RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. IDENTITAS
Nama Sekolah : SMA/MA
.............
Mata
Pelajaran : PKn
Materi
Pokok : Tahap-Tahap Perjanjian Internasional
Kelas/Program : XI/2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
II. STANDAR
KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasi internasional
2. Kompetensi Dasar
4.2. Menjelaskan tahap-tahap perjanjian
internasional
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menunjukkan contoh sikap anti
korupsi
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menunjukkan contoh gerakan
atau organisasi anti korupsi
|
|
3
|
Menganalisis macam-macam
perbuatan anti korupsi
|
|
4
|
Manampilkan sikap anti
korupsi
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menunjukkan contoh sikap anti
korupsi
· Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti
korupsi
· Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
· Manampilkan sikap
anti korupsi
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
-
Memberikan
salam siswa
-
Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
-
Disiplin
-
Kerja
sama
-
Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F
menjelaskan pengertian
dasar negara dan konstitusi negara.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok
kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus
dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Tahap-Tahap Perjanjian Internasional
Jika jumlah siswa 40 orang,
berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F
Setelah
selesai melakukan diskusi dalam
kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara
indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang
telah didiskusikan.
F
Siswa
diminta menemui teman lain yang
mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang
ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas
siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota
kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang
membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap
anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta
secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok
ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan
informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta
perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika
terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan
klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
-
Kerja
sama
-
Kesungguhan
-
Disiplin
-
Uji
diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
-
Pengendalian
diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
|
·
Memberikan
contoh contoh gerakan atau
organisasi anti korupsi
|
·
Siswa dapat Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
|
VI. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XI
2.
Majalah, Koran, dan Internet
3.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
4.
Buku-Buku Sumber yang Relevan
5.
Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN
TINDAK LANJUT
1.
Penilaian Kognitif
2.
Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala
SMA/MA ......... Guru
Mata Pelajaran
..................................... ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments :
Post a Comment