Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Kelas / Semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema :
Kesehatan
Waktu : 2
Minggu
Standar Kompetensi
B. Indonesia
Mendengarkan
–
Memahami
pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
–
Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
–
Memahami wacana tulis dengan
membaca nyaring dan membaca dalam hati
–
Menyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.
IPA
–
Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari
dalam kehidupan sehari-hari
IPS
–
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
Kompetensi Dasar
B. Indonesia
–
Menyampaikan
pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
–
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
–
Membaca
nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi
yang tepat.
–
Meyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.
IPA
–
Mendeskripsikan kegunaan panas
dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
–
Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
A. Tujuan Pembelajaran**
B. Indonesia
- Siswa dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
- Dapat menjelaskan cirri-ciri binatang secara rinci
- Siswa dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
- Siswa dapat menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
- Siswa dapat membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan
IPA
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
- Dapat menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
- Memperagakan alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
IPS
- Dapat menyebutkan beberapa contoh cara memelihara lingkungan
- Dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
- Dapat mempraktekan cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan lingkungan
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B. Materi Ajar (Materi Pokok)
–
Membaca dan menulis kalimat
sederhana
–
Sumber energi dan kegunaannya
–
Pengaruh
sinar matahari terhadap kondisi alam danlingkungan di bumi
–
Kebersihan lingkungan di
sekitar rumah
C. Metoda Pembelajaran
–
Ceramah,
latihan, demontrasi, pemberian tugas, Tanya jawab.
D. langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apresepsi/
Motivasi :
–
Berdo’a,
mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
–
Pre test
Kegiatan Inti
Minggu
ke I. (B. Indonesia, IPS,
Matematika) 3 x 35’
Pertemuan
Pertama
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa
dapat mencatat isi pesan yang bertemakan kesehatan.
F Menjelaskan beberapa contoh tentang
memelihara lingkungan dan dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara
membersihkan lingkungan sekitar dengan
cara bekerjasama
Pertemuan Kedua ( B. Indonesia, IPA, Matematika) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks dengan intonasi dan pelapalan
yang benar serta dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
F Melalui penjelasan guru tentang kegunaan
panas dan cahaya matahari diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan sinar matahari seperti :
untuk mengeringkan pakaian.
Pertemuan Ketiga (B. Indonesia,
Matematika) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah menyimak bacaan diharapkan siswa
dapat menyempurnakan kalimat, dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi
bacaan
F Melalui penjelasan guru tentang cara
penulisan hurup kapital yang benar seperti nama orang, nama kota, awal kalimat, diharapkan siswa
dapat menerapkannya dalam penulisan atau menyalin kalimat.
Pertemuan Keempat (B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempraktekkancara kerjasama dalam
memelihara dan membersihkan lingkungan sekitar
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak
bersambung.
Pertemuan Kelima (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dan menyusun kalimat
F
Melaluipenjelasan
guru mengenai cara menyusun karangan
sederhana diharapkan siswa mampu menuangkannya
dalam tulisan yang baik dan benar.
Pertemuan Keenam
(B. Indonesia, IPA) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengaruh yang timbul dari
sinar matahari diantaranya yaitu jika badan terus menerus terkena sinar
matahari maka akan menjadi hitam, jika melihat matahari langsung maka akan
merusak mata. Untuk menghindari ini semua maka perlu menggunakan pelindung
seperti paying, kacamata dan yang lainnya.
F Membuat sebuah karangan yang dibantu
dengan gambar untuk memeudahkan anak dalam berkarya.
Minggu ke 2
Pertemuan
ke pertama (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan
guru yaitu menulis dengan menggunakan huruf kapital.
F Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
guru yaitu menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan huruf sambung.
F Siswa menyusun kalimat acak menjadi
kalimat yang sempurna
F Guru menjelaskan tentang keadaan
lingkungan alam dan buatan
F Siswa mendengarkan, menyimak dan
menanggapi penjelasan guru melanjutkan materi sebelumnya.
F Siswa memberikan contoh cara memelihara
dan menjaga lingkungan alam di sekitar rumah baik secara lisan maupun tertulis.
Pertemuan ketiga (B.
Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menugaskan siswa untuk
melanjutkan ke materi berikutnya.
F Siswa menulis karangan pendek dengan
melanjutkan cerita yang sudah disediakan.
F Siswa membacakan hasil karangannya didepan
kelas untuk ditanggapi.
F Guru menugaskan siswa untuk menceritakan
pengalamannya membersihkan lingkungan di sekitar rumah
F Siswa menceritakan secara lisan
pengalamannya membersihkan lingkungan disekitar rumah
Pertemuan keempat (IPA) 2 x
35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan
materi tentang kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
melanjutkan materi sebelumnya.
F Siswa menyimak dan menanggapi penjelasan
guru
F Siswa menyebutkan kegunaan panas, dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dan makhluk hidup
lainnya
F Siswa menyebutkan akibat atau pengaruh
yang ditimbulkan dari panas dan cahaya matahari serta memperagakan cara
menghindarinya.
Pertemuan
kelima (B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan
disampaikan yaitu memperagakan percakapan.
F Siswa memperagakan percakapan didepan
kelas dengan tema kesehatan.
F Siswa menyebutkan tokoh dalam teks
percakapan tersebut.
F Siswa menjawab pertanyaan teks percakapan tersebut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F
Tanya jawab
F
Kesimpulan
F
Tes tertulis
E. Alat dan Sumber Belajar
–
Buku panduan B. Indonesia,
Sains, IPS,.
–
Buku
sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar
–
Alat peraga
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
IPA
IPS
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
IPA
IPS
·
LKS, Lembar observasi
|
VI.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP/NIK
: -
|
PPAI
Kec.
NIP.
|
,……….
2011
Guru
Tematik Kelas II
NIP/NIK
: -
|
0 comments :
Post a Comment