Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
: memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda
·
Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak.
PKN
·
Memahami sikap demokratis
·
Menampilkan nilai-nilai
pancasila.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
·
Menyampaikan
pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
PKN
·
Mengenal
kegiatan bermusyawarah
·
Menghargai
suara terbanyak.
·
Menampilkan
sikap mau menerima kekalahan.
·
Mengenal
nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan
Pembelajaran**
PKN
·
Memahami
dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memahami
dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membiasakan
untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
·
Merasakan
manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur,
disiplin, lapang dada dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
·
Memahami
sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada
orang lain baik lisan maupuntulisan.
·
Menyalin
kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
·
Membuat
karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.Materi Pelajaran
PKN
·
Musyawarah.
·
Menghargai
pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
·
Sikap
lapang dada.
·
Nilai-nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
·
Menyampaikan
pesan pendek.
·
Menyalin
kalimat.
·
Menulis
karangan / puisi.
III. Metode Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
Demontasi
Penugasan
Kuis
Tanya jawab
PKN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pembiasaan
IV.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
- Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
F
Membaca
do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
F Menginformasikan
materi yang akan disampaikan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membacakan cerita yang bertemakan
musyawarah kemudian menceritakan secara global.
F
Guru
mendiktekan isi pesan.
F
Siswa
mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F
Siswa
mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung.
F
Guru
memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F
Guru
atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan
memperhatikan tanda baca.
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F
Siswa menulis
soal menyusun kalimat dengan
baik.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik
lisan maupun tulisan.
F Siswa ditugasi mendiskusikan suatu
permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan
bersama.
F Siswa dapat mengaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari.
F Guru mengambil sebuah kesimpulan dari
hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membaca secara bergilir dengan tema
yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
F Mengambil intisari dari bacaan tersebut
dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan
yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
F Siswa dapat mengambil intisari dari isi
kakawihan tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Penilaian
pekerjaan siswa secara tertulis.
F
Tanya jawab
materi yang telah disampaikan.
F
Pemberian
tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
- Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
F
Membaca do’a
dan mengabsen siswa.
F
Merapihkan tempat
duduk.
F
Mengadakan
pre test materi yang telah disampaikan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membagi
beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
F
Siswa maju ke
depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
F
Siswa
menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
F
Guru
memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
F
Siswa
mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai
pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar
kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
F
Guru
menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
F
Siswa
membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
F
Tanya jawab
sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon,
cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
F
Siswa
ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Penilaian
hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
F
Pemberian
tugas dan portofolio.
Pertemuan ketiga
- Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
F
Berdo’a dan
mengabsen siswa.
F Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menulis
kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
F
Siswa
menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
F
Penilaian
hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
F
Bercerita
yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
F Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk
mengungkapkan pendapatnya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
F
Menceritakan
akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
F
Mengisi skala
sikap yang diberikan guru.
F
Guru
memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
F
Siswa mempraktekan
cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F
Siswa membuat
percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Guru menilai hasil kerja siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Mengadakan
tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F
Memberikan
penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang
telah dilakukan siswa.
F
Memberikan
tugas atau PR
V. Alat dan Sumber belajar
F
Alat peraga
F
Buku panduan
Bahasa Indonesia, PKN.
F
Buku sumber
lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Bahasa Indonesia
PKN
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
·
Salin ke dalam hurup sambung
- Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam
cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut
sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi :
“ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi :
“………………….”.
Arman : “…………………..”.
|
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP/NIK
: -
|
PPAI Kec
NIP
|
,……..
2011
Guru
Tematik Kelas II
NIP/NIK
: -
|
0 comments :
Post a Comment