BAB 1
Latar Belakang
Saya mengangkat tema ini karena pada saat ini banyak sekali
program-program akutansi yang disediakan di dalam komputer. Pada saat ini tugas
dari para akutan tidak terlalu sulit. Hal ini disebabkan sudah ada
software-software yang mendukung kinerja mereka. Hal ini menyebabkan tugas
mereka jadi sangat mudah. Sistem akuntansi berkembang seiring dengan
pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan karyawan dan
penggunaan teknologi.
Dengan munculnya komputer,
semakin banyak data, pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, sumber daya
manusia di dalam perusahaan dan penggunaan berbagai teknologi. Dengan munculnya
komputer, semakin banyak data yang dapat diolah menjadi informasi baik yang
bersifat finansial maupun non-finansial.
Pengolahan data dapat
dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi. Namun banyak fakta
menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh
pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang
dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kekacauan informasi yang
disebabkan katidak mampuan mereka dalam menggunakan teknologi itu sendiru.
Hal ini terjadi karena
kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi, sehingga menghasilkan banyak
informasi yang tidak berguna, dan tidak memenuhi prinsip akuntansi. Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu
system sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan sebuah perusahaan.
Kekurangan atau
dokumen-dokumen yang kurang berkualitas yang menyebabkan tidak berjalannya
informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan, sebaliknya kelebihan
dokumen dasar dapat menimbulkan kekacauan dalam pengolahan data sehingga memicu
terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya kesalahan
berantai.
Hal ini akan mengganggu kinerja
sebuah perusahaan dalam pengolahan data dan dalam pembuatan laporan-laporan
keuangan dan akan selalu terjadi kekacauan
jika pemahaman terhadap proses penggunaan program tersebut kurang.
Rumusan Masalah
Makalah ini dibuat dengan untuk dapat mengetahui pentingnya dan jenis-jenis
software computer yang tersedia dalam akuntansi yang dibutuhkan oleh sebuah
perusahaan dengan jenis industri yang berbeda–beda. Dan dengan adanya makalah
ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pemilihan software akuntansi yang sesuai dan tepat dengan yang
diinginkan di kemudian hari.
Pada saat ini juga banyak pengguna software akutansi tidak
mengetauhi bagaiman penggunaan software tersebut dan terjebak dalam lubang yang
sama dan akhirnya dalam pelaporan akhir terjadi kekacauan. Hal ini di sebabkan
kerena mereka selalu di bingungkan jika berhadapan dengan software yang
benar-benar baru bagi mereka
Ada kalanya mereka tidak tahu software apa yang tepat digunakan
perusahaan mereka. Kadang kala beberapa perusahaan juga terjebak oleh nama
software buatan luar negeri padahal mereka belum tahu apakah software yang
mereka gunakan cocok digunakan oleh perusahaan mereka.
Tujuan
Tujuan saya membuat makalah ini
karena pada saat ini sudah banyak software akutansi dan setiap perusahaan tidak
selalu menggunakan software yang sama satu perusahaan dengan yang lain. Ada
kalanya pengguna software akutansi tersebut tidak mengerti bagaimana penggunaan
software tersebut karena kita berhadapan dengan software yang benar-benar baru
buat pengguna software tersebut.
Memberitahukan bagaimana penggunaan
software yang benar dengan memberikan contoh software yang cocok digunakan
untuk keperluan apa dan jenis perusahaan jenis apa yang cocok menggunakan
software tersebut.
Memberitahukan bahwa selamanya bahwa
software buatan luar negeri selalu cocok dengan perusahaan yang berdomisili di
indonesai karena perbedaan pemahaman mereka tentang aturan akutansi yang ada di
Indonesia.
BAB 2
Pengertian Komputer Akuntansi
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang
terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama,
serta membentuk sebuah sistem yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat
digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan
program yang diberikan kepadanya oleh pengguna komputer tersebut.
Akuntansi adalah suatu metode pencatatan, penggolongan dan
peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berguna
dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses .
Komputer Akuntansi adalah, suatu seni dengan menggunakan alat bantu
komputer untuk melakukan pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan
kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan
uang, dan peng-interprestasian hasil proses.dan Salah satu fungsi organisasi
yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang
bertanggung jawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Dan
agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yang dihasilkan sesuai
dengan karakteristiknya, perlu suatu sistem yang komparatif dan integral dari
keseluruhan proses bisnis yang ada.
Dengan menerapkan sistem komputerisasi akuntansi, maka akan
mempercepat proses penyajian analisa dan laporan keuangan karena aplikasi
komputerisasi akuntansi diciptakan untuk memudahkan proses transaksi-transaksi
akuntansi kedalam sebuah laporan dan analisa laporan untuk mendukung hasil pengambilan keputusan yang berhubungan dengan
keadaan keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi.
Menurut jenis kegiatannya akuntansi dapat diklasifikasi menjadi
beberapa golongan yang saling berkaitan satu dengan lainnya :
- Akuntansi financial (financial
accounting)
• • Auntansi Biaya (cost Accounting)
• • Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting)
• • Akuntansi pajak (tax accounting)
• • Pemeriksaan akuntansi (auditing) - Akuntansi manajemen
• • Akuntansi strategis (planning)
• • Akuntansi pemerintahan dan lembaga
• • System Akuntansi
• • System distribusi
• • System Inventory
• • System Penjualan
• • System Komputer akuntansi
Sistem
Komputer Akuntansi
Sistem akuntansi berkembang
seiring dengan pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan
karyawan dan penggunaan teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak
data yang dapat diproses menjadi informasi lebih baik yang bersifat finansial
maupun non-finansial, Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat
maupun terdistribusi.
Namun banyak fakta
menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh
pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang
dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kesemrawutan informasi.
Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi oleh
perusahaan itu sendiri maupun penggunaan software tersebut oleh karyawan
perusahaan itu sendiri, sehingga menghasilkan banyak informasi yang tidak
berguna bagi perusahaan, dan tidak memenuhi prinsip dasar akutansi akuntansi.
Dokumen
dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu sistem sangat
menentukan tingkat pencapaian tujuan perusahaan. Kekurangan atau dokumen dasar
kurang berkualitas menyebabkan tidak berjalannya informasi sesuai dengan yang
dibutuhkan dan menyebabkan terjadinya kesalahan berantai yang berturut-turut
dari awal terjadi kesalahan hingga proses yang paling akhir., sebaliknya
kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan keruwetan dalam pengolahan data
sehingga memicu terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya
kesalahan berantai yang berturut-turut dari awal terjadi kesalahan hingga
proses yang paling akhir.
Dengan dokumen dasar yang berkualitas dapat
dihasilkan berbagai bentuk informasi yang akurat. Perubahan yang dilakukan pada
dokumen dasar akan menyebabkan perubahan pada prosedur pengolahan data. Walaupun
pada dasarnya setiap perusahaan mengolah data dengan cara yang sama namun besar
kecil perusahaan, jenis usaha dan teknologi yang digunakan serta pengaruh
sumber daya lainnya menyebabkan system akuntansi satu perusahaan dengan
perusahaan lainnya berbeda.
Sistem
yang disusun oleh suatu perusahaan belum tentu dapat diterapkan pada perusahaan
lain sekalipun jenis usahanya sama karena dalam prakteknya sistem akuntansi
sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan jenis perusahaan tersebut yang
bergerak di bidang apa. Pertumbuhan ekonomi juga memicu perkembangan bidang
usaha semakin kompleks. Hal demikian mengharuskan akuntan untuk memperoleh
keahlian yang tinggi dalam spesialisasi penggunaan software akutansi yang
diterapkan dalam perusahaan
Kerangka Sistem Akuntansi
Sistem informasi akuntansi
(SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial
menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
Sistem informasi akuntansi bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan
bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing perusahaan. Sehubungan dengan
kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga Sistem
informasi akuntansi hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen
level atas tersebut.
Sistem
Komputer akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi
dan ilmu pengetahuan dimana yang dibutuhkan bukan hanya financial melainkan
juga operasional (non financial) dan yang membutuhkan informasi bukan hanya
manajemen level atas melainkan semua level manajemen. System Akuntansi komputer
mendukung manajemen terbuka, Namun masih banyak organisasi yang menerapkan
manajemen tertutup.
Sistem
akuntansi pokok terdiri dari berbagai klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal
dan bukti transaksi. Masing-masing unsur tersebut saling terkait membentuk
suatu prosedur pencatatan.
Berikut
ini adalah hubungan masing-masing unsur dengan prosedur lainnya
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
1.
Penjualan-Penjualan Faktur
penjualan Rekening Piutang, penjualan
2.
Penerimaan Kas Kas Bukti
Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
3.
Pembelian Pembelian Faktur
Pembelian Rekening Persediaan barang
4.
Pengeluaran Kas Kas Bukti
Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
5.
Payroll Umum Daftar Gaji/
Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan
bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan dalam
jurnal akan diposting ke rekening buku besar. Tabel tersebut adalah sekedar
untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi,
tergantung dari metode yang dipilih.Tugas pengolahan data yang dilakukan Sistem
informasi akuntansi meliputi 4 tugas dasar sbb :
1.
Pengumpulan data yaitu setiap
tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Bila tindakan tersebut melibatkan
elemen lingkungan disebut transaksi. Pelaku bisnis dan accounting umumnya hanya
memperhatikan transaksi yang mempunyai nilai finansial.
2.
manipulasi Data yaitu data
perlu dimanipulasi untuk dapat diubah menjadi informasi yang berguna. Operasi
manipulasi data meliputi pengklasifikasian, Penyortiran, Perhitungan, dan
pengikhtisaran.
3.
Penyimpanan data yaitu terdapat
banyak transaksi pada setiap perusahaan. Setiap transaksi dijelaskan oleh
beberapa elemen data. Data tersebut perlu disimpan di suatu tempat dan harus
dapat ditemukan dengan mudah bila data tersebut dibutuhkan.
4.
Penyiapan Dokumen yaitu Sistem
informasi akuntansi menghasilkan output untuk perorangan maupun organisasi di
dalam maupun di luar perusahaan. Output tersebut dipicu dengan dua cara yaitu :Oleh
suatu tindakan Output dihasilkan bila sesuatu terjadi seperti contoh di bawah
ini :tagihan disiapkan pada saat terjadi pesanan.
Dan hasil dari semua proses di atas Laporan Keuangan merupakan
proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama
periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian
yakni;
1). Laporan laba-rugi
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.
Didalam menyusun laporan
keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di
dalam perusahaan, dimana transaksi itu akan dicatat kedalam jurnal umum,
setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal
penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada
buku besar kedalam neraca lajur, sehingga akan diperoleh laporan keuangan.
Dengan melihat dan memahami
laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu
perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal ini akan
menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan
khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan itu akan dicari
dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.
Akuntansi komputer adalah
sistem akuntansi yang mengautomatisasi transaksi bisnis dengan menerapkan
manajemen terbuka, sehingga informasi akuntansi dapat diperoleh langsung
melalui terminal yang tersebar dilingkungan perusahaan. Dengan tersediaanya
fasilitas ini memungkinkan manajemen mendapat informasi melalui media visual
pada monitor yang tersedia diruangannya sendiri tanpa harus menunggu laporan
rutin yang diterbitkan bagian akuntansi.
Software Akuntansi
Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi
yaitu Prinsip dasar dan proses akunatnsi adalah pencatatan, pengikhtisaran,
pelaporan dan penganalisaan yang
sejatinya adalah pengolahan informasi dari transaksi menjadi laporan yang akan
digunaan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan-laporan
tersebut. Adapun hal–hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software
akuntansi adalah sebagai berikut :
1.
Identifikasi kebutuhan kita yaitu seberapa
jauhkan kebutuhan kita terhadap software akutansi dan apakah hanya terbatas
pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci.
Tetapi apabila perusahaan masih dalam rancangan penyusunan sistem maka disarankan
untuk menggunakan jasa teller made.
2.
Memperhatikan fiturnya yaitu mencocokkan
kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan dan selain dari kemudahan
kepraktisan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar
akuntansi yang berlaku di Indonesia.
3.
Perkembangan softwarenya yaitu software yang
baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan jaman. Kemungkinan
berkembangnya usaha kita akan berakibat pada berkembangnya seluruh aspek
pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti
software di tengah jalan.
4.
After sales service policy
yaitu kita akan menggunakan produk tersebut dalam waktu yang lama sehingga after sales service
policynya haruslah yang di support dengan baik. Untuk tailor made biasanya
turnover programnya cukup tinggi, sehingga membutuhkan penyesuaian yang lama
dari program yang baru. Dan yang paling
penting perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam panduan problem software
guidance atau yang biasa di sebut dengan panduan penggunaan program yang
diberikan oleh produsen.
5.
Budget dan referensi yaitu
tentukan budget dari awal. Walaupun budget bukanlah merupakan satu–satunya
pertimbangan lain yaitu after sales service, reliability dan perkembangannnya.
Aplikasi ini berfungsi untuk mendukung proses pencatatan pembukuan
keuangan staff akunting. Software ini menghasilkan laporan keuangan seperti
Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll.
- Daftar Perkiraan
- Jurnal Transaksi
- Buku Besar
- Buku Besar Pembantu
- Trial Balance
- Neraca Harian
- Neraca
- Laba/Rugi
Penggunaan Software Akuntansi
MYOB Accounting Software adalah software akuntansi yang
sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika anda mengelola
sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Software akan membantu anda dalam
berbagai hal contohnya seperti:
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
Software ini sangat cocok untuk owner-operator, MYOB Accounting
Software membantu anda dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang
dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your
quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa
tombol saja.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam
mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah
digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB
Accounting's powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah
mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah
komit (committed).
Fungsi lain dari MYOB Accounting Software
yaitu dapat melakukan analisis atas data bisnis anda dengan lebih dari 160 cara
lebih mudah membuat keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat
dan sangat detail seperti:
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
Fungsi dan kelebihan lain dari MYOB Accounting
Software masih banyak yaitu seperti di bawah ini :
1.
Kelola
Customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
2.
Membuat
Customized Forms
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
3.
Pengelolaan
Inventory yang menyeluruh
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
4.
MYOB
Accounting Software juga memiliki fitur canggih dalam penetapan harga acuan
dengan lima quantity break dan 6 level penetapan harga. Memungkinkan anda
melakukan pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.
5.
Invoice
pelanggan anda via email
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
6.
Company
Data Auditor
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.
Kini memang banyak software atau perangkat
lunak yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan dalam sistem akuntansi di
perusahaan. Sebut saja program buatan luar negeri atau biasa di sebut program impor
seperti DacEasy Accounting (DAC), Quickbook, MYOB, Peachtree, Valauplus dan Oracle,
yang terkenal di luar negeri dan cukup populer juga di kalangan dalam negeri. Sementara
untuk local content, misalnya, ada Dbs Solution, Accurate, Zahir Accounting,
ACCS, MAS Accounting, dan masih banyak lagi tersingkirkan oleh program buatan
luar negeri.
Namun masalahnya, apakah program-program itu,
baik lokal maupun buatan luar negeri cukup sederhana dan berguna untuk bisnis
di Indonesia? Apakah hal itu juga sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku
di dalam negeri sesuai dengan Standard Akutansi Keuangan? Kesulitan kita kalau
menggunakan software dari luar itu tidak selalu sama dengan standar akuntansi
di Amerika contohya.
Karena itu, pada saat mengembangkan software
akutansi, standar akuntansinya harus sudah ada,” software yang paling baik adalah
software akuntansi yang di develop sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau
tailor made. “Kita tidak bisa menggunakan software yang sudah jadi, karena
biaya yang dikeluarkan juga berbeda.
Software akuntansi memang dirancang untuk
memudahkan perusahaan dalam penghitungan keuangannya. Mulai dari biaya
produksi, operasional, hingga biaya distribusi dan masih banyak biaya-biaya
yang lain. Jika sebelumnya dilakukan
secara manual, perusahaan terlebih dahulu harus membuat jurnal, lalu memosting ke buku besar, lalu membuat neraca
saldo, dan akhirnya membuat jurnal penyesuaian, hingga menjadi laporan
keuangan.
Kini dengan berkembangnya teknologi komputer
dan semakin kompleksnya
transaksi-transaksi yang berhubungan dengan proses pencatatan dalam akuntansi,
pencatatan secara manual sudah tidak memungkinkan lagi, sangat tidak
efisien.Accurate, misalnya. Software yang diproduksi oleh PT. Cipta Piranti
Sejahtera (CPS Soft) ini sudah mengintegrasikan modul-modul penting dalam
akuntansi, seperti general ledger (GL), account receivable (AR), account
payable (AP) dan inventory. Walau dirancang untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor
usaha kecil dan menengah (UKM), Accurate memiliki beberapa fitur penting
seperti kemampuan mencatat transaksi dalam berbagai mata uang mulai dalam
negeri hingga asing (multi currency), multi tax, multi user, dan multi company,
bahkan mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan.
Proses pencatatan transaksi melalui Accurate hanya dilakukan
sekali saja. Software ini yang akan memosting, menjurnal sendiri, sesuai dengan
posting yang sudah dibuat. Jadi tools ini memudahkan pelaku bisnis untuk
mengetahui kondisi perusahaan, situasi keuangan secara tepat dan akurat.
Piranti lunak yang pernah mendapatkan APICTA
(Asia Pacific ICT Awards) ini mampu membantu perusahaan dalam membuat laporan
keuangan secara otomatis. Dengan menggunakan software ini, tidak ada lagi
laporan akhir bulan untuk membuat laporan aliran kas, faktur pajak dan
lain-lain. Software ini akan sangat membantu. Tidak ada lagi lembur. Bahkan
tidak perlu lagi penambahan orang untuk kegiatan akuntansinya. Semua laporan
sudah otomatis,
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Pada prinsipnya, kalau perusahaan mau
menerapkan Zahir Accounting, tidak perlu ada training atau pelatihan karena bahasanya mudah dimengerti. Struktur
programnya sederhana, dan transaksinya juga seperti mengisi nota-nota transaksi
saja, Sementara Accurate, dengan kecepatan 32 bit dapat dioperasikan dengan
berbagai sistem sistem operasi seperti Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan
Windows 2000. Produk ini dilengkapi dengan tampilan grafis (graphic user
interface) yang mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru pertama kali
menggunakannya.
Jika dibandingkan dengan software buatan luar
negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software
asing. Accurate dan Zahir Accounting, misalnya, bisa mencatat pajak penjualan
(PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia. Bahkan, Zahir Accounting boleh
dikatakan satu-satunya software akuntansi yang menggunakan giro mundur.
Transaksinya juga bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920.000.000.000.000
(sembalian ratus dua puluh triliun). Bandingkan dengan produk impor yang
menggunakan dollar AS dalam transaksinya.
Hal ini pula yang menjadi acuan para
programmer Accurate dan Zahir Accounting untuk menggunakan standar akuntansi
yang berlaku di Indonesia.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Mungkin Accurate yang pertama menggunakan
database klien server untuk aplikasi UKM. Biasanya database yang menggunakan
klien server ini adalah aplikasi yang skala besar untuk kelas enterprise yang
harganya sangat mahal.Solusi bisnis yang terintegrasi beberapa produk software
akuntansi ini memang memiliki kelebihannya dan kekurangan masing-masing. Tidak
hanya produk lokal, produk asing pun, kendati memerlukan biaya yang relatif
besar, manfaat yang bisa di dapat perusahaan juga setimpal.
Lihat saja, misalnya, Oracle Software
Accounting. Software ini tidak hanya menampilkan transaksi-transaksi bisnis
untuk kemudian dilaporkan sebagai laporan keuangan. Namun, lebih dari itu.
Oracle menyiapkan solusi bisnis yang terintegrasi untuk semua bisnis di
perusahaan.
Soalnya, di perusahaan-perusahaan biasanya
terdapat fungsi dasar, seperti keuangan dan akuntansi, pemasaran dan penjualan,
produksi dan distribusi, general administration, dan human resource.
Fungsi-fungsi tersebut, apapun perusahaannya, tentu saling terintegrasi.
Misalnya, keuangan dan penjualan, human resource dan produksi.
Karena terintegrasi inilah kami menyebutnya
suite. Namun, perkembangan dari software akuntansi ini, di dunia aplikasi, itu
yang paling mature jika dibandingkan dengan sistem produksi, maintenance
peralatan, dan sistem distribusi.
Yang membedakan dengan Oracle Software
Accounting, kita tidak hanya mengakomodasi dari fungsi-fungsi perusahaan,
tetapi ada lagi yang namanya fungsi treasure. Apa bedanya fungsi treasure ini
dengan kas? Manajemen kas ini adalah salah satu fungsi dari treasure di
perusahaan. sebagai karyawan, juga bagian dari fungsi treasure ,Untuk
mengaplikasikan perangkat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1. sesuai dengan visi perusahaan yaitu visi ini
bersifat masa depan untuk kemudian dijabarkan strateginya sesuai dengan visi
tersebut.
2. harus ada pembenahan pada sistem.
3.
harus
mendevelop atau mengembangakan sumber daya manusianya.
Proses Penggunaan Software Akutansi
Saya akan mengambil salah
satu contoh program yaitu Microsoft acces. Yaitu salah satu software yang bisa
di gunakan dalam berbagai hal seperti akutansi
Langkah-langkahnya sebagai
berkut :
- Menyusun dasar
manajemen database perusahaan antara lain :
1.
Tabel Pegawai dengan ketentuan
jenis data sebagai berikut,hal ini di buat untuk membuat data-data
kepegawaian
2.
Kemudian adalah pembuatan table
table Pelanggan baik di dalam maupun luar negeri dengan ketentuan data sebagai
berikut, yaitu membuat data-yang bersangkutan dengan
data pelanggan
3.
Kemudian diminta untuk menyusun
table Gaji Dan Tunjangan dari masing-masing karyawan dan ketentuannya adalah, yaitu membuat rancanganyang di butuhkan dalam
pembuatan daftar gaji tiap karyawan
4.
Membuat manajemen table barang
yang diproduksi oleh perusahaan beserta harga per item, yaitu
membuat barang-barang apa saja yang kita produksi beserta harganya
5.
Kemudian menyusun penjualan
barang kepada pelanggan dengan ketentuan data sebagai berikut, lalu
kita membuat rancangan nota yang akan kita butuhkan dalam setiap proses
transaksi
6.
Dari data di atas kita
membutuhkan penjelasan mengenai pembelian yang di lakukan maka kita membutuhkan
penjelasan mengenai barang apa saja yang di beli maka dari itu pada bagian nota tidak di primary key karena akan timbul
beberapa data-data dengan nama yang sama
- Setelah membuat atau
menyusun manajemen database untuk masing-masing table yang diperukan di
atas tadi, kita diminta untuk menyusun form-form untuk mengisikan data
dari masing-masing table yang telah dibuat. Dan juga dengan menambahkan
logo perusahaan, nama perusahaan, alamat, telepon, serta command button
yang diperlukan.
·
FORM TABLE PEGAWAI
·
FORM TABLE PELANGGAN
·
FORM TABLE GAJI DAN TUNJANGAN
·
FORM TABLE BARANG
Keempat gambar di atas menampilakan hasil dari proses yang kami buat
sebelumnya untuk pemasukan data-data tertentu sesuai dengan ketentuan yang
berlaku
·
FORM PEMBELIAN PRODUK
Sebelum membuat form ini kita harus menggabungkan 2 table yaitu
table penjualan dan table penjualan detail seperti di bawah ini
lalu menjadi seperti ini
Dan hasil dari penggabungan 2 table tersebut seperti ini
hasil
ini menunjukan bahwa model di atas mendapat perlakuan berbeda dari yang lain
kerana setiap transaksi tidak akan selalu menampilkan satu jenis barang saja
- Kemudian mengisikan
data di masing-masing form.
- Membuat relasi untuk
masing-masing tabel.
Pada saat membuat relasi hanya 1 relasi saja Enforce Referential Intergrity yaitu pada saat relasi dari nota di
table penjualn ke nota di table penjualan detail
- Membuat query untuk
masing-masing form tetapi hanya yang diperlukan saja yaitu sebagai berikut
:
a)
Query Arus Barang Keluar yaitu
query yang berisikan : kode barang, nama barang, nota, jumlah seperti di bawah
ini dan hasilnya seperti ini
b)
Query Barang yang Telah Di
Kirim yaitu yang berisikan : nota, id_pelanggan, nama, tanggal_pesan,
kode_barang, nama_barang, telah_di_kirim seperti di bawah iniDan hasilnya seperti ini
c)
Query Bonus Seles Dari
Penjualan yaitu yang berisikan : nota, NIK, nama_sales, id_pelanggan,
nama_pelanggan, tanggal_pesan, total penjualan, bonus salas seperti di bawah
iniUntuk rumus total penjulan = Total Penjualan:
[Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah ,Untuk rumus bonus penjualan =
Bonus Sales: IIf([Table Pegawai]!Golongan="D";[Table
Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,05;IIf([Table
Pegawai]!Golongan="C";[Table Barang]!Harga*[Table Jual
detail]!Jumlah*0,04;IIf([Table Pegawai]!Golongan="B";[Table
Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah*0,02;IIf([Table
Pegawai]!Golongan="A";[Table Barang]!Harga*[Table Jual
detail]!Jumlah*0,01;0)))) , Dengan ketentuan golongan A,B,C, dan D mendapat 5%,
4%, 2%, dan 1% Dan hasilnya seperti ini
d)
Query Gaji Pegawai yaitu yang
Berisikan : NIK, Nama, Jenis_Kelamin, Jabatan, Status_Pegawai_Tetap, Golongan,
TGL_Lahir, TH_Masuk_Kerja, Alamat, Telepon, Kota, Gaji, Tunjangan_Keluarga,
Tunjangan_Jabatan, Tunjangan_Transport, Total Gaji Seperti Di Bawah Ini dan dan untuk
rumus total gaji = Total Gaji: [Gaji]+[Tunjangan_Keluarga]+[Tunjangan_Jabatan]+[Tunjangan_Transport]
Dan Hasilnya seperti ini dan ini
e)
Query Pegawai sales yaitu yang
berisikan : kode barang, seperti table pegawai hanya di bagian criteria di di
tulis Sales seperti di bawah ini Dan
hasilnya seperti ini
f)
Query Penjualan Barang yaitu
yang berisikan : nota, NIK, nama_sales, ID_pelanggan, Nama_pelanggan,
Tanggal_pesan, Jumlah, Harga_total seperti di bawah ini Dan hasilnya seperti ini dan Rumus
harga total = Total Harga: [Table Barang]!Harga*[Table Jual detail]!Jumlah
g)
Query pesenan Masing-masing
Negara yitu yang berisikan : Negara, ID_pelanggan, nama, Alamat, Kota, Nota,
Kode_barang, Nama_barang, Jumlah, dan Telah_di Kirim tapi bagian ini tidak di
tunjukan di bagian hasil seperti di bawah ini Dan
hasilnya seperti ini
Setelah menyelesaikan pembuatan query-query dari criteria yang
diperlukan maka selanjutnya diminta untuk membuat report untuk masing-masing query
yang telah kita buat, seperti :
h)
Laporan Barang Keluar
i)
Report Barang Yang Telah Di
Kirim
j)
Report Bonus Seles Dari
Penjualan
k)
Report Gaji Pegawai
l)
Report Daftar Pegawai Sales
m)
Report pemesanan Masing-masing
Negara
n)
Report Penjualan Barang
Pada bagian report jika ada laporan yang membutuhkan penjumlahan
maka dari itu kita harus membeda-bedakan bagian yang kira-kira hanya muncul
satu kali dengan priority dan setelah itu kita dapat menjumlah dengan
menggunakan summary opstions
- Langkah yang terakhir
adalah pembuatan switch board yang dilakukan melalui menu switchboard manager
Langkah berikutnya adalah membuat beberapa bagian dari main
switchboard yang ada gara menjadi lebih banyak dan bervariasi seperti di bawah
ini dengan new , Lalu
di masing-switchboard pages berisi sebagai berikut :
I.
Edit data Dan
pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Form in Edit
Mode
II.
Keluar Dan
pada saat membuat item pada bagian command menggunakan Exit Application
III.
Penjualan Barang Dan pada saat membuat item pada bagian
command masing-masing menggunakan Dan
IV.
Tambah Data Dan
pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Form in Add
Mode
V.
Tampilkan Laporan Dan
pada saat membuat item pada bagian command semua menggunakan Open Report Kecuali
pada saat item kembali ke menu utama dan tidak jadi keluar aplikasi mengunakan Go
to Switchboard dan menggunakan form menu utama
VI.
Untuk menampilkan switchboard
yang telah kita susun tadi agar muncul pada awal pertama kali membuka file kita
yaitu dengan mengikuti form berikut: lalu
Jenis-Jenis software akutansi
Sekarang dalam makalah ini saya memberitahukan kepada anda
jenis-jenis software akutansi diantaranya selain MYOB yang telah di jelaskan
sebelumnya yang digunakan beberapa perusahaan yaitu :
1.
Oracle
Oracle Corporation (NASDAQ: ORCL) adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007. Markasnya berada di Redwood City, California.
Oracle Corporation (NASDAQ: ORCL) adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007. Markasnya berada di Redwood City, California.
5.
LedgerPlus
Software akuntansi General Ledger (GL). Dilengkapi dengan built-in fungsi AR dan AP aging schedule.
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Dua pilihan kurs: Pajak dan Tengah BI.
° Otomatis perhitungan Saldo Awal, Saldo Akhir dan Revaluasi.
° Cost/Profit Center untuk cabang, divisi, proyek, dll.
° Penomoran account flexible hingga 30 digit.
° Periode akuntansi flexible bulanan, triwulan, tahunan.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Otorisasi (posting) hanya dapat dilakukan oleh accounting manager.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Software akuntansi General Ledger (GL). Dilengkapi dengan built-in fungsi AR dan AP aging schedule.
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Dua pilihan kurs: Pajak dan Tengah BI.
° Otomatis perhitungan Saldo Awal, Saldo Akhir dan Revaluasi.
° Cost/Profit Center untuk cabang, divisi, proyek, dll.
° Penomoran account flexible hingga 30 digit.
° Periode akuntansi flexible bulanan, triwulan, tahunan.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Otorisasi (posting) hanya dapat dilakukan oleh accounting manager.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.
6.
iOffice
Software akuntansi Penjualan, Pembelian, Persediaan Barang (Inventory) dan Produksi (Manufacturing).
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Fungsi Sales Order, Delivery dan Return.
° Fungsi Purchase Order, Receive dan Return.
° Terintegrasi dengan module GL, AR, AP (LedgerPlus).
° Dua pilihan inventory cost method: FIFO dan Average.
° Gudang lebih dari satu (multi warehouse).
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Software akuntansi Penjualan, Pembelian, Persediaan Barang (Inventory) dan Produksi (Manufacturing).
FEATURE UTAMA
° Transaksi dalam mata uang lokal dan asing (multi currency).
° Fungsi Sales Order, Delivery dan Return.
° Fungsi Purchase Order, Receive dan Return.
° Terintegrasi dengan module GL, AR, AP (LedgerPlus).
° Dua pilihan inventory cost method: FIFO dan Average.
° Gudang lebih dari satu (multi warehouse).
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia.
7.
NetLedger
FEATURE UTAMA
° Journal entry yang dapat di setup sesuai kebutuhan.
° Inquiry AR, AP aging schedule dan payment.
° Inquiry persediaan barang (inventory).
Cash Register
Sistem Point Of Sale (POS) berbasiskan Personal Computer (PC) untuk menggantikan fungsi mesin Cash Register. Cocok digunakan bagi toko dan mini market.
FEATURE UTAMA
° Persediaan barang (Inventory).
° Penjualan (Sales), Pembelian (Purchase) dan Produksi (Manufacture).
° Dapat diintegrasikan dengan mesin Barcode Reader.
° Print struk penjualan, laporan kartu stock, penjualan, pembelian, dll.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia
FEATURE UTAMA
° Journal entry yang dapat di setup sesuai kebutuhan.
° Inquiry AR, AP aging schedule dan payment.
° Inquiry persediaan barang (inventory).
Cash Register
Sistem Point Of Sale (POS) berbasiskan Personal Computer (PC) untuk menggantikan fungsi mesin Cash Register. Cocok digunakan bagi toko dan mini market.
FEATURE UTAMA
° Persediaan barang (Inventory).
° Penjualan (Sales), Pembelian (Purchase) dan Produksi (Manufacture).
° Dapat diintegrasikan dengan mesin Barcode Reader.
° Print struk penjualan, laporan kartu stock, penjualan, pembelian, dll.
° Laporan terintegrasi langsung dengan Microsoft Excel.
° Proteksi user, password dan hak akses program.
° Sangat mudah digunakan. Panduan dalam bahasa Indonesia
Manfaat Software
Akuntansi
Adapun beberapa manfat dari software akuntansi yaitu sebagai berikut :
1. Journal khusus tidak pernah diisi. User hanya mengisi transaksi
sebagaimana layaknya kita mencatat sebuah transaksi.
2. Semua subsidiary ledger juga akan di-update hingga ke detail-nya.
Contoh: Subsidiary untuk persediaan akan tercatat kuantitas, satuan, gudang,
dan informasi lainnya yang menyangkut persediaan.
3. Secara real time laporan akan tersaji segera setelah transaksi
berhasil diisi (untuk software tertentu, proses posting perlu dipicu oleh
sebuah menu).
4. Pengusaha tidak tahu membuat laporan keuangan sangat repot karena
mereka tidak tahu prosesnya dan saat ini dikerjakan oleh orang lain (staf
akuntingnya yang tahu).
5. Mempertimbangkan nilai investasi (harga) dari software mahal.
6. Mempertimbangkan nilai investasi (harga) dari software mahal.
7. Bekerja lebih cepat.
Kelemahan software akuntansi
Selain memiliki
keunggulan atau manfaat, pada dasarnya software akuntansi memiliki kelemahan
seperti :
- Bagi yang pernah mengerjakan akuntansi secara manual tentunya
tahu betapa sulitnya untuk menjalani siklus akuntansi secara lengkap.
Kekurangan apa saja yang akan terjadi apabila kita masih membuat laporan
keuangan secara manual?
- Lama, terutama bagi yang transaksi hariannya banyak
- Mudah terjadi kesalahan
- Apabila terjadi kesalahan, sulit untuk dicari letak
kesalahannya.
Bab 3
Kesimpulan
Dari penjabaran yang telah dijelaskan, saya dapat disimpulakan bahwa
dalam perusahaan yang besar sebaiknya menggunakan software akuntansi karena
dengan menggunakan ini dapat menghemat waktu atau dengan kata lain lebih
praktis. Namun dalam pemilihannya ada hal – hal yang harus kita perhatikan,
jangan asal terkenal kemudian kita langsung membelinya. Namun untuk perusahaan
yang baru merintis disarankan untuk dapat menggunakan jasa tailor made agar
software yang di inginkan sesuai dengan jenis dan system yang dinginkan.
Dan perlu kita menyadari
bahwa perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam teknologi informasi dan
komunikasi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini
dikatakan penting karena dunia usaha menuntut setiap jenis usaha mengikuti
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat secara up to-date.
Pesatnya perkembangan ini
membuat setiap orang yang terlibat dalam dunia usaha untuk selalu mengikuti
kemajuan teknologi ini.
Salah satu perkembangan
teknologi informasi dalam dunia usaha yang umum dipakai di dunia usaha di luar
negeri adalah Aplikasi Akuntansi Komputer, namun sayangnya teknologi informasi
ini masih belum umum untuk dunia usaha di Indonesia.
Walaupun pada dasarnya
setiap perusahaan mengolah data dengan cara yang sama namun besar kecil
perusahaan, jenis usaha dan teknologi yang digunakan serta pengaruh sumber daya
lainnya menyebabkan system akuntansi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya
berbeda.
Dengan
adanya software akunatnsi dinilai cukup praktis dalam pelaksanaan siklus
akuntansi nnamun pengguna software harus benar – benar mengetahui ara kerjanya
karena sedikit saja melakukan kesalahan maka dia harus mengulang dari awal
prose pekerjaannya.
0 comments :
Post a Comment