CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

Written By putrajunio on Friday, January 3, 2014 | 6:03 PM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   IV (Empat)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu               :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
C. Indikator Pencapaian kompetensi
Psikomotor
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
Kognitif:
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum

D.Tujuan Pembelajaran
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif.
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§  Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§  Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
§  Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

E. Materi Ajar
§  Pengertian pemerintah.
§  Komponen pemerintahan di Indonesia.


Lembaga-lembaga Negara dalam Susunan Pemerintahan Pusat

Setiap negara mempunyai bentuk dan sistem pemerintahan sendiri-sendiri. Ada yang berbentuk kerajaan dan ada pula yang berbentuk republik. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut
Undang-Undang Dasar.
Sedangkan sistem pemerintahan suatu negara disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing. Untuk menyelenggarakannya, dibentuklah lembaga negara di Indonesia, yaitu seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst


F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.

G.METODE PEMBELAJARAN  
Model :  a.Jig saw                
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
    c. penegasan
H. Langkah-langkah Kegiatan
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
§  Fase 1-2
§  Kegiatan Awal
Apersepsi :
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
     Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
     Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
F Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif (presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.







I.Sumber/Bahan Belajar
§  BUKU BSE
§  Buku paket 
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

J. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum

Tugas individu
Tugas kelom-pok

§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  
§ Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?





K.Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 6:03 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu