RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA : KEPERLUAN SEHARI – HARI
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
§ Mengenal pentingnya harga diri
|
IPS
|
:
|
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
IPA
|
:
|
§ Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa
gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Matematika
|
:
|
§ Mengenal pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
§ Menirukan dialog dengan eksperimen yang
tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§ Menceritakan peristiwa yang pernah
dialami, dilihat atau didengar
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan
tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§ Menulis karangan sederhana berdasarkan
gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi harga diri
§ Siswa dapat menjelaskan kelebihan harga
diri manusia dari makhluk lain
§ Siswa dapat mengasumsikan manusia
sebagai makhluk Tuhan
§ Siswa dapat memberi alasan mengapa
manusia penting memiliki harga diri
§ Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat mengenal jenis-jenis
pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§ Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
pekerjaan yang menghasilkan barang
§ Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis
pekerjaan yang mengutamakan jasa
§ Siswa dapat membuat daftar pekerjaan
orang tua kelas 3
§ Siswa dapat menyebutkan manfaat semangat
kerja
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak
benda melalui percobaan
§ Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal
yang mempengaruhi gerak benda
§ Siswa dapat membuat daftar kegunaan
gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§ Siswa dapat menerapkan berbagai gerak
benda untuk berbagai keperluan
§ Siswa dapat menjelaskan pentingnya
menghemat energi
§ Siswa dapat memberi contoh cara
menghemat energi di lingkungan rumah
§ Siswa dapat menerapkan cara menghemat
energi di sekolah
§ Siswa dapat menyebutkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menyajikan gambar dengan
menuliskan pecahannya
§ Siswa dapat membilang pecahan dengan
kata-kata
§ Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§ Siswa menuliskan pecahan dengan
kata-kata
§ Siswa membilang pecahan dengan lambang
§ Siswa membandingkan dua buah pecahan
§ Siswa menggunakan pembanding lebih atau
tanda pembanding
§ Siswa menggunakan pembanding kurang dari
atau tanda pembanding
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa menanggapi masalah yang terjadi di
sekitar kita
§ Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§ Siswa menanggapi secara lisan masalah
yang kita dengar
§ Siswa menirukan penggalan percakapan
dari cerita yang dibaca
§ Siswa memberikan pendapat / perasaan
dari hal-hal yang didengar siswa
§ Siswa menceritakan kembali peristiwa
yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Siswa menjelaskan secara terperinci
suatu tempat
§ Siswa menjelaskan urutan perjalanan
menuju suatu tempat
§ Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan
yang dibaca
§ Siswa menggunakan tanda koma di depan
bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Siswa menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Siswa menjelaskan secara lisan dongeng
yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III. MATERI
POKOK
1. PKn
§ Kekayaan alam Indonesia
§ Harga diri
§ Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak
benda
F
Siswa
mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
F Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
F
Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
F
Guru
menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
F Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
F
Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
F
Guru
melukiskan lambang pecahannya
F Siswa membilang dengan kata-kata
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Siswa
membaca bacaan dengan seksama
F
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan
F Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
F
Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis
pekerjaan
F
Guru
menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh swasta dan pemerintah
F Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola aleh swasta
Matematika
F
Siswa
menggambar bangun datar yang
melambangkan pecahan
F
Siswa
menuliskan lambang pecahannya untuk
tiap-tiap gambar
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di
depan bilangan persepuluhan
F
Siswa
menggunakan tanda koma dalam kalimat yang ada bilangannya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
F
Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang
pecahan
F
Siswa
membilang dan membaca lambang pecahan
F Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
F
Guru
dan siswa mengidentifikasi hal-hal
yang mempengaruhi gerak benda
F
Siswa
menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan permukaannya
F Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F
Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
F
Siswa
menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan
yang menunjukkan jumlah
IPS
F
Siswa
menunjukkan jenis pekerjaan yang
bergerak di bidang jasa
F Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
F Siswa mencatat jenis pekerjaan
baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun wiraswata
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan
sehari-hari
F Siswa membuat daftar benda dan kegunaanya
F Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
F
Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
F
Guru
menjelaskan mengapa manusia penting memiliki harga diri
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
F
Guru menyajikan nilai pecahan
F
Siswa
menentukan nilai pecahan dengan gambar
F Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Guru membacakan sebuah cerita
F
Siswa
mendengarkan dan menanggapi cerita guru
F Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
F
Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
F
Siswa
membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
F Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
F
Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
F
Siswa
menentukan benar atau salah nilai pecahan sesuai gambarnya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Beberapa
siswa menceritakan pengalaman di sekitar sekolah di depan kelas
F Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
F Siswa menanggapi maslah yang
didengarnya secara lisan
Matematika
F
Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat
berikut gambarnya
F
Siswa membaca
pecahan seperdua, seperempat, dua perempat, tiga perempat
F Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
F
Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai
keperluannya
F
Siswa
menyebutkan contoh dari gerak benda di air
F Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia , IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu
cerita
F
Siswa
menirukan penggalan percakapan dari sebuah cerita
F Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
F
Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain
tentang pekerjaan orang tua
F
Siswa
mencatat jenis pekerjaan orang tua kelas 3
F Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru
menjelaskan pentingnya menghemat energi
F
Guru
menjelaskan bahwa sumber daya alam merupakan salah satu cara menghemat energi
F Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
F
Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup
bermasyarakat
F Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
F
Siswa mengisi
lambang pecahan yang ditunjukkan oleh bagian yang diarsir
F Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mengemukakan pendapat
secara lisan tentang cerita yang didengar
F
Siswa
memberikan saran atas pendapat teman
lain
F Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
F
Siswa
mengidentifikasi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
F
Guru
menanggapi pendapat siswa
F Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
F
Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
F
Guru dan
siswa menuliskan kalimat matematikanya pada gambar
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Siswa
menceritakan pengalaman yang
menyenangkan
F
Siswa
menceritakan pengalaman secara tertulis
F Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Matematika
F
Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau
lebih dari
F
Siswa
menggunakan tanda pembanding pada dua gambar yang berbentuk sama
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
F
Siswa
memberikan contoh cara penghematan
energi di rumah
F
Guru
menaggapi pendapat siswa
F Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang dibaca
siswa
F
Siswa
menjawabnya secara tertulis
F Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
F
Guru
menjelaskan bagaimana cara menjaga semangat belajar
F
Siswa
menyebutkan cara mengatasi kemalasan
F Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F
Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
F
Guru dan
siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasi harga diri
§ Menjelaskan kelebihan harga diri manusia
dari makhluk lain
§ Mengasumsikan manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Memberi alasan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
§ Menyebutkan cara menjaga harga diri
dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada
di lingkungan sekitar rumah
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas
3
§ Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan
§ Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak benda
§ Membuat daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§ Memberi contoh cara menghemat energi di
lingkungan rumah
§ Menerapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Menyebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Menyajikan gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Membilang pecahan dengan kata-kata
§ Menuliskan pecahan dengan lambang
§ Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Membilang pecahan dengan lambang
§ Membandingkan dua buah pecahan
§ Menggunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Menggunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Menanggapi masalah yang terjadi di
sekitar kita
§ Mendengarkan pembacaan cerita
§ Menanggapi secara lisan masalah yang
kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Menceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Menjelaskan secara terperinci suatu
tempat
§ Menjelaskan urutan perjalanan menuju
suatu tempat
§ Menjawab pertanyaan dari bacaan yang
dibaca
§ Menggunakan tanda koma di depan bilangan
persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Menggunakan tanda titik untuk memisahkan
bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§
Menjelaskan
secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah harga diri
§ Jelaskanlah kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§ Jelaskanlah manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Jelaskanlah alasan mengapa manusia
penting memiliki harga diri
§ Sebutkan cara menjaga harga diri dalam
hidup bermasyarakat
IPS :
§ Jelaskanlah jenis-jenis pekerjaan yang
ada di lingkungan sekitar rumah
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Buatkanlah daftar pekerjaan orang tua
kelas 3
§ Sebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Jelaskanlah berbagai gerak benda melalui
percobaan
§ Jelaskanlah hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda
§ Buatkanlah daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Terapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Jelaskanlah pentingnya menghemat energi
§ Sebutkanlah contoh cara menghemat energi
di lingkungan rumah
§ Terapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Sebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Jelaskanlah gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan kata-kata
§ Tuliskan pecahan dengan lambang
§ Tuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan lambang
§ Bandingkan dua buah pecahan
§ Gunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Gunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Bagaimana cara menanggapi masalah yang
terjadi di sekitar kita
§ Jelaskanlah isi cerita
§ Bagaimana cara menanggapi secara lisan
masalah yang kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Ceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Jelaskanlah secara terperinci suatu
tempat
§ Jelaskanlah urutan perjalanan menuju suatu tempat
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma di depan
bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Jelaskanlah cara Menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Jelaskanlah cara Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Jelaskanlah secara lisan dongeng yang dibaca dengan
kata-kata sendiri
· LKS
· Lmbar observasi.
|
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
0 comments :
Post a Comment