RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : XI / 1
(SATU)
Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan
Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan :
A. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menggunakan
internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
· Mendeskripsikan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses
internet
· Mendeskripsikan peran internet service
provider (ISP)
· Mendeskripsikan user ID dan Pasword
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan Ke-1
· Mendeskripsikan Local Area Network (LAN)
· Mendeskripsikan Wide Area Network (WNA)
Pertemuan Ke-2
· Mendeskripkan fungsi dari internet
· Menyebutkan bagian-bagian dari perangkat
keras (hardware) untuk akses internet
Pertemuan Ke-3
· Memahami cara memilih ISP
· Mendeskripsikan User ID dan Password
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
·
Perangkat
Keras Internet
E. MODEL PEMBELAJARAN
Multimodel Pembelaajaran (Model
pembelajaran kooperatif & Pembelajaran Langsung)
F. SUMBER BELAJAR
§ Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
§ Seperangkat computer
§ Internet
§ LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan
akses internet
|
· Guru menginformasikan kepada siswa
tentang perangkat keras yang digunakan
· Melalui diskusi kelompok dan panduan
buku pegangan siswa mendeskripsikan tentang ISP, istilah-istilah dalam bidang
internet
· Melalui diskusi kelompok mendeskripsikan tentang User ID dan Pasword
|
· Siswa dapat Mendeskripsikam fungsi
perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
· Siswa dapat Mendeskripsikan Peran
Internet Service Provider (ISP)
· Siswa dapat Mendeskripsikan User ID dan
Pasword
|
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·
Apersepsi
tentang komunikasi jarak jauh
·
Motivasi
kemudahan internet
B. Kegiatan Inti
Pertemuan
pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru meminta agar ketua kelas membagi siswa dalam kelas untuk
membentuk kelompok dengan jumlah 1 kelompok paling banyak 5 orang.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan
pada setiap kelompok
·
Siswa
berdiskusi secara berkelompok mengenai Local Area Network (LAN) dan Wide Area
Network (WAN) dan Manfaat internet
(Setiap kelompok membahas masalah yang berbeda)
·
Guru
memantau jalannya diskusi
·
Setiap
kelompok maju ke depan untuk menyampaikan
hasil diskusi
·
Setelah
diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum
terpecahkan
·
Siswa
diajakan untuk membuat
kesimpulan pembelajaran pada saat itu
Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru membagi siswa dalam
kelompok-kelompok dengan jumlah siswa
paling banyak 5 orang
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diminta untuk membahas secara berkelompok materi Perangkat Keras internet dan
istilah-istilah dalam internet
·
Guru
membimbing jalanya diskusi
·
Beberapa
kelompok diminta maju ke depan dengan cara diundi untuk mempresentasikan hasil
diskusinya pada saat itu
·
Guru
membimbing jalannya diskusi agar semua Indikator Pencapaian Kompetensi
dapat tercapai
·
Siswa
dibimbing untuk mengambil kesimpulan dan membuat rangkuman akhir
·
Guru
melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah
perkembangn komputer dari
mulai diciptakan sampai dengan sekarang
Pertemuan
ke-3 (1 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru menginformasikan mengenai ISP, User ID dan proses pengolah DNS
·
Cara
setup Modem, cara dial lewat telepon
·
Siswa
menyimak dan membuat rangkuman dari informasi yang diberikan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diajak untuk membuat
kesimpulan pembelajaran pada saat itu
1 Jam Pelajaran digunakan untuk
Ulangan Blok ke-1
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
· Untuk menilai ranah pengetahuan
siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan
pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
(Lihat Buku Jilid 2 – Uji Indikator Pencapaian Kompetensi halaman 5,
halaman 10, 14 dan halaman 22
· 1. Penilaian
Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
No
|
Bidang Penilaian
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1
|
Kemampuan mengidentifikasi hardware untuk internet
|
|
|
|
|
2
|
Keterampilan mensetup modem
|
|
|
|
|
3
|
Keterampilan mensetup untuk dial melalui telepon rumah
(telkomne@instan)
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan mengadakan dialing (hubungan ke halaman internet melalui
telkomnet@instan)
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik 90 -
80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70
|
|
|
0 comments :
Post a Comment