Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 2
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Monolog : narrative
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
.
B. Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional
dan (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) berlanjut
(sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa
lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:
membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapakan harapan dan mencegah.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran :
·
Sisvva
dapat incrcspons narrative
·
Siswa
dapat melakukan monolog berbentuk: narrative
E. Materi Pokok
Preventing/Asking Someone
Not to Do Something
Read the following dialog.
Father : Look
at what I have here. You must explain it to me. Anton : I can explain it, Dad.
I had lots of work to do that day, so I couldn't prepare myself well.
Father : That's
not the point I guess. You should have studied some days before the test, and
not just a day before.
Anton
: You
mean...
Father
: The
point is that you have spent a lot of time in the Internet cafe. From now on,
stop going there.
Anton : But,
. Dad.
Father : No
excuses, please. You are now in the last semester. You must spend your time
studying.
Anton : O.K., Dad.
The sentence "From
now on, stop going there." is used to prevent or to ask someone not to
do something.
Here are some other
expressions to prevent or to ask someone not to do something.
Preventing/Asking Someone
Not to Do Something
·
You
mustn't...!
·
You
can't...!
·
You
shouldn't (really)....
·
You're
not (really) supposed to ...
·
You'd
better not....
·
I
don't really think you should ....
·
(For
goodness sake) don't look!
·
Stop!
Wait! (Or other imperatives
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total
Physical Response
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab tentang
monolog berbentuk: narrative yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§ Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam monolog berbentuk: narrative.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Mendengarkan cerita
(secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan kembali
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang
dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab tentang
monolog berbentuk: narrative didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam monolog berbentuk: narrative.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Mendengarkan cerita
(secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita kepada
kelompok (monolog).
§ Menceritakan kembali
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan berbagai
kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan
terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan setiap
hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh
serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin,
rajin)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
·
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
·
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa
pemberian materi monolog berbentuk: narrative
§ Mendiskusikan materi
bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog
berbentuk: narrative
§ Memberikan kesempatan pada
peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai
monolog berbentuk: narrative
§ Siswa diminta membahas
contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk: narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat
monolog berbentuk: narrative
§ Memfasilitasi siswa melalui
pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris
untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada
siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada
hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada
siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai monolog
berbentuk: narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat
rangkuman dari materi monolog berbentuk: narrative
§ Siswa dan Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan
rumah (PR) berkaitan dengan materi monolog berbentuk: narrative.
§ Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku Look Ahead 3
§ Kaset/CD
§ Tape
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Memahami dan
merespons wacana monolog berbentuk narrative
Menentukan
pesan dalam cerita
|
Tes
Tertulis
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Listen
to some dialogues from the tape. Then fill in the blanks with the expressi-ons
you hear
Give
your responses orally based on the situations below!
|
II. Instrumen Penilaian
Listen
to some dialogues from the tape. Then Fill in
the
blanks with the expressions you hear.
Dialogue
1
Dudi : Hi,
Adi. You look awful. What's wrong with you?
Adi : I
didn't get much sleep last night. I finished writing the book review. Today is the
deadline for the submission of the assignment. Dudi : Why didn't you finish it
last week? You had a plenty of time
Adi : Actually, I
went camping last weekend.
1 . ……………..I wish I hadn't gone camping.
2 ………………. I had finished writing the book review.
Dudi : 3
……………….
Dialogue
2
Dudi : 4
………………after leaving high school, Adi?
Adi : 5 ……………….studying
Indonesian literature.How about you, Dudi?
Dudi : 6………………
going teaching. After leaving the college, I'm going to go to Papua. I want to teach
the children of this remote spot.
Adi : Really? It's
so far away, Dudi. …………..7 ?
Dudi : Well,
8 to make myself useful.
Adi : What makes
you want to go to Papua? You don't have a relative there, do you?
Dudi : No,
I don't. This book, The City of Joy, has inspired me to go to Papua………….. 9 .
Adi : What's it
about?
Dudi : The
novel tells a priest who lives in a slum in Calcutta. He comes from a country
in Europe.And he tries hard to adapt to the culture of the people he lives
with. He helps the poor living in the slum. All people are treated the same.
Adi : 10 ……………
Dudi : That's
right. It makes me feel like finished my school as soon as I can. So I can
leave for Papua.
Adi : Talking of
your school, have you prepared yourself for the admission test?
Dudi : Of
course, I have. 11 the test will be very much like the test of last year.
Adi : 12 ……………. We
can speculate that the questions will follow a set of pattern.
Dudi : 13
…………………
III. Pedoman Penilaian
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah,
intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment