RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
: V / 2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca
QS Al Ma’un dan Al Fil
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat
membaca QS Al Ma’un dan Al fil dengan harakat dan
makhraj yang benar
2. Siswa dapat membaca QS Al Ma’un dan Al Fil dengan menerapkan
hukum bacaan (tajwid) yang benar
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Surah Al Ma’un dan Al Fil
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih melafalkan QS Al Lahab dan Al
Fil dengan harakat
dan makhraj yang benar
2. Siswa
mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang
hukum bacaan yang ada pada
Surah Al Ma’un dan Al Fil
3. Siswa berlatih melafalkan QS Al Ma’un dan Al
Fil dengan
menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pengantar melalui asabaun nuzul dari
materi yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan
dengan bahan ajar yang
disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan
harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu denga
F Siswa diperkenalkan tentang hukum bacaan
(tajwid) yang ada pada Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa melafalkan Surah Al M’un dan Al Lahab
dengan menerapkan hukum bacaan yang benar, dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta untuk melafalkan kembali Surah Al
Ma’un dan Al Fil dengan harakat, makhraj, serta hukum bacaan yang benar
F
Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum
bacaan yang telah dipelajari
|
|
|
|
|
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks
Surah Al Ma’un dan Al Fil di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam
3. Buku tajwid
4. Kaset/CD tentang Alquran
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Membaca QS Al Ma`un
dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar
Ø Mengulang-ulang
membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
1.
Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil sesuai dengan harakat dan
makhraj yang benar!
2.
Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil dengan hukum bacaan yang ada
padanya! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 Ntr Esis hal )
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v
Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
0 comments :
Post a Comment