CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA

Written By putrajunio on Friday, February 14, 2014 | 3:05 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) 

SMA                            : 
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester            : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi    :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan                       hidup
Kompetensi Dasar      :3.1.     Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup      dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Merumuskan pengertian lingkungan hidup
-       Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
-          Menguraikan komponen-komponen ekosistem
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Lingkungan
-          Lingkungan Hidup
-          Ekosistem

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menjelaskan pengertian lingkungan dari berbagai referensi
·     Carilah pengertian lingkungan dari berbagai situs internet dan media lainnya!
·     Jelaskan komponen-komponen ekosistem!
·     Buatlah makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia!
·     Siswa dapat Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·     Secara berkelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi , baik di Indonesia maupun dunia

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar  (hal 87-90). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh  pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·           Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                    
Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran




NIP.                                                                 NIP. 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:05 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu