RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEORI ASAM BASA
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
Kompetensi dasar :
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan
hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
4.4 Menentukan jenis garam yang
mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH
pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan hasil kali kelarutan.
I. Indikator
Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
- Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
- Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai Indikator Pencapaian Kompetensi.
- Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai Indikator Pencapaian Kompetensi asam dan basa.
- Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama
- Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
- Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
- Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
- Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi
- Menentukan kadar zat melalui titrasi.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
- Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
- Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
- Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
- Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
- Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran
- Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
- Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
- Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi
- Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
- Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
- Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
- Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya
- Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air
- Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
- Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan
- Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya
- Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
II. Tujuan:
Siswa dapat,
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
- Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
- Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai Indikator Pencapaian Kompetensi.
- Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai Indikator Pencapaian Kompetensi asam dan basa.
- Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama
- Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
- Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
- Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
- Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi
- Menentukan kadar zat melalui titrasi.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
- Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
- Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
- Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
- Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
- Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran
- Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
- Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
- Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi
- Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
- Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
- Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
- Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya
- Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air
- Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
- Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan
- Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya
- Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi Ajar :
- Teori asam basa
- sifat larutan asam dan basa.
- derajat Keasaman (pH)
- derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
- aplikasi konsep pH dalam pencemaran
- Stoikiometri larutan
- titrasi asam dan basa
- larutan penyangga
- pH larutan penyangga
- fungsi larutan penyangga
- hidrolisis garam
- sifat garam yang terhidrolisis
- pH larutan garam yang terhidrolisis
- grafik titrasi asam dan basa
- kelarutan dan hasil kali kelarutan
IV. Metode
pendekatan:
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
V. Alokasi Waktu
56 Jam
pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan
terapannya
|
·
Berlatih
menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry
·
Merancang dan melakukan percobana titrasi untuk menentukan konsentrasi
asam atau basa.
·
Menyimpulkan
sifat larutan penyangga dan bukan penyangga
·
Menghitung pH ;arutan garam yang terhidrolsis melalui diskusi kelas
·
Menganalisis grafik hasil titrasi asm kuan dan basakuat, asam kuat dan
basa lemah, asam lemah dena basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan
hidrolsis melelui diskusi.
·
Menghitung
kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas
|
·
Siswa
dapat Mendeskrip-sikan teori-teori asam basa dengan
menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
·
Siswa
dapat Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi
dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa
·
Siswa
dapat Mendeskripsi-kan sifat larutan penyangga dan
peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
·
Siswa
dapat Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan
garam tersebut
·
Siswa
dapat Menggunakan
kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan
penyangga dan hidrolisis
·
Siswa
dapat Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi
berdasarkan prinsip kelarutan dan
hasil kali kelarutan.
|
VI. Skenario
Pembelajaran
Pertemuan Awal:
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa / Perkenalan
o
Memperkenalkan
program semester
o
Apersepsi:
Kita akan membahas
fakta-fakta eksperimen yang mendasari kedua teori asam basa itu sehingga kita
dapat memahaminya secara utuh.
o
Motivasi
Berdasarkan teori asam
basa, kita dapat memahami keasaman (Ph).
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Menjelaskan
pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis
melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Berlatih
menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai
Indikator Pencapaian Kompetensi (Indikator Pencapaian Kompetensi alam dan
Indikator Pencapaian Kompetensi kimia)
melalui kerja kelompok di laboratorium. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menyimpulkan
sifat asam atau basa dari suatu larutan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak
dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai Indikator
Pencapaian Kompetensi asam dan basa melalui kerja kelompok laboratorium.
(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Menyimpulkan
trayek perubahan warna larutan asam dan
basa. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Melalui
diskusi kelas menyimpulkan hasil
pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya
sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa
dengan derajat pengionan (a) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa ( Kb) (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menghitung pH
dan derajat ionisasi larutan dari data
konsentrasinya (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Meneliti dan
menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah dalam kerja kelompok (bagi daerah-daerah yang memiliki industri
dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan penelitian)
o
Merancang dan
melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Menyimpulkan
hasil percobaan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi
melalui kerja kelompok di laboratorium. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menghitung
kadar zat dari data percobaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga
melalui kerja kelompok di laboratorium. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menyimpulkan
sifat larutan penyangga dan bukan penyangga. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menghitung pH
atau pOH larutan penyangga melalui diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Melalui
diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat
terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menyimpulkan
ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menghitung pH
larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menganalisis
grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam
lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui
diskusi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Menjelaskan
kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui
diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menghitung
kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Merancang dan
melakukan percobaan untuk menentukan
kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasil kali kelarutan (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menyimpulkan
kelarutan suatu garam. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan
ide pokok dalam teori asam basa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
VII. Alat / Bahan
/ Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, model.
VIII. Penilaian: PPK, Responsi
…………, …………………… 20
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………………. …………………………….
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment