RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
9. Memahami
pendapat dan informasi dari
berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
9.1
Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
||
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
·
Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
·
Mampu
menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Rekaman
atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
Gagasan
para pembicara yang disampaikan dalam diskusi
Pokok-pokok
isi informasi
Cara
dan macam-macam format pencatatan pokok informasi
Cara
menyusun rangkuman isi informasi
Contoh
rangkuman isi informasi
Tanggapan
terhadap rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber
|
·
Merangkum
isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
|
· Siswa
dapat Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan seminar
F Siswa
saling bertukar pikiran mengenai tujuan
diskusi & seminar
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Guru
memperdengarkan rekaman
atau membacakan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
F Siswa mendengarkan pemutaran rekaman
atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
& Elaborasi
F Siswa mencatat pokok-pokok isi
informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang lain dengan format 2
F Siswa menyusun rangkuman isi
informasi
F Siswa mempresentasikan rangkuman isi
informasi yang disusun
F Siswa saling menanggapi rangkuman
isi informasi yang disusun oleh teman
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengar kan informasi
F Siswa diminta
mengungkapkan pengalamannya dalam merang kum isi informasi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
159-162
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Diskusi atau seminar yang
disiarkan langsung oleh televisi
|
|
|
Website internet
|
|
|
V
|
Narasumber
|
Pemimpin diskusi, moderator,
pembicara, panelis
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang sudah sering menyaji
kan makalah di depan forum, anggota KIR, pengurus OSIS
|
|
V
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah,
perguruan tinggi atau lingkungan sekitar siswa
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
Tugas/perintah untuk mengungkapkan
kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan
pengalamannya dalam merangkum isi informasi.
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi,
mengungkapkan tanggapan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK PENILAIAN
PENYUSUNAN RANGKUMAN
ISI PEMBICARAAN DALAM
DISKUSI/SEMINAR
NAMA SISWA :
KELAS, NO ABSEN :
TANGGAL
PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Merangkum isi
pembicaraan dalam suatu diskusi atau
seminar
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
PERTANYAAN PEMANDU
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kesesuaian
rangkuman dengan isi pembicaraan
|
Apakah
rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar?
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan
isi
|
Apakah
hal-hal penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap
dalam rangkuman?
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan
rangkuman
|
Apakah
rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti?
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bahasa
|
Apakah
siswa menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami?
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kebakuan
bahasa
|
Apakah
siswa menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku?
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR (Maksimal
25)
|
|
Mengetahui, 2011
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment