RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok : Gaya
waktu : 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A. Standar
Kompetensi :
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk
suatu benda
B. Kompetensi
Dasar
7.1
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah
gerak suatu benda
- Indikator pencapaian
kompetensi
Psikomotor
o Membuat daftar berbagai gerak benda.
Kognitif:
o Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas
akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.
D. Tujuan
Pembelajaran** :
Psikomotor
o
Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda
dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-
diam
-
begerak
makin cepat
-
berubah
arah
Ø
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Kerja keras,
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu.
Ø
E. Materi
Essensial
Gaya
Mempengaruhi Gerak
- Gaya mempengaruhi benda.
Pengaruh Gaya pada Gerak
Benda
Pernahkah kamu menonton pertandingan sepak
bola? Bagaimanakah gerak bola pada pertandingan itu? Bola yang ditendang akan
menggelinding atau terlempar. Apabila mengenai tiang gawang akan memantul
kembali. Maka, bola itu akan bergerak, tetapi arahnya berubah.
Bola basket yang dijatuhkan ke lantai akan mematul
kembali ke atas, kemudian jatuh lagi dan memantul lagi ke atas, demikian
seterusnya. Selama bergerak bola basket menerima gaya dan gaya tersebut
mengubah arah gerak bola. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: Gaya
dapat mengubah arah gerak suatu benda
F. Media
Belajar
o
BUKU BSE
o
Buku SAINS SD
Relevan Kelas IV
o
Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding
sekolah
- METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig saw
b. Pembelajaran koperatif
c. Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman
sebangku dan penegasan
b. Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengendalian
Diri
|
|||||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|||||
Fase 1
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan.
o Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah
gaya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
o Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda
diam menjadi bergerak
o
Tugas 7.1 (hlm.138)
o
Fase 2
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas 7.1
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
F Siswa dapat Memahami bahwa gaya yang diberikan pada benda memberikan
hasil yang bermacam-macam :
-
Diam
-
Berubah arahnya
-
Bertambah kencang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
o
Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat
mengakibatkan benda bergerak menjadi diam, bergerak makin cepat dan berubah
arah.
|
|
|
|
|
I. Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Kerja keras : Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o
Kreatif : Berpikir
dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu
yang telah dimiliki
o Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas
o Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
|
o
Membuat daftar
berbagai gerak benda.
o
Mendemonstrasikan
cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o
Mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi,
gerak di lantai yang datar karena dorongan.
|
Tugas Individu
dan kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o
Buatkanlah daftar berbagai gerak benda.
o
Jelaskanlah cara
menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o
Jelaskanlah faktor
yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak
di lantai yang datar karena dorongan.
|
- FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
- LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment