RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja
sama negara-negara ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
pendiri ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan negara-negara
anggota ASEAN.
§ Siswa mampu menjelaskan arti lambang
ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas pokok
sekretariat nasional ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah
konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk
kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§ Membuat kliping dengan teman kelompoknya
masing-masing.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Sejarah ASEAN
§ Lambang ASEAN
§ Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama
ASEAN
§ Dasar-dasar verja sama untuk mencapai
tujuan pokok
§ Struktur sekretariat ASEAN
§ Bidang politik dan keamanan
§ Bidang ekonomi
§ Bidang sosial budaya
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§ Kegiatan Awal
F
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Membagikan lembar ujian yang sudah
diperiksa dan dinilai.
F Membahas sekilas soal-soal ujian pada
pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama
antarnegara di Asia Tenggara.
F Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan
meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
F Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara
ASEAN beserta ibu kotanya.
F Bersama-sama menyebutkan pemimpin
negaranya.
F Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
F Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta
seluruh siswa untuk mengamatinya.
F Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
F Membahas struktur ASEAN.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
F Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN
dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan
bidang sosial.
F Mendiskusikan dampak ASEAN bagi
negara-negara anggotanya.
F Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan
kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
F
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Peta ASEAN.
§ Gambar lambang ASEAN.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan
pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan
nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan
negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan
arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan
nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan
tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan
langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan
contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian
tulisan.
§ Penilaian
lisan
|
§ Menggambar
peta ASEAN.
§ Menjelaskan
arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
§ Sebutkan
pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan
nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Sebutkan
negara-negara anggota ASEAN.
§ Jelaskan
arti lambang ASEAN
§ Sebutkan
nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan
tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Sebutkan
langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Sebutkan
contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Sebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Sebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment