Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A.
Standar Kompetensi
B. Indonesia
¨ Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan
¨ Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi
dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
¨ Memehami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati
¨ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan
benda di sekitar dan menyalin puisi anak
IPS
¨ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan tetangga
IPA
¨ Mengenal berbagai sumbar energi yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
¨
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
¨
Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang
terapung di air.
B.
Kompetensi Dasar
B. Indonesia
¨ Menyampaikan pesan pendek yang
didengarkannya kepada orang lain.
¨ Menceritakan kembali isi dongeng yang di
dengarkan.
¨ Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
¨ Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
¨ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi.
IPS
¨ Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota keluarga.
¨ Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan
peran dalam anggota keluarga.
¨ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga.
IPA
¨ Mengidentifikasikan sumber-sunber energi
(panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
¨ Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
¨
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
¨ Berkreasi dengan cat warna.
C.
Tujuan Pembelajaran**
B. Indonesia
¨ Siswa dapat menulis pesan ke dalam
beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
¨ Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai
dengan isi cerita yang didengarkan.
¨ Siswa dapat membaca lancar dengan dengan
pemahaman teks cerita agak panjang.
¨ Siswa dapat menulis pengalaman dengan
huruf sambung yang benar.
IPS
¨ Siswa dapat memahami pentingnya memelihara
dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨ Siswa dapat memahami cara memelihara
dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨ Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri
sendiri dan keluarga.
IPA
¨ Siswa dapat menunjukkan sumber panas,
bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
¨ Siswa dapat membedakan panas matahari
pagi, siang dan sore hari.
¨ Siswa dapat memahami kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
¨ Siswa dapat memahami adanya kedudukan
matahari pagi, siang dan sore hari.
SBK
¨ Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah
pembuatan cat warna dari bahan buatan.
¨ Siswa dapat memilih bahan buatan yang
dapat dibuat cat warna.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D.
Materi Pokok
¨ Teks berisi pesan pendek.
¨ Bercerita tentang dongeng.
¨ Menceritakan yang didengarkan.
¨ Teks panjang 20 – 25 kalimat.
¨ Puisi menggunakan huruf sambung.
¨ Dokumen diri dan keluarga.
¨ Pengalamam diri sendiri dan keluarga
¨ Lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah
¨ Sumber energi dan kegunaannya
¨ Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi
alam dan kehidupan di bumi
¨ Kegunaan panas matahari dalam kehidupan
sehari-hari
¨ Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan
cat warna dari bahan alami dan buatan
E.
Metode Pembelajaran
¨ Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian
tugas, tanya jawab.
F.
Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
·
Merapikan
siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
·
Test awal pelajaran (pre test).
Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat
menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
F Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan
cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
F
Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang pesan, siswa dapat
menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
F
Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas,
bunyi, dan cahaya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan cerita
yang dibacakan guru dan menyampaikan
pertanyaan sesuai isi cerita.
F Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen.
F Menulis dan membuat
kalimat sederhana.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Tugas
portofolio, mengkliping gambar alat rumah tangga elektronik (perorangan /
perkelompok)
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman
masing-masing.
F
Mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari
bahan buatan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke II
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat
menceritakan kembali cerita yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
F
Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks cerita
agak panjang.
F
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Dengan
penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang
benar.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Dengan membaca dalam hati, siswa dapat
menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan cerita guru siswa dapat
membaca lancar dengan intonasi yang benar.
F
Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan
bahan cat warna dari bahan alami.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke III
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa menulis/mencatat
pesan pendek yang disampaikan orang lain.
F
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat
menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat
adik baru).
F
Melalui
penjelasan guru dan pengamatan gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu
menceritakan keadaan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia). 2 x 35
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui penjelasan guru , siswa mampu
mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan
bercerita.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru, siswa membacakan puisi
dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
F
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mendemontrasikan cara pembuatan /
mengkombinasikan cat warna
dari bahan buatan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
F
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan
alami.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran /
post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.
G.
Alat dan Sumber Belajar
F
Alat peraga
F
Buku panduan
Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
F
Buku sumber
lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
H. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
·
Mencatat isi pesan.
·
Menulis pesan ke dalam
beberapa kalimat.
·
Menyampaikan pesan secara
lisan kepada orang lain.
·
Menyampaikan pertanyaan
sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan kembali cerita
yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Membaca lancar dengan pemahaman
teks cerita agak panjang .
·
Menjelaskan isi teks yang
telah dibaca dalam hati.
·
Menulis pengalaman dengan huruf
sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
IPS
·
Menunjukkan dokumen diri dan
keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang
terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan
akte).
·
Menjelaskan pentingnya
memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Mencari sumber yang
menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·
Menunjukkan sumber yang
menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·
Memberikan contoh jenis
energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Menceritakan kedudukan
matahari (pagi, siang dan sore hari).
·
Membedakan panas matahari
pada pagi, siang dan sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan
antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas
dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan pengaruh panas
dan cahaya matahari terhadap manusia.
SBK
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
B. Indonesia
·
Bagaimana cara mencatat isi
pesan.
·
Bagaimana cara Menulis pesan
ke dalam beberapa kalimat.
·
Bagaimana cara menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Bagaimana cara menyampaikan
pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Ceritakan kembali cerita yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Bacakanlah lancar dengan pemahaman
teks cerita agak panjang .
·
Jelaskanlah isi teks yang
telah dibaca dalam hati.
·
Bagaimana cara Menulis
pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
IPS
·
Tunjukkan dokumen diri dan
keluarga.
·
Ceritakan peristiwa yang
terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan
akte).
·
Jelaskan pentingnya
memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Bagaimana cara Mencari sumber
yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·
Tunjukkan sumber yang
menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·
Sebutkanlah contoh jenis
energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Ceritakan kedudukan matahari
(pagi, siang dan sore hari).
·
Bedakan panas matahari pada
pagi, siang dan sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan
antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sebutkan pengaruh panas dan
cahaya matahari terhadap manusia.
SBK
·
Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP/NIK
: -
|
PPAI
Kec.
NIP.
|
,………
2011
Guru
Tematik Kelas II
NIP/NIK
: -
|
0 comments :
Post a Comment