RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
C. Indikator Pencapaian kompetensi
Psikomotor
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
Kognitif:
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
D.Tujuan Pembelajaran
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan.
Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga
legislatif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§ Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa
Keuangan.
§ Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan
Umum.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
E. Materi Ajar
§ Pengertian pemerintah.
§ Komponen pemerintahan di Indonesia.
Lembaga-lembaga Negara dalam Susunan
Pemerintahan Pusat
Setiap negara
mempunyai bentuk dan sistem pemerintahan sendiri-sendiri. Ada yang berbentuk
kerajaan dan ada pula yang berbentuk republik. Negara Indonesia adalah negara
kesatuan yang berbentuk republik. Kedaulatan ada di tangan rakyat dan
dilaksanakan menurut
Undang-Undang
Dasar.
Sedangkan sistem pemerintahan suatu negara
disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing. Untuk menyelenggarakannya,
dibentuklah lembaga negara di Indonesia, yaitu seperti MPR, DPR, Presiden, MA,
MK, dan BPK, dst
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
G.METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig
saw
b. Pembelajaran
koperatif
c.
Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan
penegasan
b.
Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H. Langkah-langkah
Kegiatan
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
§ Fase 1-2
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali
pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Mengajak siswa untuk
menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan
yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang
akan dibahas.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami
pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
F Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat
pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara
tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif
(presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK
dan Komisi Pemilihan Umum.
F Mengajak siswa menyimak
“Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui
“Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil
pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan
sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam buku kerja/buku paket PKn.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
|
|
|
|
I.Sumber/Bahan Belajar
§ BUKU BSE
§ Buku paket
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
J. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
|
Tugas
individu
Tugas
kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§
|
§ Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?
|
K.Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment