CONTOH RPP KUURIKULUM 2013 ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

Written By putrajunio on Tuesday, December 31, 2013 | 4:47 PM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah              :   ...................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/2
Materi Pokok                :   Gaya
waktu                            :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                          :   Ceramah

A.     Standar Kompetensi         :
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

  1. Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Membuat daftar berbagai gerak benda.
        Kognitif:
o   Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o   Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

D.     Tujuan Pembelajaran** :
Psikomotor
o   Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-   diam
-   begerak makin cepat
-   berubah arah

Ø                            Karakter siswa yang diharapkan :         
Ø  Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.
Ø                             
E.     Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Gerak
  • Gaya mempengaruhi benda.
Pengaruh Gaya pada Gerak Benda
Pernahkah kamu menonton pertandingan sepak bola? Bagaimanakah gerak bola pada pertandingan itu? Bola yang ditendang akan menggelinding atau terlempar. Apabila mengenai tiang gawang akan memantul kembali. Maka, bola itu akan bergerak, tetapi arahnya berubah.

Bola basket yang dijatuhkan ke lantai akan mematul kembali ke atas, kemudian jatuh lagi dan memantul lagi ke atas, demikian seterusnya. Selama bergerak bola basket menerima gaya dan gaya tersebut mengubah arah gerak bola. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: Gaya dapat mengubah arah gerak suatu benda

F.      Media Belajar
o   BUKU BSE
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah
  1. METODE PEMBELAJARAN          
Model :  a.Jig saw                 
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
    c. penegasan           

H.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengendalian
Diri

Kelas
Waktu
Penilaian

Fase 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F  Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
-   Kuda menarik delman
-   Menutup pintu
-   Menendang bola
-   Menarik tali bendera saat upacara
-   Tukang baso mendorong gerobak
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas 7.1 (hlm.138)
o    
Fase  2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 7.1
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
F  Siswa dapat Memahami bahwa gaya yang diberikan pada benda memberikan hasil yang bermacam-macam :
-       Diam
-       Berubah arahnya
-       Bertambah kencang
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda bergerak menjadi diam, bergerak makin cepat dan berubah arah.
  1. Pekerjaan Rumah






I.       Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki 
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
o  Membuat daftar berbagai gerak benda.
o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

Tugas Individu
dan kelompok



Laporan

Uraian Objektif



o  Buatkanlah  daftar berbagai gerak benda.
o  Jelaskanlah cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Jelaskanlah faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.


  1. FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


  1.  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................

  NIP :                                                                     NIP :

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KUURIKULUM 2013 ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:47 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu