RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
i. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA
.............
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Pengaruh
Globalisasi
4.
Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 18 dan 19
6. Alokasi
Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
ii. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
4.
Mengevaluasi dampak globalisasi
2. Kompetensi
Dasar
4.2 Mengevaluasi
pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan
oleh bangsa Indonesia
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
·
Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan
oleh bangsa Indonesia
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara
F
Menyembuhkan contoh pengaruh Negara lain yang
dirasakan oleh bangsa Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi
mengenai makna pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
Bangsa dan Negara Indonesia
F Diskusi
Kelompok tentang contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa
Indonesia
F Guru menugaskan
siswa untuk menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
Bangsa dan Negara Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap
kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
|
·
Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan
oleh bangsa Indonesia
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
|
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
............................. .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments :
Post a Comment