FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013 (SIKAP, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN) BAHASA JEPANG SMA KELAS X

Written By putrajunio on Tuesday, September 2, 2014 | 3:43 AM



1. Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Sikap
Penilaian akhir KD  2.1, 2.2, 2.3, dan 2.4
          teknik         :  Observasi
          Bentuknya :  Lembar pengamatan

Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif,menghargai, disiplin dan kerja keras
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Kreatif/komunikatif
Menghargai/disiplin
Kerja keras
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.













2.













3













4













5













6













7













10













11














2.     Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan
          Penilaian Akhir KD 3
v  Teknik      :  Tes Tertulis dan Tugas
v  Bentuk      :   Isian,  uraian, dan portofolio
v  Instrumen Penilaian (terlampir 2)

          Rancangan Tes Tulis

Indikator Soal
Bentuk
No Soal
Skor Penilaian
peserta didik dapat mengisi teks rumpang tentang Identitas diri/perkenalan, melalui  sebuah dialog diperdengarkan 


isian


1  -   5


Satu kata  =  1
10 Kata     =  1 x 10


Diperdengarkan sebuah dialog, tentang Identitas diri/ Perkenalan, peserta didik  dapat membuat pertanyaan dengan tepat.


Uraian terbatas


6   -  10
Skor 2  apabila kalimat tanya yang dibuat dengan struktur yang benar dan bermakna
Skor 1 apabila hanya sebagian strukturnya benar
Skor 0 apabila struktur yang dibuat salah,
Peserta didik  dapat mengisi tabel  dengan informasi umum tertentu dan rinci, serta dapat menjawab pertanyaan tentang Identitas diri/ Perkenalan, sesuai dialog yang diperdengarkan.


Uraian Terbatas


10 - 15


No. 11 – 15  skor 1





Penilaian  ;  Juml  perolehan skor  X   100   =
                      Jumlah skor max (25)


3.   Penilaian Akhir Kompetensi Keterampilan

Kriteria
Skor
Penilaian
4
3
2
1
Ketuntas-an tugas sesuai tujuan (タスク達成)
Semua tugas tuntas dengan sangat baik dan sesuai tujuan.
Semua tugas tuntas, tetapi ada sebagian kecil yang salah namun tetap sesuai tujuan.
Sebagian besar tugas tuntas, namun banyak kesalahan sehingga tidak sesuai dengan tujuan.
Sebagian besar tugas tidak tuntas sehingga tidak sesuai dengan tujuan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  15

Struktur wacana(談話構造)
Penyampaian dengan struktur wacana sangat runut dan mudah dipahami
Penyampaian dengan struktur yang cukup runut dan bisa dipahami
Penyampaian kurang runut sehingga agak sulit dipahami
Penyampai-an tidak runut sehingga tidak bisa dipahami
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20

Kelancar-an(流暢さ)
Penyampaian sangat lancar.
Ada penyampaian yang  dilakukan dengan agak kurang lancar, namun makna dapat dipahami.
Penyampaian dilakukan tersendat-sendat, sehingga makna kurang dipahami.
Penyampai-an sangat tersendat-sendat, sehingga makna tidak dapat dipahami.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Kosa kata
Dapat mengguna-kan kosa kata dengan sangat leluasa dan benar.
Dapat mengguna-kan kosa kata dengan cukup leluasa dan benar.
Dapat menggunakan kosa kata terbatas, dan ada dapat menggunakan kosa kata yang sangat terbatas, dan ada beberapa kesalahan kesalahan.
Dapat mengguna-kan kosa kata yang sangat terbatas, dan banyak kesalahan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Tata bahasa
Dapat mengguna-kan tata bahasa dengan leluasa sesuai kondisi.
Dapat mengguna-kan tata bahasa yang sering digunakan sesuai kondisi
Hanya dapat menggunakan tata bahasa sederhana.
Dapat terdapat kesalahan mendasar dalam tata bahasa, namun dapat dipahami apa yang ingin diutarakan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Pelafalan (発音)
Pelafalan sangat baik dan sangat mudah dipahami.
Pelafalan cukup baik, namun ada sedikit kesalahan namun tak mengubah makna.
Banyak kesalahan pada lafal, namun masih dapat dipahami maknanya
Banyak kesalahan pelafalan, sehingga tidak dapat dipahami.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20

Nilai akhir:Jumlah Perolehan skor X 100
                 Jml skor maksimal (24 x 4 =96)        =  ....

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013 (SIKAP, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN) BAHASA JEPANG SMA KELAS X yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:43 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu