RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1- 3
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Melakukan operasi hitung
pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Mengenal
berbagai bentuk pecahan
§ Menyederhanakan
pecahan
§ Mengurutkan
pecahan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam pecahan yang telah dipelajari pada kelas
sebelumnya
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan
pecahan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas
berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat
diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan
ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika SD
untuk Kelas VI 6B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Kertas berlipat
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal berbagai bentuk pecahan
o Menyederhanakan pecahan
o Mengurutkan pecahan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Isian
|
o
o 0,8 -
o 125 x 7
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Melakukan Operasi Hitung
Pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.
C.
Tujuan
Pembelajaran** :
Peserta didik dapat :
§ Mengubah suatu
pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
§ Membulatkan
pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke 1-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan pecahan yang
telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menuliskan berbagai bentuk
bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas
berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat
diambil dari kehidupan sehari-hari
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah
dibahas bersama-sama kemudian memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika SD
untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Isian
|
a. bila diubah menjadi
pecahan desimal adalah ....
b. Pecahan campuran dari bilangan adalah ....
c. Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari bilangan 5adalah ....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment