RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah           :
...........................
Mata Pelajaran          :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 6 (enam) / 2 (dua)
Alokasi Waktu           : 8 X 35 menit  ( 4
X Pertemuan )
I.      Standar Kompetensi  :  
5.  Menggunakan rumus dan fungsi pada program
pengolah angka 
II.    Kompetensi Dasar            : 
5.1  Mengenal  rumus fungsi =IF tunggal dan majemuk
III.   Tujuan
Pembelajaran**  :
Siswa mendemonstrasikan penggunaan fungsi =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal serta mengetahui perbedaan kedua fungsi tersebut.
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence ) 
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.  Materi Ajar (Materi Pokok) 
:  
Fungsi =IF 
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§   Kegiatan Awal
                        Berdo’a sebelum memulai
pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§    Kegiatan Inti
&   
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak materi dan mencatat hal-hal penting
yang dijelaskan.
F Siswa menyebutkan rumus umum fungsi =IF tunggal
dan =IF majemuk
F Siswa menyebutkan perbedaan fungsi =IF tunggal dan
majemuk
F Latihan menulis 
rumus fungsi =IF majemuk dalam beberapa contoh soal
F Siswa menuliskan PR
tentang penulisan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
&   
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
&   
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir 
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan Pretest secara lisan
F Merapikan kursi dan perangkat komputer 
F Berdo’a dan mengucapkan
salam  
§    Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti 
&   
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Membahas pekerjaan rumah tentang penulisan fungsi
=IF tunggal dan majemuk
F Latihan menuliskan rumus fungsi gabungan =IF
tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
F Pretest menyelesaikan
penulisan rumus gabungan =IF tunggal dan majemuk 
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
&   
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
&   
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir 
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F Merapikan kursi dan perangkat komputer 
F Berdo’a dan mengucapkan
salam  
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&   
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Demonstrasi praktek penyelesaian fungsi =IF
tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
&   
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan Latihan soal fungsi  =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa
contoh kasus soal.
&   
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir 
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F Merapikan kursi dan perangkat komputer 
F Berdo’a dan mengucapkan
salam  
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&   
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Demonstrasi praktek
penyelesaian fungsi gabungan  =IF tunggal
dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
&   
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan Latihan soal
fungsi  gabungan =IF tunggal dan =IF
majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
&   
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir 
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
Merapikan kursi dan
perangkat komputer 
Berdo’a dan mengucapkan
salam  
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 2, : Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
| 
   
     Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
:   Membedakan fungsi    =IF tunggal dan majemuk. 
:   Menuliskan bentuk    rumus fungsi =IF majemuk disertai contoh
  soalnya. 
:   Menyelesaikan latihan soal fungsi gabungan
  =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal. 
:   Mendemonstrasikan penyelesaian soal praktek
  rumus fungsi =IF tungal dan =IF majemuk. 
:   Menyelesaikan latihan soal praktek
  mengguna-kan fungsi i=IF tunggal dan =IF majemuk. 
 | 
  
   
Lisan / Tulisan 
 | 
  
   
Isian Uraian singkat 
 | 
  
   
:   Diketahui : L4  = 
  Berat badan  M4 = Tiket 
Ketentuan :Jika berat badan >=50 Kg, maka Tiket 20000Jika berat badan <50 Kg, maka tiket 15000
:   Diketahui : P4 = Tujuan  Q4 = Harga tiket 
Ketentuan :Jika tujuan “Jakarta” , maka harga tiket 200000Jika tujuan Bogor”, maka harga tiket 150000Jika tujuan “Purwakarta” , maka harga tiket 130000
:   Diketahui : M6 = Jam Rental  N6  =
  Biaya 
Ketentuan :Jika jam rental >= 4 jam maka biayanya 3000/jamJika jam rental < 4 maka biayanya 3500/jam
:  
  Diketahui
  : C3  = Jumlah beli  D3  = Total bayar 
            G3  = Discount 
Ketentuan :Jika jumlah beli >= 150, discountnya 5% dari total bayarJika jumlah beli >= 100, discounnya 3 % dari total bayarJika jumlah beli < 100, tidak ada discount.
:   Diketahui : F4 =  Jenis kelamin G4 = Keterangan      Ketentuan :Jika Jenis
  kelamin “L”, maka keterangannya Laki – lakiJika Jenis kelamin “P”, maka
  keterangannya Perempuan 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN
:
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                               ............, ......................20
...
          Mengetahui                                                                              
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel
TIK.
          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP
:
                            Anda sedang membaca artikel berjudul 
                            
0 comments :
Post a Comment