RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
SMA :
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya
dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Merumuskan pengertian lingkungan hidup
- Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
pengertian lingkungan hidup
-
Menguraikan
komponen-komponen ekosistem
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Lingkungan
-
Lingkungan
Hidup
-
Ekosistem
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menjelaskan pengertian lingkungan dari berbagai
referensi
|
· Carilah pengertian lingkungan dari berbagai
situs internet dan media lainnya!
· Jelaskan komponen-komponen ekosistem!
· Buatlah makalah tentang kerusakan lingkungan
yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia!
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi komponen-komponen
ekosistem
· Secara berkelompok, membuat makalah tentang
kerusakan lingkungan yang terjadi , baik di Indonesia maupun dunia
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan: 5 menit
·
Memberi salam
dan mengabsen.
·
Apersepsi
materi.
2.
Kegiatan
Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan
gambar (hal 87-90). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs
internet dan media lainnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa membuat
karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan
mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian lingkungan hidup di buku sumber
(hal 87). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup: 10 menit
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi,
baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
E.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Buku sumber
Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar atau
foto lingkungan hidup
-
OHP / Slide
Proyektor
-
Internet
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs
internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik
penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat
tokoh
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan data curah hujan dan
perhitungannya
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan
penentuan klasifikasi iklim
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang
dibahas
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment