RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA
.............
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Globalisasi
4.
Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 16 dan 17
6. Alokasi
Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
4.
Mengevaluasi dampak globalisasi
2. Kompetensi
Dasar
4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak
globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mengemukakan proses dan aspek globalisasi
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Mendeskripsikan dampak globalisasi
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Mengemukakan
proses dan aspek globalisasi
·
Mendeskripsikan
dampak globalisasi
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
menjelaskan proses dan aspek globalisasi
F
Memahami
dampak globalisasi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi
mengenai makna proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
F Diskusi
Kelompok tentang proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan proses,
aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengevaluasi dampak globalisasi
|
·
Mengemukakan proses dan aspek globalisasi
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
V. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN
TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
........................... ..................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments :
Post a Comment