RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI
(Enam)
Semester               :   II (Dua)
Alokasi Waktu               :       4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
A.   
Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja
sama negara-negara ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
pendiri ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan negara-negara
anggota ASEAN.
§  Siswa mampu menjelaskan arti lambang
ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan tugas pokok
sekretariat nasional ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah
konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk
kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§  Membuat kliping dengan teman kelompoknya
masing-masing.
v 
Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.    
Materi Ajar
§  Sejarah ASEAN
§  Lambang ASEAN
§  Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama
ASEAN
§  Dasar-dasar verja sama untuk mencapai
tujuan pokok
§  Struktur sekretariat ASEAN
§  Bidang politik dan keamanan
§  Bidang ekonomi
§  Bidang sosial budaya
C.   
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.
D.   
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§  Kegiatan Awal
F
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran 
F Membagikan lembar ujian yang sudah
diperiksa dan dinilai.
F Membahas sekilas soal-soal ujian pada
pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama
antarnegara di Asia Tenggara.
F Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan
meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
F Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara
ASEAN beserta ibu kotanya.
F Bersama-sama menyebutkan pemimpin
negaranya.
F Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
F Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta
seluruh siswa untuk mengamatinya.
F Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
F Membahas struktur ASEAN.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
F Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN
dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan
bidang sosial.
F Mendiskusikan dampak ASEAN bagi
negara-negara anggotanya.
F Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan
kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
&
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
 Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
F
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.    
Sumber/Bahan Belajar
§  Peta ASEAN.
§  Gambar lambang ASEAN.
§  Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Surat Kabar, dst.
F.    
Penilaian 
| 
   
Indikator
  Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/
  Soal 
 | 
 
| 
   
§ Menyebutkan
  pengertian kerja sama negara-negara ASEAN. 
§ Menyebutkan
  nama para tokoh pendiri ASEAN. 
§ Menyebutkan
  negara-negara anggota ASEAN. 
§ Menjelaskan
  arti lambang ASEAN 
§ Menyebutkan
  nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN. 
§ Menyebutkan
  tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN 
§ Menyebutkan
  langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik. 
§ Menyebutkan
  contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi 
§ Menyebutkan
  upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain. 
§ Menyebutkan
  upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya 
 | 
  
   
Tugas berkelompok 
Tugas individu. 
 | 
  
   
§ Penilaian
  tulisan.  
§ Penilaian
  lisan 
 | 
  
   
§ Menggambar
  peta ASEAN.  
§ Menjelaskan
  arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri 
§ Sebutkan
  pengertian kerja sama negara-negara ASEAN. 
§ Sebutkan
  nama para tokoh pendiri ASEAN. 
§ Sebutkan
  negara-negara anggota ASEAN. 
§ Jelaskan
  arti lambang ASEAN 
§ Sebutkan
  nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN. 
§ Sebutkan
  tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN 
§ Sebutkan
  langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik. 
§ Sebutkan
  contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi 
§ Sebutkan
  upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain. 
§ Sebutkan
  upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............,
......................20 ...
Mengetahui                                                                              
 
Kepala Sekolah                                                   Guru
Mapel PKN.
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP
:
                            Anda sedang membaca artikel berjudul 
                            
0 comments :
Post a Comment