (masa Sekolah Menengah)
- Tahap Realistis         :      19 – 25 tahun  (masa Perguruan Tinggi)
            Pada tahap fantasi kita sering kali menyebutkan cita-cita kita kelak kalau sudah besar, misalnya ingin menjadi dokter, ingin menjadi petani, pilot pesawat, guru, tentara, dll. Kita juga senang bermain peran (misalnya bermain dokter-dokteran, bermain jadi guru, bermain jadi polisi, dll) sesuai dengan peran-peran yang kita lihat di lingkungan kita. Jabatan atau pekerjaan yang kita inginkan atau perankan pada umumnya masih sangat dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya dari TV, video, majalah, atau tontonan maupun tokoh-tokoh yang pernah melintas dalam kehidupan kita. Maka tidak mengherankan jika pekerjaan ataupun jabatan yang kita sebut masih jauh dari pertimbangan rasional maupun moral. Kita memang asal sebut saja pekerjaan yang dirasa menarik saat itu.
            Dalam hal ini orang tua dan pendidik sering cemas atau gelisah jika suatu ketika kita ternyata menyebut atau menginginkan pekerjaan yang jauh dari harapan beliau. Dalam tahap ini kita belum mampu memilih jenis pekerjaan/jabatan secara rasional dan obyektif, karena kita belum mengetahui bakat, minat, dan potensi kita yang sebenarnya. Kita sekedar berfantasi saja secara bebas, yang sifatnya sama sekali tidak mengikat terhadap apapun,masih belum menetap.
            Tahap tentatif dibagi menjadi 4 (empat) sub tahap, yakni: (1) sub tahap Minat (Interest); (2) sub tahap Kapasitas (Capacity); (3) sub tahap Nilai (Values) dan (4) sub tahap Transisi (Transition). Pada tahap tentatif kita mulai menyadari bahwa kita memiliki minat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain. Ada yang lebih berminat di bidang seni, sedangkan yang lain lebih berminat di bidang olah raga. Demikian juga kita mulai sadar bahwa kemampuan kita juga berbeda satu sama lain. Ada yang lebih mampu dalam bidang matematika, sedang yang lain dalam bidang bahasa, atau lain lagi bidang olah raga,seni pedalangan, drama, pantomime,  music, atau di bidang perdagangan,kesehatan dan lainnya.
              Pada sub tahap minat (11-12 tahun) kita cenderung malakukan pekerjaan-pekerjaan atau kegiatan-kegiatan hanya yang sesuai dengan minat dan kesukaan kita saja; sedangkan pada sub tahap kapasitas/kemampuan (13-14 tahun) kita mulai melakukan pekerjaan/kegiatan didasarkan pada kemampuan masing-masing, di samping minat dan kesukaannya. Selanjutnya pada sub tahap nilai (15-16 tahun) kita sudah bisa membedakan mana kegiatan/pekerjaan yang dihargai oleh masyarakat, dan mana yang kurang dihargai; sedangkan pada sub tahap transisi (17-18 tahun) kita sudah mampu memikirkan atau "merencanakan" karier kita berdasarkan minat, kamampuan dan nilai-nilai yang ingin diperjuangkan untuk menjadi kenyataan nantinya ketika sudah menjadi dewasa kelak.
          Pada usia perguruan tinggi (18 tahun ke atas) remaja memasuki tahap reasiltis, di mana kita sudah mengenal secara lebih baik minat-minat, kemampuan, dan nilai-nilai yang ingin dikejar. Lebih lagi, kita juga sudah lebih menyadari berbagai bidang pekerjaan dengan segala konsekuensi dan tuntutannya masing-masing. Oleh sebab itu pada tahap realistis seorang remaja sudah mampu membuat perencanaan karier secara lebih rasional dan obyektif.
          Tahap realistis dibagi menjadi 3 (tiga) sub-tahap, yakni sub-sub tahap (1) eksplorasi/menggali potensi (exploration), (2)kristalisasi/mewujudkan potensi dalam kenyataan (chystallization) dan (3) spesifikasi / penentuan pilihan (specification) dengan penjelasannya masing masing.
           Pada sub tahap eksplorasi umumnya kita mulai menerapkan pilihan-pilihan yang dipikirkan pada tahap tentatif akhir. Kita pada tahab ini menimbang-nimbang beberapa kemungkinan pekerjaan yang kita anggap sesuai dengan bakat, minat, serta nilai-nilai kita, namun kita belum berani mengambil keputusan tentang pekerjaan mana yang paling tepat. Dalam hal ini termasuk di dalamnya masalah memilih sekolah lanjutan yang sekiranya sejalan dengan karier yang akan kita tekuni.
           Pada sub tahap berikutnya, yakni tahap kristalisasi, kita pada masa ini  mulai merasa mantap dengan pekerjaan/karier tertentu. Berkat pergaulan yang lebih luas dan kesadaran diri yang lebih mendalam, serta pengetahuan akan dunia kerja yang lebih luas, maka kita  makin terarah pada karier tertentu meskipun belum mengambil keputusan final.
          Akhirnya, pada sub tahap spesifikasi kita sudah mampu mengambil keputuasan yang jelas tentang karier yang akan kita pilih  untuk kemudian  kita tekuni dan kita jadikan jalan hidup.
          Dalam buku edisi revisinya Ginzberg dkk (1972) menegaskan bahwa  pemilihan karier itu berlangsung sepanjang hayat, tidak berhenti pada suatu tahap tententu.                                                                                                                                                                                                                       Hal ini berarti bahwa pilihan karier tidaklah terjadi sekali saja dalam hidup manusia. Di samping itu Ginzberg juga menyadari bahwa faktor peluang/kesempatan memegang peranan yang amat penting dalam kesuksesan karier seseorang. Meskipun seorang remaja sudah menentukan pilihan kariernya berdasar minat, bakat, dan nilai yang ia yakini, tetapi kalau peluang/kesempatan untuk bekerja pada bidang itu tertutup karena "tidak ada lowongan", maka karier yang dicita-citakan akhirnya tidak bisa terwujud. Kesempatan itu bisa kita peroleh atau kita ciptakan . Kita peroleh jika kita harus berkair “ ikut fihak lain , misalnya menjadi pegawai  BUMN, PNS, atau swasta . Kesempatan kita ciptakan  , jika menjadi pengusaha atau wirausaha. Pilih yang mana ? Kita peroleh atau kita c iptakan ?

Karier perlu seuai dengan Kepribadian
Sementara itu seorang ahli yang bernama John Holland menjelaskan bahwa perlu dilakukannya sebuah usaha dalam memilih karir yang sesuai dengan kepribadian kita. Hal ini didasarkan pada sebuah alasan bahwa seorang yang memilih karir yang sesuai dengan kepribadiannya, dia akan lebih menikmati kariernya  dari pada karier yang tidak sesuai dengan kepribadiannya.
            Holland percaya ada enam tipe kepribadian yang perlu dipertimbangkan saat mencari kecocokan antara aspek psikologis seseorang dengan karir mana yang akan dipilih. Enam kepribadian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Realistis
Orang yang memperlihatkan karakteristik maskulin. Kuat secara fisik, menyelesaikan masalah dari sisi praktisnya dan memiliki kemampuan sosial yang rendah .Jika kita termasuk tipe ini maka  cocok bekerja pada situasi praktis sebagai buruh, petani, pengemudi bus, dan tukang bangunan.
2. Intelektual
Orang-orang ini memiliki orientasi konseptual dan teoritis. Jika kita termasuk tipe ini maka kita lebih tepat menjadi pemikir daripada pekerja. Kita akan seringkali menghindari hubungan dengan orang lain  dan paling cocok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan matematika atau keilmuan
3. Social
Orang-orang ini sering memperlihatkan sifat-sifat  feminism (luwes/gampang bergaul), khususnya yang berhubungan dengan kemampuan berbicara dan hubungan dengan orang lain.  Jika termasuk tipe ini kita paling mungkin mempersiapkan diri untuk masuk dalam profesi yang berhubungan dengan orang banyak, seperti mengajar, menjadi pekerja social, dalam bidang konseling,dll
4. Konvensional
Orang-orang ini memperlihatkan ketidaksenangannya terhadap kegiatan yang tidak teratur dengan rapi. Jika termasuk tip[e ini kita paling cocok menjadi bawahan, seperti sekerataris, teller bank, atau pekerjaan administrative lainya.
5. Menguasai (enterprising)
Orang-orang ini menggunakan kata-katanya utnuk memimpin orang lain, mempengaruhi orang lain dan menjual berita atau produk. Jika termasuk tipe ini kita paling cocok memiliki karir yang berhubungan dengan penjualan, sales, politikus atau menejemen.
6. Artistic
Kita adalah orang yang lebih suka berinteraksi dengan dunia kita melalui ekspresi seni, menghindari situasi  hubungan  dengan orang lain serta konvensional dalam banyak kasus. Para pemilik tipe kepribadian ini sebaiknya diarahkan ke karir seni atau penulisan scenario drama/film/sinetron, pelukis.
            Kepribadian manusia tidak cukuhanya dapat dijelaskan seperti yang telah dijelaskan diatas. Akan tetapi kepribadian manusia adalah sebuah kepribadian yang sangat komplek oleh karena itu cara menilainya adaah yang paling banyak mendekati. Misalnya orang yang paling mendekati tipe social dia diarahkan ke pekerjaan tipe sosial.
            Keberadaan pemilihan karir ini juga dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu sangat penting menyesuaikan karier dengan kepribadian dan lingkungan. Lingkungan-lingkungan yang di dalamnya orang hidup dan bekerja, dapat digolongkan menurut patokan sampai berapa jauh suatu lingkungan mendekati satu model lingkungan, yaitu :
1. Lingkungan relistik
2. Lingkungan intelektual
3. Lingkungan seniman
4. Lingkungan social
5. lingkungan enterprising
6. Lingkungan konvensional
             Penjelasan tentang jenis lingkungan itu bisa didapatkan dengan mempertautkan lingkungan dengan jenis-jenis kepribadian. Perpaduan antara jenis kepribadian dan lingkungan diatas akan menghasilkan suatu kecocokan, sehingga dapat mengembangkan diri pada lingkungan karier tertentu. Perpaduan dan pencocokan antara tiap tipe kepribadian dan lingkungan memungkin suatu pemilihan karier  yang nyaman dan dapat dinikmati, sehingga juga dapat perhitungkan  sejauh mana karier akan berkembang.
            Nah sekarang kita sudah mengetahui secara garis besar tinjauan karier dari sudut orang awam dan sudut ilmiah. Sekarang saatnya kita memadukan antara keduanya kemudian  mulai menyusun langkah-langkah nyata merencanakan dan mempersiapkan langkah-langkahnya meniti  karier agar sukses di masa datang.(Pembahasan hal ini akan kita lanjutkan  di pertemuan berikutnya!!!.(Mars)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul MATERI LAYANAN KLASIKAL BK KURIKULUM 2013 SMP KELAS VII TENTANG MEMPERSIAPKAN KARIER SEJAK DINI yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:52 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu