CONTOH RPP BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA

Written By putrajunio on Sunday, February 2, 2014 | 3:30 PM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :     XI / 2
Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran    :     Monolog : narrative
Pertemuan Ke               :

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.               Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
         Berbicara
10.             Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari .

B.     Kompetensi Dasar
8.2             Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.
10.2          Mengungkap-kan makna dalam esei dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon wacana monolog: narrative
  • Melakukan monolog berbentuk : narrative

Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Merespon wacana monolog: narrative
Melakukan melakukan monolog berbentuk : narrativ

E.     Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk: narrative

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang monolog berbentuk: narrative yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam monolog berbentuk: narrative.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang monolog berbentuk: narrative didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam monolog berbentuk: narrative.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
a.    Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
b.    Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
c.    Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d.    Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
e.    Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi monolog berbentuk: narrative
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk: narrative
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai monolog berbentuk: narrative
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk: narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat monolog berbentuk: narrative
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai monolog berbentuk: narrative.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi monolog berbentuk: narrative
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi monolog berbentuk: narrative.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
§  Buku Look Ahead 2
§  Kaset/CD
§  Tape
§  Script dari Look Ahead 2

I.       Penilaian

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.


No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.





2.





Merespon dan menggunakan monolog berbentuk: narrative.

Mempraktikkan  tindak tutur monolog berbentuk: narrative.

Tes Tertulis





Tes Lisan





Melengkapi dialog




Membuat dialog
Complete the dialogue below using the suitable expression!


Give your responses orally based on the situations below!

II. Instrumen  Penilaian

Vocabulary and Pronunciation
Part A. Try This. Listen and repeat.
cannery
quay
hatchery
bakery
vineyard
orchard
apiary
resort
dockyard
cemetery
 
Say It Right
·         excursion
·         famous
·         divided
·         cemetery
·         sketching
·         European
·         American

III.  Pedoman Penilaian    


Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70



Mengetahui                                                                                      …………….………, ……
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran



______________________                                                           __________________
NIP.                                                                                                    NIP.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:30 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu