RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 6.
Mengungkap kembali cerpen dan
puisi dalam bentuk lain
Kompetensi Dasar : 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / irama yang dibangun.
Alokasi
waktu : 6 x 40 menit ( 3 pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan
Pertama:
o
Peserta didik dapat Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
- Pertemuan Kedua
:
o
Peserta didik Menghubungkan suasana puisi
dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
- Pertemuan
Ketiga :
o
Peserta didik dapat Menyanyikan puisi yang sudah
dimusikalisasi dengan berpedoman pada
kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
Memahami
contoh puisi
a.
Teks puisi
b.
Unsur-unsur puisi
c.
Cara menemukan suasana puisi
d.
Cara menghubungkan suasana puisi dengan irama musiklasasi puisi
e.
Cara menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
3. Metode
Pembelajaran
a.
Penugasan
b.
Tanya jawab
c.
Inkuiri
d.
Diskusi
e.
Pemodelan
f.
Demonstrasi
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik dan guru bertanya jawab tentang macam-macam puisi
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang unsure-unsur puisi.
Memotivasi :
o
Menentukan suasana puisi lewat diskusi
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta
didik Mencermati
beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik berkelompok untuk mendiskusiknan unsure-unsur puisi
F Peserta didik diajak membahas
hasil kerja dan menyimpulkan unsure-unsur puisi
F Peserta didik memilih puisi yang
akan dimusikalisasi
F Peserta didik menentukan suasana
puisi
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru melakukan
refleksi terhadap unsure-unsur puisi dan suasana puisi
Pertemuan Kedua
a. Kegitan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik
membaca dan menentukan suasana puisi.
Memotivasi :
o
Hubungkan suasana puisi
dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
b. Kegiatan
Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menentukan
nada dan irama yang sesuai dengan puisi itu
F Peserta didik Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang akan
dinyanyikan
F Sisiwa memilih lagu yang sesuai untuk
membuat musikalisasi puisi
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik secara berkelompok
menghubungkan suasana puisi dengan irama
usikalisasi
F Peserta didik membuat
musikalisasi puisi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F Peserta didik dan guru
melakukan refleksi
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru mendengarkan lagu yang
dijadikan pedoman membuat usikalisasi puisi
2. Guru mengingatkan kembali
tentang suasa puisi, hubungan suasana puisi dengan irama musikalisasi
Memotivasi :
o
Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi
puisi
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyanyikan puisi yang
sudah dimusikalisasi dengan berpedoman
pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun.
F Peserta didik Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang akan
dinyanyikan
F Sisiwa memilih lagu yang sesuai untuk
membuat musikalisasi puisi
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta didik melakukan musikalisasi puisi
sesuaiu dengan lagu yang dipilih
F Peserta didik lain
memberikan penilaian
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F Peserta didik dan guru
melakukan refleksi
5. Sumber Belajar
a.
Teks Puisi
b.
Buku peljaran bahasa Indonesia
c.
Lagu-lagu
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan suasana puisi
·
Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
·
Mampu menyanyikan puisi
yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
|
Tes praktik/kinerja
|
Tes identifikasi
Uji petik kerja
|
§ Identifikasilah
suasana
puisi yang akan dinyanyikan!
§ Praktikkanlah beberapa
nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara
utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!
|
Rubrik Penilaian bagian-bagian cerita.
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Suasana puisi
|
Apakah suasana puisi itu sesuai
|
||
2
|
Hubungan antara suasana dengan irama
|
Adkah hubungan antaraa suasana dengan i\rama
musikalisasi
|
Skor Maksimal :
No. 1 =
20
No. 2 = 30
No. 3 = 50
Jumlah =100
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment