RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
1 – 5 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami
gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga
III.
Tujuan
Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menjelaskan tentang benua-benua.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengamatan Peta Asia Tenggara
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
F Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
F Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
F Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
F Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga
Negara-negara di Asia Tenggara.
F Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tenggara
F Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tanggara.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F Kesimpuan guru dan siswa
F Evaluasi
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menunjukkan pada peta letak dan nama
negara-negara tetangga Indonesia
§ Membandingkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara lain
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
§ Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga
§ Bandingkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara lain
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
informasi yang cukup bermanfaat.
ReplyDelete