CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA

Written By putrajunio on Tuesday, February 4, 2014 | 3:13 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
9.  Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar 
KOMPETENSI DASAR
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar 
·   Mampu mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
·   Mampu menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
·   Mampu menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Mandiri
·   Kepemimpinan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
Gagasan para pembicara yang disampaikan dalam diskusi
Pokok-pokok isi informasi
Cara dan macam-macam format pencatatan pokok informasi
Cara menyusun rangkuman isi informasi
Contoh rangkuman isi informasi
Tanggapan terhadap rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber
·        Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
·     Siswa dapat Mampu menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan  seminar
F Siswa saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi & seminar
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Guru memperdengarkan rekaman atau membacakan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
F Siswa mendengarkan pemutaran rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
& Elaborasi
F Siswa mencatat pokok-pokok isi informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang lain dengan format 2
F Siswa menyusun rangkuman isi informasi
F Siswa mempresentasikan rangkuman isi informasi yang disusun
F Siswa saling menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Mandiri
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengar kan informasi
F Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya dalam merang kum isi informasi
·   Bersahabat/ komunikatif


METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 159-162
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran
  V
Media cetak dan elektronik
Diskusi atau seminar yang disiarkan langsung oleh televisi

Website internet

  V
Narasumber
Pemimpin diskusi, moderator, pembicara, panelis
  V
Model peraga
Siswa yang sudah sering menyaji kan makalah di depan forum, anggota KIR, pengurus OSIS
  V
Lingkungan
Diskusi panel, seminar di sekolah, perguruan tinggi atau lingkungan sekitar siswa


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang
Tugas/perintah untuk mengungkapkan kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan
pengalamannya dalam merangkum isi informasi.
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, mengungkapkan tanggapan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



RUBRIK PENILAIAN PENYUSUNAN RANGKUMAN
ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI/SEMINAR

    NAMA SISWA                  :
    KELAS, NO ABSEN       :
    TANGGAL PENILAIAN  :
    KOMPETENSI DASAR  : Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau
                                                  seminar



NO
ASPEK YANG DINILAI

PERTANYAAN PEMANDU
SKOR
1
2
3
4
5
1.
Kesesuaian rangkuman dengan isi pembicaraan
Apakah rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar?





2.
Kelengkapan isi
Apakah hal-hal penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap dalam rangkuman?





3.
Ketepatan rangkuman
Apakah rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti?





4.
Bahasa
Apakah siswa menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami?





5.
Kebakuan bahasa
Apakah siswa menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku?






JUMLAH SKOR (Maksimal 25)



            Mengetahui,                                                             2011
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP :                                                                                       NIP : 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:13 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu