CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI MEMAHAMI CONTOH PUISI

Written By putrajunio on Tuesday, February 11, 2014 | 3:50 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 6.   Mengungkap    kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
Kompetensi Dasar      : 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / irama yang dibangun.
Alokasi waktu             : 6 x  40 menit ( 3 pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
-  Pertemuan Pertama:
o   Peserta didik dapat Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
  - Pertemuan Kedua :
o   Peserta didik Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
  - Pertemuan Ketiga :
o   Peserta didik dapat Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi  Pembelajaran
      Memahami contoh puisi
      a. Teks puisi
      b. Unsur-unsur puisi
      c. Cara menemukan suasana puisi
      d. Cara menghubungkan suasana puisi dengan irama musiklasasi puisi
      e. Cara menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi

3.   Metode Pembelajaran
      a. Penugasan
      b. Tanya jawab
      c. Inkuiri
      d. Diskusi
      e. Pemodelan
      f. Demonstrasi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang macam-macam puisi
          2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang unsure-unsur puisi.
Memotivasi :
o  Menentukan suasana puisi lewat diskusi

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik berkelompok  untuk mendiskusiknan unsure-unsur puisi
F  Peserta didik diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan unsure-unsur puisi
F  Peserta didik memilih puisi yang akan dimusikalisasi
F  Peserta didik menentukan suasana puisi
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap unsure-unsur puisi dan suasana puisi
     
Pertemuan Kedua
      a. Kegitan Awal
Apersepsi :
   1. Peserta didik membaca dan menentukan suasana puisi.
Memotivasi :
o  Hubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan

      b. Kegiatan Inti.  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menentukan nada dan irama yang sesuai dengan puisi itu
F  Peserta didik Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
F  Sisiwa memilih lagu yang sesuai untuk membuat musikalisasi puisi

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik secara berkelompok menghubungkan suasana puisi dengan irama  usikalisasi
F  Peserta didik membuat musikalisasi puisi
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  Peserta didik dan guru melakukan refleksi
     
Pertemuan Ketiga
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.  Peserta didik dan guru mendengarkan lagu yang dijadikan pedoman membuat usikalisasi puisi
2. Guru mengingatkan kembali tentang suasa puisi, hubungan suasana puisi dengan irama musikalisasi
Memotivasi :
o  Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun.
F  Peserta didik Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
F  Sisiwa memilih lagu yang sesuai untuk membuat musikalisasi puisi

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi  Peserta didik melakukan musikalisasi puisi sesuaiu dengan lagu yang dipilih
F  Peserta didik lain memberikan penilaian

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  Peserta didik dan guru melakukan refleksi

5.   Sumber Belajar
      a. Teks Puisi
      b. Buku peljaran bahasa Indonesia
      c. Lagu-lagu

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menentukan suasana puisi
·  Mampu menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi
·   Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
Tes praktik/kinerja
Tes identifikasi

Uji petik kerja
§ Identifikasilah suasana puisi yang akan dinyanyikan!
§ Praktikkanlah beberapa nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!

      Rubrik Penilaian bagian-bagian cerita.
No
Aspek
Indikator
Ya
Tidak
1
Suasana puisi
Apakah suasana puisi itu sesuai


2
Hubungan antara suasana dengan irama
Adkah hubungan antaraa suasana dengan i\rama musikalisasi


     
Skor Maksimal :
      No. 1         =  20
      No. 2         = 30
      No. 3         = 50
      Jumlah       =100

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI MEMAHAMI CONTOH PUISI yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:50 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu