RENCANA PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
|||
KELAS
/SEMESTER
|
XII
(dua belas) / 2 (dua)
|
|||
PROGRAM
|
Umum
|
|||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
|||
TEMA
|
|
|||
STANDAR
KOMPETENSI
|
9. Memahami informasi
dari berbagai sumber yang disampaikan
secara lisan
|
|||
KOMPETENSI
DASAR
|
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang
disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi
yang disampaikan melalui radio/televisi
|
|||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
dan menulis
|
|||
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
||
·
Mencatat
pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·
Mengajukan
saran perbaikan kepada pembicara
·
Menulis
ringkasan isi informasi
·
Mencatat
pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
·
Mengajukan
saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·
Menulis
ringkasan isi informasi yang disampaikan
melalui radio/ televisi/ rekaman
|
·
Mandiri
·
Kreatif
·
Bersahabat/
komunikatif
|
·
Kepemimpinan
·
Percaya
diri
|
||
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Informasi
secara langsung
Pokok-pokok
isi informasi
Cara
mengajukan saran
Cara
menulis ringkasan informasi
Ringkasan
isi informasi
|
|||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
ditanya pemahamannya informasi
dan sumber informasi
F Siswa ditanya tentang manfaat
informasi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa mendengarkan
informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi
F Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang
disampaikan secara langsung
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk mencari
identifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan
F Siswa mengajukan saran perbaikan
kepada pembicara
F Siswa menulis ringkasan informasi
F Siswa mempresentasikan ringkasan informasi
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
·
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
|
F Siswa
merefleksikan pokok-pokok informasi yang
diperolehnya
F Siswa mengungkapkan
manfaat informasi yang diperolehnya
F Siswa menjawab
soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
|
·
Kreatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
132-135
Buku-buku tentang informasi dan
komunikasi
Buku-buku tentang pengajaran
menyimak
|
|
Material: VCD, kaset, poster
|
|
|
|
Mediacetak dan elektronik
|
|
|
|
Website internet
|
|
|
v
|
Narasumber
|
Guru, siswa, atau nara sumber lain
sebagai penyampai informasi lisan secara langsung
|
|
|
Model peraga
|
|
|
v
|
Lingkungan
|
Informasi-informasi lisan secara
langsung yang dapat ditemui di masyarakat
|
|
Metode
|
v
|
Presentasi
|
|
v
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
v
|
Inquari
|
|
|
v
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
v
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
informasi dan sumber informasi
Pertanyaan tentang manfaat informasi
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan
demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK OBSERVASI DAN
PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN
:
KOMPETENSI DASAR : Mengajukan
saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (10)
|
C (15)
|
B (20)
|
A (25)
|
||
ISI SARAN
|
Sesuai
dengan topik informasi
|
|
|
|
|
Kritis,
menunjuk bagian yang salah
|
|||||
Isi
saran asli dan aktual
|
|||||
Gagasan logis dan realistis
|
|||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai
|
|||||
SISTEMATIKA
SARAN
|
Dibuka
dengan pengantar /latar belakang
|
|
|
|
|
Ada pernyataan tujuan saran
|
|||||
Ada inti saran
|
|||||
Ada
kesimpulan/penegasan saran
|
|||||
BAHASA SARAN
|
Kalimat
efektif dan komunikatif
|
|
|
|
|
Diksi
tepat, variatif, baku
|
|||||
Struktur
kalimat tepat dan baku
|
|||||
Artikulasi
dan intonasi tepat
|
|||||
ETIKA PENYAMPAIAN
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Tidak
emosional
|
|||||
Kata-katanya
santun
|
|||||
Sesuai
alokasi waktu
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Mengetahui,
……………, ……...…
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
---------------------------------
------------------------------
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment