CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 2 ASPEK PEMBELAJARAN "BERBICARA"

Written By putrajunio on Monday, February 10, 2014 | 9:36 PM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
  1. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

KOMPETENSI DASAR
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal 

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
ALOKASI WAKTU
6  x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
 Siswa mampu  mempresentasikan program kegiatan/ proposal

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Program kegiatan/ proposal
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat presentasi


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru menjajagi pengetahuan siswa tentang prosedur OSIS menyelenggaran suatu kegiatan di sekolah dan dituntun untuk sampai menyebut menyusun proposal
F Guru menanyakan bagaimana agar proposal mendapat persetujuan dan dukungan dari berbagai pihak
F Guru menyatakan bahwa kemampuan seseorang mempresentasikan proposal  sangat mempengaruhi besar kecilnya dukungan  
·   Mandiri



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 

& Eksplorasi
F Bertolak dari masukan dan temuan siswa, guru bersama murid menetapkan tatacara, tahap-tahap,  dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mempresentasikan suatu program kegiatan.
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk menemukan dan merumuskan tatacara mempresentasikan suatu program.
F Secara berkelompok, siswa menyusun proposal kegiatan olah raga di sekolah dan menyiapkan media serta sarana pendukung untuk mempresentasikannya.
F Di dalam kelompok masing-masing, siswa melakukan latihan atau simulasi presentasi proposal. Guru memonitor  jalannya simulasi setiap kelompok dan memberikan masukan untuk perbaikan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·      Kreatif
Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Elaborasi
F Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan proposal yang telah disusunnya.
F Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
F Guru mengobservasi jalannya presentasi dan  membuat catatan atas kinerja setiap siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
Pertemuan ke-3 (90’)

& Elaborasi
F Melanjutkan presentasi sampai seluruh kelompok mendapat kesempatan
F Setelah semua kelompok tampil, Guru memberikan ulasan, catatan, dan masukan   terhadap kinerja semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Mandiri

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran guru mendorong    
·      Bersahabat/ komunikatif

 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 96-99


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Program kegiatan sekolah/proposal

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Siswa peraga presentasi
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mempresentasikan suatu program kegiatan/proposal
Tugas untuk memberikan tanggapan isi presentasi
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi penilaian kinerja melakukan presentasi kegiatan (terlampir di bawah)



Mengetahui,                                                                        ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                      ------------------------------
 NIP :                                                                                     NIP :

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XII SEMESTER 2 ASPEK PEMBELAJARAN "BERBICARA" yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 9:36 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu