CONTOH MAKALAH AKUNTANSI TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM AKUNTANSI

Written By putrajunio on Monday, December 30, 2013 | 9:36 PM

BAB 1

Latar Belakang

Dengan munculnya komputer, semakin banyak data, pekembangan  perusahaan, pertumbuhan ekonomi, sumber daya manusia di dalam perusahaan dan penggunaan berbagai teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak data yang dapat diolah menjadi informasi baik yang bersifat finansial maupun non-finansial.
Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi. Namun banyak fakta menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kekacauan informasi yang disebabkan katidak mampuan mereka dalam menggunakan teknologi itu sendiru.
Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi, sehingga menghasilkan banyak informasi yang tidak berguna, dan tidak memenuhi prinsip akuntansi. Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu system sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan sebuah perusahaan.
Kekurangan atau dokumen-dokumen yang kurang berkualitas yang menyebabkan tidak berjalannya informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan, sebaliknya kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan kekacauan dalam pengolahan data sehingga memicu terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya kesalahan berantai.
Hal ini akan mengganggu kinerja sebuah perusahaan dalam pengolahan data dan dalam pembuatan laporan-laporan keuangan dan  akan selalu terjadi kekacauan jika pemahaman terhadap proses penggunaan program tersebut kurang.


Rumusan Masalah

Pada saat ini juga banyak pengguna software akutansi tidak mengetauhi bagaiman penggunaan software tersebut dan terjebak dalam lubang yang sama dan akhirnya dalam pelaporan akhir terjadi kekacauan. Hal ini di sebabkan kerena mereka selalu di bingungkan jika berhadapan dengan software yang benar-benar baru bagi mereka
Ada kalanya mereka tidak tahu software apa yang tepat digunakan perusahaan mereka. Kadang kala beberapa perusahaan juga terjebak oleh nama software buatan luar negeri padahal mereka belum tahu apakah software yang mereka gunakan cocok digunakan oleh perusahaan mereka.


Tujuan

            Tujuan saya membuat makalah ini karena pada saat ini sudah banyak software akutansi dan setiap perusahaan tidak selalu menggunakan software yang sama satu perusahaan dengan yang lain. Ada kalanya pengguna software akutansi tersebut tidak mengerti bagaimana penggunaan software tersebut karena kita berhadapan dengan software yang benar-benar baru buat pengguna software tersebut.
            Memberitahukan bagaimana penggunaan software yang benar dengan memberikan contoh software yang cocok digunakan untuk keperluan apa dan jenis perusahaan jenis apa yang cocok menggunakan software tersebut.
            Memberitahukan bahwa selamanya bahwa software buatan luar negeri selalu cocok dengan perusahaan yang berdomisili di indonesai karena perbedaan pemahaman mereka tentang aturan akutansi yang ada di Indonesia.


BAB 2

Pengertian Komputer Akuntansi

Menurut jenis kegiatannya akuntansi dapat diklasifikasi menjadi beberapa golongan yang saling berkaitan satu dengan lainnya :
  1. Akuntansi financial (financial accounting)
    • • Auntansi Biaya (cost Accounting)
    • • Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting)
    • • Akuntansi pajak (tax accounting)
    • • Pemeriksaan akuntansi (auditing)
  2. Akuntansi manajemen
    • • Akuntansi strategis (planning)
    • • Akuntansi pemerintahan dan lembaga
    • • System Akuntansi
    • • System distribusi
    • • System Inventory
    • • System Penjualan
    • • System Komputer akuntansi


Sistem Komputer Akuntansi


Sistem akuntansi berkembang seiring dengan pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan karyawan dan penggunaan teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak data yang dapat diproses menjadi informasi lebih baik yang bersifat finansial maupun non-finansial, Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi.
Namun banyak fakta menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kesemrawutan informasi. Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi oleh perusahaan itu sendiri maupun penggunaan software tersebut oleh karyawan perusahaan itu sendiri, sehingga menghasilkan banyak informasi yang tidak berguna bagi perusahaan, dan tidak memenuhi prinsip dasar akutansi akuntansi.


Kerangka Sistem Akuntansi


Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. Sistem informasi akuntansi bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing perusahaan. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga Sistem informasi akuntansi hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level atas tersebut.
1.      Penjualan-Penjualan Faktur penjualan Rekening Piutang, penjualan
2.      Penerimaan Kas Kas Bukti Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
3.      Pembelian Pembelian Faktur Pembelian Rekening Persediaan barang
4.      Pengeluaran Kas Kas Bukti Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
5.      Payroll Umum Daftar Gaji/ Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan dalam jurnal akan diposting ke rekening buku besar. Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang dipilih.Tugas pengolahan data yang dilakukan Sistem informasi akuntansi meliputi 4 tugas dasar sbb :
Dan hasil dari semua proses di atas Laporan Keuangan merupakan proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian yakni;
1). Laporan laba-rugi
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.

Didalam menyusun laporan keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di dalam perusahaan, dimana transaksi itu akan dicatat kedalam jurnal umum, setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada buku besar kedalam neraca lajur, sehingga akan diperoleh laporan keuangan.

Dengan melihat dan memahami laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan itu akan dicari dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.
Akuntansi komputer adalah sistem akuntansi yang mengautomatisasi transaksi bisnis dengan menerapkan manajemen terbuka, sehingga informasi akuntansi dapat diperoleh langsung melalui terminal yang tersebar dilingkungan perusahaan. Dengan tersediaanya fasilitas ini memungkinkan manajemen mendapat informasi melalui media visual pada monitor yang tersedia diruangannya sendiri tanpa harus menunggu laporan rutin yang diterbitkan bagian akuntansi.


Software Akuntansi


Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi yaitu Prinsip dasar dan proses akunatnsi adalah pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan dan  penganalisaan yang sejatinya adalah pengolahan informasi dari transaksi menjadi laporan yang akan digunaan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan-laporan tersebut. Adapun hal–hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi adalah sebagai berikut :
 
1.       Identifikasi kebutuhan kita yaitu seberapa jauhkan kebutuhan kita terhadap software akutansi dan apakah hanya terbatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci. Tetapi apabila perusahaan masih dalam rancangan penyusunan sistem maka disarankan untuk menggunakan jasa teller made.
2.       Memperhatikan fiturnya yaitu mencocokkan kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan dan selain dari kemudahan kepraktisan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
3.       Perkembangan softwarenya yaitu software yang baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan jaman. Kemungkinan berkembangnya usaha kita akan berakibat pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti software di tengah jalan.
4.      After sales service policy yaitu kita akan menggunakan produk tersebut dalam  waktu yang lama sehingga after sales service policynya haruslah yang di support  dengan baik. Untuk tailor made biasanya turnover programnya cukup tinggi,  sehingga membutuhkan penyesuaian yang lama dari program yang baru. Dan  yang paling penting perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang  mungkin terjadi dalam panduan problem software guidance atau yang biasa di sebut dengan panduan penggunaan program yang diberikan oleh produsen.
5.      Budget dan referensi yaitu tentukan budget dari awal. Walaupun budget bukanlah merupakan satu–satunya pertimbangan lain yaitu after sales service, reliability dan perkembangannnya.


Aplikasi ini berfungsi untuk mendukung proses pencatatan pembukuan keuangan staff akunting. Software ini menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll.
  1. Daftar Perkiraan
  2. Jurnal Transaksi
  3. Buku Besar
  4. Buku Besar Pembantu
  5. Trial Balance
  6. Neraca Harian
  7. Neraca
  8. Laba/Rugi


Penggunaan Software Akuntansi


            MYOB Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika anda mengelola sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Software akan membantu anda dalam berbagai hal contohnya seperti:
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
Software ini sangat cocok untuk owner-operator, MYOB Accounting Software membantu anda dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB Accounting's powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).
Fungsi lain dari MYOB Accounting Software yaitu dapat melakukan analisis atas data bisnis anda dengan lebih dari 160 cara lebih mudah membuat keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat dan sangat detail seperti:
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
Fungsi dan kelebihan lain dari MYOB Accounting Software masih banyak yaitu seperti di bawah ini :
1.      Kelola Customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
2.      Membuat Customized Forms
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
3.      Pengelolaan Inventory yang menyeluruh
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
4.      MYOB Accounting Software juga memiliki fitur canggih dalam penetapan harga acuan dengan lima quantity break dan 6 level penetapan harga. Memungkinkan anda melakukan pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.
5.      Invoice pelanggan anda via email
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
6.      Company Data Auditor
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.

Kini memang banyak software atau perangkat lunak yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan dalam sistem akuntansi di perusahaan. Sebut saja program buatan luar negeri atau biasa di sebut program impor seperti DacEasy Accounting (DAC), Quickbook, MYOB, Peachtree, Valauplus dan Oracle, yang terkenal di luar negeri dan cukup populer juga di kalangan dalam negeri. Sementara untuk local content, misalnya, ada Dbs Solution, Accurate, Zahir Accounting, ACCS, MAS Accounting, dan masih banyak lagi tersingkirkan oleh program buatan luar negeri.
Namun masalahnya, apakah program-program itu, baik lokal maupun buatan luar negeri cukup sederhana dan berguna untuk bisnis di Indonesia? Apakah hal itu juga sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di dalam negeri sesuai dengan Standard Akutansi Keuangan? Kesulitan kita kalau menggunakan software dari luar itu tidak selalu sama dengan standar akuntansi di Amerika contohya.
Karena itu, pada saat mengembangkan software akutansi, standar akuntansinya harus sudah ada,” software yang paling baik adalah software akuntansi yang di develop sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tailor made. “Kita tidak bisa menggunakan software yang sudah jadi, karena biaya yang dikeluarkan juga berbeda.
Software akuntansi memang dirancang untuk memudahkan perusahaan dalam penghitungan keuangannya. Mulai dari biaya produksi, operasional, hingga biaya distribusi dan masih banyak biaya-biaya yang lain. Jika sebelumnya  dilakukan secara manual, perusahaan terlebih dahulu harus membuat jurnal, lalu  memosting ke buku besar, lalu membuat neraca saldo, dan akhirnya membuat jurnal penyesuaian, hingga menjadi laporan keuangan.
Kini dengan berkembangnya teknologi komputer dan semakin  kompleksnya transaksi-transaksi yang berhubungan dengan proses pencatatan dalam akuntansi, pencatatan secara manual sudah tidak memungkinkan lagi, sangat tidak efisien.Accurate, misalnya. Software yang diproduksi oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPS Soft) ini sudah mengintegrasikan modul-modul penting dalam akuntansi, seperti general ledger (GL), account receivable (AR), account payable (AP) dan inventory. Walau dirancang untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor usaha kecil dan menengah (UKM), Accurate memiliki beberapa fitur penting seperti kemampuan mencatat transaksi dalam berbagai mata uang mulai dalam negeri hingga asing (multi currency), multi tax, multi user, dan multi company, bahkan mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan.
Proses pencatatan  transaksi melalui Accurate hanya dilakukan sekali saja. Software ini yang akan memosting, menjurnal sendiri, sesuai dengan posting yang sudah dibuat. Jadi tools ini memudahkan pelaku bisnis untuk mengetahui kondisi perusahaan, situasi keuangan secara tepat dan akurat.
Piranti lunak yang pernah mendapatkan APICTA (Asia Pacific ICT Awards) ini mampu membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan secara otomatis. Dengan menggunakan software ini, tidak ada lagi laporan akhir bulan untuk membuat laporan aliran kas, faktur pajak dan lain-lain. Software ini akan sangat membantu. Tidak ada lagi lembur. Bahkan tidak perlu lagi penambahan orang untuk kegiatan akuntansinya. Semua laporan sudah otomatis,
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Pada prinsipnya, kalau perusahaan mau menerapkan Zahir Accounting, tidak perlu ada training atau pelatihan  karena bahasanya mudah dimengerti. Struktur programnya sederhana, dan transaksinya juga seperti mengisi nota-nota transaksi saja, Sementara Accurate, dengan kecepatan 32 bit dapat dioperasikan dengan berbagai sistem sistem operasi seperti Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan Windows 2000. Produk ini dilengkapi dengan tampilan grafis (graphic user interface) yang mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru pertama kali menggunakannya.
Jika dibandingkan dengan software buatan luar negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software asing. Accurate dan Zahir Accounting, misalnya, bisa mencatat pajak penjualan (PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia. Bahkan, Zahir Accounting boleh dikatakan satu-satunya software akuntansi yang menggunakan giro mundur. Transaksinya juga bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920.000.000.000.000 (sembalian ratus dua puluh triliun). Bandingkan dengan produk impor yang menggunakan dollar AS dalam transaksinya.
Hal ini pula yang menjadi acuan para programmer Accurate dan Zahir Accounting untuk menggunakan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Mungkin Accurate yang pertama menggunakan database klien server untuk aplikasi UKM. Biasanya database yang menggunakan klien server ini adalah aplikasi yang skala besar untuk kelas enterprise yang harganya sangat mahal.Solusi bisnis yang terintegrasi beberapa produk software akuntansi ini memang memiliki kelebihannya dan kekurangan masing-masing. Tidak hanya produk lokal, produk asing pun, kendati memerlukan biaya yang relatif besar, manfaat yang bisa di dapat perusahaan juga setimpal.
Lihat saja, misalnya, Oracle Software Accounting. Software ini tidak hanya menampilkan transaksi-transaksi bisnis untuk kemudian dilaporkan sebagai laporan keuangan. Namun, lebih dari itu. Oracle menyiapkan solusi bisnis yang terintegrasi untuk semua bisnis di perusahaan.
Soalnya, di perusahaan-perusahaan biasanya terdapat fungsi dasar, seperti keuangan dan akuntansi, pemasaran dan penjualan, produksi dan distribusi, general administration, dan human resource. Fungsi-fungsi tersebut, apapun perusahaannya, tentu saling terintegrasi. Misalnya, keuangan dan penjualan, human resource dan produksi.
Karena terintegrasi inilah kami menyebutnya suite. Namun, perkembangan dari software akuntansi ini, di dunia aplikasi, itu yang paling mature jika dibandingkan dengan sistem produksi, maintenance peralatan, dan sistem distribusi.
Yang membedakan dengan Oracle Software Accounting, kita tidak hanya mengakomodasi dari fungsi-fungsi perusahaan, tetapi ada lagi yang namanya fungsi treasure. Apa bedanya fungsi treasure ini dengan kas? Manajemen kas ini adalah salah satu fungsi dari treasure di perusahaan. sebagai karyawan, juga bagian dari fungsi treasure ,Untuk mengaplikasikan perangkat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1.      sesuai dengan visi perusahaan yaitu visi ini bersifat masa depan untuk kemudian dijabarkan strateginya sesuai dengan visi tersebut.
2.      harus ada pembenahan pada sistem.
3.      harus mendevelop atau mengembangakan sumber daya manusianya.


Proses Penggunaan Software Akutansi

           
Saya akan mengambil salah satu contoh program yaitu Microsoft acces. Yaitu salah satu software yang bisa di gunakan dalam berbagai hal seperti akutansi
Langkah-langkahnya sebagai berkut :
  1. Menyusun dasar manajemen database perusahaan antara lain :
1.      Tabel Pegawai dengan ketentuan jenis data sebagai berikut,hal ini di buat untuk membuat data-data kepegawaian









2.      Kemudian adalah pembuatan table table Pelanggan baik di dalam maupun luar negeri dengan ketentuan data sebagai berikut, yaitu membuat data-yang bersangkutan dengan data pelanggan













3.      Kemudian diminta untuk menyusun table Gaji Dan Tunjangan dari masing-masing karyawan dan ketentuannya adalah, yaitu membuat rancanganyang di butuhkan dalam pembuatan daftar gaji tiap karyawan







4.      Membuat manajemen table barang yang diproduksi oleh perusahaan beserta harga per item,  yaitu membuat barang-barang apa saja yang kita produksi beserta harganya
5.      Kemudian menyusun penjualan barang kepada pelanggan dengan ketentuan data sebagai berikut,  lalu kita membuat rancangan nota yang akan kita butuhkan dalam setiap proses transaksi
6.      Dari data di atas kita membutuhkan penjelasan mengenai pembelian yang di lakukan maka kita membutuhkan penjelasan mengenai barang apa saja yang di beli maka dari itu pada bagian nota  tidak di primary key karena akan timbul beberapa  data-data dengan nama yang sama

  1. Setelah membuat atau menyusun manajemen database untuk masing-masing table yang diperukan di atas tadi, kita diminta untuk menyusun form-form untuk mengisikan data dari masing-masing table yang telah dibuat. Dan juga dengan menambahkan logo perusahaan, nama perusahaan, alamat, telepon, serta command button yang diperlukan.





·         FORM TABLE PEGAWAI

·         FORM TABLE PELANGGAN
·         FORM TABLE GAJI DAN TUNJANGAN

·         FORM TABLE BARANG
Keempat gambar di atas menampilakan hasil dari proses yang kami buat sebelumnya untuk pemasukan data-data tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku
·         FORM PEMBELIAN PRODUK
Sebelum membuat form ini kita harus menggabungkan 2 table yaitu table penjualan dan table penjualan detail seperti di bawah ini
 
lalu menjadi seperti ini
 
Dan hasil dari penggabungan 2 table tersebut seperti ini
 hasil ini menunjukan bahwa model di atas mendapat perlakuan berbeda dari yang lain kerana setiap transaksi tidak akan selalu menampilkan satu jenis barang saja
  1. Kemudian mengisikan data di masing-masing form.
  2. Membuat relasi untuk masing-masing tabel.
Pada saat membuat relasi hanya 1 relasi saja Enforce Referential Intergrity yaitu pada saat relasi dari nota di table penjualn ke nota di table penjualan detail

  1. Membuat query untuk masing-masing form tetapi hanya yang diperlukan saja yaitu sebagai berikut :
a)      Query Arus Barang Keluar yaitu query yang berisikan : kode barang, nama barang, nota, jumlah seperti di bawah ini dan hasilnya seperti ini
b)      Query Barang yang Telah Di Kirim yaitu yang berisikan : nota, id_pelanggan, nama, tanggal_pesan, kode_barang, nama_barang, telah_di_kirim seperti di bawah iniDan hasilnya seperti ini
c)      Query Bonus Seles Dari Penjualan yaitu yang berisikan : nota, NIK, nama_sales, id_pelanggan, nama_pelanggan, tanggal_pesan, total penjualan, bonus salas seperti di bawah iniUntuk rumus total penjulan = Total Penjualan: [Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah ,Untuk rumus bonus penjualan = Bonus Sales: IIf([Table Pegawai]!Golongan="D";[Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,05;IIf([Table Pegawai]!Golongan="C";[Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,04;IIf([Table Pegawai]!Golongan="B";[Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,02;IIf([Table Pegawai]!Golongan="A";[Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,01;0)))) , Dengan ketentuan golongan A,B,C, dan D mendapat 5%, 4%, 2%, dan 1% Dan hasilnya seperti ini
d)     Query Gaji Pegawai yaitu yang Berisikan : NIK, Nama, Jenis_Kelamin, Jabatan, Status_Pegawai_Tetap, Golongan, TGL_Lahir, TH_Masuk_Kerja, Alamat, Telepon, Kota, Gaji, Tunjangan_Keluarga, Tunjangan_Jabatan, Tunjangan_Transport, Total Gaji Seperti Di Bawah Ini  dan  dan untuk rumus total gaji = Total Gaji: [Gaji]+[Tunjangan_Keluarga]+[Tunjangan_Jabatan]+[Tunjangan_Transport] Dan Hasilnya seperti ini dan ini
e)      Query Pegawai sales yaitu yang berisikan : kode barang, seperti table pegawai hanya di bagian criteria di di tulis Sales seperti di bawah ini  Dan hasilnya seperti ini

f)       Query Penjualan Barang yaitu yang berisikan : nota, NIK, nama_sales, ID_pelanggan, Nama_pelanggan, Tanggal_pesan, Jumlah, Harga_total seperti di bawah ini Dan hasilnya seperti ini  dan Rumus harga total = Total Harga: [Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah
g)      Query pesenan Masing-masing Negara yitu yang berisikan : Negara, ID_pelanggan, nama, Alamat, Kota, Nota, Kode_barang, Nama_barang, Jumlah, dan Telah_di Kirim tapi bagian ini tidak di tunjukan di bagian hasil seperti di bawah ini  Dan hasilnya seperti ini
Setelah menyelesaikan pembuatan query-query dari criteria yang diperlukan maka selanjutnya diminta untuk membuat report untuk masing-masing query yang telah kita buat, seperti :
h)      Laporan Barang Keluar
i)        Report Barang Yang Telah Di Kirim
j)        Report Bonus Seles Dari Penjualan







k)      Report Gaji Pegawai
l)        Report Daftar Pegawai Sales
m)    Report pemesanan Masing-masing Negara
n)      Report Penjualan Barang
Pada bagian report jika ada laporan yang membutuhkan penjumlahan maka dari itu kita harus membeda-bedakan bagian yang kira-kira hanya muncul satu kali dengan priority dan setelah itu kita dapat menjumlah dengan menggunakan summary opstions
  1. Langkah yang terakhir adalah pembuatan switch board yang dilakukan melalui menu switchboard manager
Langkah berikutnya adalah membuat beberapa bagian dari main switchboard yang ada gara menjadi lebih banyak dan bervariasi seperti di bawah ini dengan new ,  Lalu di masing-switchboard pages berisi sebagai berikut :
                         I.      Edit data  Dan pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Form in Edit Mode
                      II.      Keluar  Dan pada saat membuat item pada bagian command menggunakan  Exit Application
                   III.      Penjualan  Barang Dan pada saat membuat item pada bagian command masing-masing menggunakan  Dan
                   IV.      Tambah Data  Dan pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Form in Add Mode
                      V.      Tampilkan Laporan  Dan pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Report Kecuali pada saat item kembali ke menu utama dan tidak jadi keluar aplikasi mengunakan Go to Switchboard dan menggunakan form menu utama
                   VI.      Untuk menampilkan switchboard yang telah kita susun tadi agar muncul pada awal pertama kali membuka file kita yaitu dengan mengikuti form berikut:  lalu 




Jenis-Jenis software akutansi


Sekarang dalam makalah ini saya memberitahukan kepada anda jenis-jenis software akutansi diantaranya selain MYOB yang telah di jelaskan sebelumnya yang digunakan beberapa perusahaan yaitu :

1.      Oracle
Oracle Corporation (NASDAQ: ORCL) adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007. Markasnya berada di Redwood City, California.




5.      LedgerPlus
Software akuntansi General Ledger (GL). Dilengkapi dengan built-in fungsi AR dan AP aging schedule.
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Dua pilihan kurs: Pajak dan Tengah BI.
° Otomatis perhitungan Saldo Awal, Saldo Akhir dan Revaluasi.
° Cost/Profit Center untuk cabang, divisi, proyek, dll.
° Penomoran account flexible hingga 30 digit.
° Periode akuntansi flexible bulanan, triwulan, tahunan.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Otorisasi (posting) hanya dapat dilakukan oleh accounting manager.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.

6.      iOffice
Software akuntansi Penjualan, Pembelian, Persediaan Barang (Inventory) dan Produksi (Manufacturing).
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Fungsi Sales Order, Delivery dan Return.
° Fungsi Purchase Order, Receive dan Return.
° Terintegrasi dengan module GL, AR, AP (LedgerPlus).
° Dua pilihan inventory cost method: FIFO dan Average.
° Gudang lebih dari satu (multi warehouse).
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.

7.      NetLedger
FEATURE UTAMA
° Journal entry yang dapat di setup sesuai kebutuhan.
° Inquiry AR, AP aging schedule dan payment.
° Inquiry persediaan barang (inventory).
Cash Register
Sistem Point Of Sale (POS) berbasiskan Personal Computer (PC) untuk menggantikan fungsi mesin Cash Register. Cocok digunakan bagi toko dan mini market.
FEATURE UTAMA
° Persediaan barang (Inventory).
° Penjualan (Sales), Pembelian (Purchase) dan Produksi (Manufacture).
° Dapat diintegrasikan dengan mesin Barcode Reader.
° Print struk penjualan, laporan kartu stock, penjualan, pembelian, dll.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia  



Manfaat Software Akuntansi


Adapun beberapa manfat dari software akuntansi yaitu sebagai berikut :
1.      Journal khusus tidak pernah diisi. User hanya mengisi transaksi sebagaimana layaknya kita mencatat sebuah transaksi.
2.      Semua subsidiary ledger juga akan di-update hingga ke detail-nya. Contoh: Subsidiary untuk persediaan akan tercatat kuantitas, satuan, gudang, dan informasi lainnya yang menyangkut persediaan.
3.      Secara real time laporan akan tersaji segera setelah transaksi berhasil diisi (untuk software tertentu, proses posting perlu dipicu oleh sebuah menu).
4.      Pengusaha tidak tahu membuat laporan keuangan sangat repot karena mereka tidak tahu prosesnya dan saat ini dikerjakan oleh orang lain (staf akuntingnya yang tahu).
5.      Mempertimbangkan nilai investasi (harga) dari software mahal.
6.      Mempertimbangkan nilai investasi (harga) dari software mahal.
7.      Bekerja lebih cepat.

Kelemahan software akuntansi
            Selain memiliki keunggulan atau manfaat, pada dasarnya software akuntansi memiliki kelemahan seperti :
  1. Bagi yang pernah mengerjakan akuntansi secara manual tentunya tahu betapa sulitnya untuk menjalani siklus akuntansi secara lengkap. Kekurangan apa saja yang akan terjadi apabila kita masih membuat laporan keuangan secara manual?
  2. Lama, terutama bagi yang transaksi hariannya banyak
  3. Mudah terjadi kesalahan
  4. Apabila terjadi kesalahan, sulit untuk dicari letak kesalahannya.

Bab 3

Kesimpulan


Dan perlu kita menyadari bahwa perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini dikatakan penting karena dunia usaha menuntut setiap jenis usaha mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat secara up to-date.
Pesatnya perkembangan ini membuat setiap orang yang terlibat dalam dunia usaha untuk selalu mengikuti kemajuan teknologi ini.
Salah satu perkembangan teknologi informasi dalam dunia usaha yang umum dipakai di dunia usaha di luar negeri adalah Aplikasi Akuntansi Komputer, namun sayangnya teknologi informasi ini masih belum umum untuk dunia usaha di Indonesia.
Walaupun pada dasarnya setiap perusahaan mengolah data dengan cara yang sama namun besar kecil perusahaan, jenis usaha dan teknologi yang digunakan serta pengaruh sumber daya lainnya menyebabkan system akuntansi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya berbeda.
Dengan adanya software akunatnsi dinilai cukup praktis dalam pelaksanaan siklus akuntansi nnamun pengguna software harus benar – benar mengetahui ara kerjanya karena sedikit saja melakukan kesalahan maka dia harus mengulang dari awal prose pekerjaannya.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH MAKALAH AKUNTANSI TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM AKUNTANSI yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 9:36 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu