CONTOH RPP KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI SISTEM KOLOID

Written By putrajunio on Tuesday, February 11, 2014 | 3:02 AM



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 2
Standar Kompetensi :  5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar     : 
5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
  1. Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
  2. Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
  3. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
  4. Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
  5. Menjelaskan koloid liofob dan liofil
  6. Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi

Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
2.      Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
3.      Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
4.      Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
5.      Menjelaskan koloid liofob dan liofil
6.      Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

Materi Ajar: 
§  pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
§  sistem koloid
§  sifat-sifat koloid
§  peranan koloid dalam kehidupan

Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
 12  Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·        diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
·        Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
·        Siswa dapat Mengelompok-kan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·        Siswa dapat Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya

Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan  jenis dan sifat koloid dari data percobaan.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan pembuatan koloid.
o   Menyimpulkan sifat-sifat koloid.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.

Penilaian: PPK
          


…………, …………………… 20
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran



…………………………….                                                   …………………………….  
NIP.                                                                                         NIP.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI SISTEM KOLOID yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:02 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu