CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2

Written By putrajunio on Monday, January 6, 2014 | 8:39 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1- 3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam   pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Mengenal berbagai bentuk pecahan
§  Menyederhanakan pecahan
§  Mengurutkan pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-       Apresepsi/ Motivasi
-       Mengingatkan kembali tentang macam-macam  pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Kertas berlipat

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal berbagai bentuk pecahan
o  Menyederhanakan pecahan
o  Mengurutkan pecahan

Tugas Individu
dan Kelompok

Isian

o 
o  0,8 -
o  125 x 7
o  dst.

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-5
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
Peserta didik dapat :
§  Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
§  Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-       Apresepsi/ Motivasi
-       Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menuliskan berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma



Tugas Individu dan Kelompok



Isian

a.    bila diubah menjadi pecahan desimal adalah ....
b.   Pecahan campuran dari bilangan  adalah ....
c.   Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari bilangan 5adalah ....

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 8:39 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu