RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 5.
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi dasar :
5.1. Membuat berbagai sistem koloid
dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
- Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
- Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
- Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
- Menjelaskan koloid liofob dan liofil
- Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui
percobaan.
2. Mengklasifikasikan
suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil
pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
3. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase
terdispersi dan fase pendispersi
4. Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall,
gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
5. Menjelaskan koloid liofob dan liofil
6. Mendeskripsikan peranan koloid di industri
kosmetik, makanan, dan farmasi
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
Materi Ajar:
§
pembuatan
koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
§ sistem koloid
§ sifat-sifat koloid
§
peranan
koloid dalam kehidupan
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
12 Jam
pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
·
diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
·
Merancang
dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di
laboratorium.
|
·
Siswa
dapat Mengelompok-kan sifat-sifat koloid dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa
dapat Membuat berbagai sistem koloid dengan
bahan-bahan yang ada di sekitarnya
|
Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o
Salam
pembuka
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Merancang dan
melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.(nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Melakukan
percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Melalui
diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan.(nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Melakukan
percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Mengidentifikasi
peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam
bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan
pembuatan koloid.
o
Menyimpulkan
sifat-sifat koloid.
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya
Alat / Bahan / Sumber Belajar
:
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian: PPK
…………, …………………… 20
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………………. …………………………….
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment