RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas
/ semester : 1 / 2
Tema /
topik : Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke : 1
Semester :
2 (dua)
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap
Qur’an, Surat Alfatehah
2.1 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3..
Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2..
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh,
pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan
menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar
melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan
dan bermain di lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang
lain dengan penuh perhatian dan
mengajukan pertanyaan
4.3
Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun
ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda
saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun
ruang menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar ruah, sekolah, atau
tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau
media lainnya
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran
penjas.
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada
Tuhan
2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya,
bernyanyi, dan menari
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar
sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
C.
INDIKATOR
AGAMA
1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2. Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4. Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4. Melaksanakan tata tertib di
sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Bersikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3.
Mencontoh kata-kata dalam doa yang
didengar pada saat berdoa sendiri
4.
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5.
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Menyebutkan
kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8.
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10. Menyebutkan urutan peristiwa
11.
Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12.
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.
Berposisi
duduk secara benar
15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Menata dengan rapi benda-benda di
sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.
Memilih jenis tas, wadah atau tempat
yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.
Menceritakan
bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI
BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.
Memiliki kepekaan terhadap keindahan
alam hasil ciptaan Tuhan
2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan lingkungan sekitar
secara seksama
4.
merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
menunjukkan kepedulian pada alam
lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Mengenal judul lagu dan iringannya
D.
TUJUAN
1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari
– hari di sekolah.
3.
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.
Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6. Menata dengan rapi benda-benda di
lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau
lainnya)
9. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10. Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan lingkungan sebagai anugerah Tuhan
E.
MATERI
AGAMA
1. Bacaan do’a sebelum belajar
2. Bacaan do’a sesudah belajar
3. Sikap berdo’a sebelum belajar
4. Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang,
dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan
mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
rumah, siswa dapat
berperilaku patuh di sekolah.
3. Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam
kehidupan sehari hari di sekolah.
4. Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Sikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3.
Mencontoh kata-kata dalam doa yang
didengar pada saat berdoa sendiri
4.
Lafal teks doa
dengan jelas
5.
Lafal
& kata-kata teks doa dengan intonasi
yang sesuai
6.
Waktu
mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8.
lingkungan
sehat dan tidak sehat
9. Nama-nama tempat dalam cerita
10. Urutan peristiwa
11.
Kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12.
Lingkungan
sehat dan tidak sehat
13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.
Posisi
duduk secara benar
15. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Dengan mengamati cara penataan
benda di sekitar, siswa dapat menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2. Dengan mengamati benda-benda
di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda
atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Dengan mengamati benda siswa
dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI,
BUDAYA, DAN DESAIN
1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. Lingkungan sekitar secara seksama
4. Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Lagu Lihat Kebunku
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.
Mengajak
Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan
apa bedanya di kalau pagi
6.
Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada
pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan
kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menayangkan gambar
tentang lingkungan bersih dan
sehat dan lingkungan rumah yangtidak
bersih /tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah
sehat mencakup ciri-ciri:
·
Rumah kecil
dengan ventilasi cukup
·
Ada teras
rumah
·
Ada halaman
cukup
·
Taman mungil
yang asri
·
Tidak ada
sampah yang bertebaran
·
Di pojok
halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman (ember tempat air untuk
menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
·
Tidak
memiliki ventilasi yang cukup
·
Tidak memiliki
teras/berbatasan langsung dengan jalan raya
·
Tidak
memikliki taman atau tanaman hijau
·
Tidak
terdapat alat-alat kebersihan
·
Tidak
terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban
berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
|
2.
Bertanya
jawab tentang ciri-ciri rumah dan
halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar)
al:
·
Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan
sikap siswa dalam memberikan
klarifikasi tentang benar dan
tidaknya jawaban.
|
|
3.
Guru
menugaskan siswa untuk membaca TEKS
tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
4.
Diawali
dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya,
dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar),
semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
5.
Selanjutnya
menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·
(penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa
membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada
siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum
dilanjutkan kepada siswa yang lain
6.
Bertanya
jawab tentang makna bacaan / Teks (
menalar )
7.
Melalui
pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih
dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus
besar). (eksplorasi dan elaborasi,
menyimak dan menalar)
|
|
|
8.
Guru
mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32
siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor
merupakan penanda dari kelompok)
9.
Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
10.
Guru membagi
gambar kepada masing-masing kelompok
11.
Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar
dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar,
yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi,
elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
12.
Siswa
diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13.
Setelah
tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan
dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
|
|
|
|
Penilaian proses:
a.
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
tugas.
b.
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c.
Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar
untuk Example non Example
Kelompok
gambar kebersihan kelas
·
Gambar
kegiatan menyapu kelas
·
Gambar
kegiatan membersihkan debu
·
Gambar
kegiatan menata buku
·
Membersihkan
jendela kelas
Kelompok
gambar kebersihan rumah
·
Gambar
kegiatan menyapu rumah
·
Gambar
kegiatan mengepel lantai
·
Gambar
kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar
kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar
kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Keterangan:
Diharapkan
diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas,
rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan
lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan
bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan
berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari
sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
14.
Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis
gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
15.
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi
kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
|
16.
Mengajak
semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan
setelah belajar beberapa jam:
·
Guru
mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi
contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai
siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap
menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan
format pengamatan
|
|
|
17.
Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang
tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan
penyakit. Dsb
|
|
|
18.
Menugaskan
siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
19.
Guru dan
siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan
sehat
|
|
|
20.
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
Dilanjutkan
dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
4.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
|
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku Tematik Kelas
I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Video/slide/gambar tentang teknik
cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·
Gambar/contoh langsung karya
cetak dengan berbagai bahan alam dan
bentuk
·
Gambar/contoh langsung hasil karya
gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·
Buku kirigami (seni mengunting)
·
Buku Pengembangan Diri Anak
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui
Guru
Kelas 1
Kepala
Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP
............................................. NIP ........................................
0 comments :
Post a Comment