CONTOH RPP TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI BROWSER INTERNET

Written By putrajunio on Wednesday, February 12, 2014 | 3:26 PM



RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN
( R P P )
 
Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          : XI / 1 (SATU)
Waktu                         :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan      :


A.    KOMPETENSI DASAR

1.2.  Mendeskripsikan cara akses internet

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Pertemuan ke-2 (2 Jam Pelajaran)
  • Identifikasi internet eksplorer
  • Menggunakan fasilitas yang ada pada internet explorer
Pertemuan ke-2 (2 Jam Pelajaran)
  • Mendeskripsikan pelayanan www sebagai sumber informasi
Pertemuan ke-3 (2 Jam Pelajaran)
  • Mendeskripsikan HTML
  • Mengenal beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
·         Mengidentifikasi internet explorer dan fungsinya
·         Menggunakan fasilitas internet explorer
·         Mendeskripsikan pelayanan www sebagai sumber informasi
·         Mendeskripsikan pengertian URL dan homepage
·         Mendeskripsikan Hypertext dan HTML
·         Menggunakan fronf page
·         Membuat Photo Galery
·         Menggunakan Microsoft Publiser
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

D.    MATERI PEMBELAJARAN

  • Browser internet

E.     MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran kooperatif
  • Model pembelajaran langsung

F.     SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  • Seperangkat computer
  • Internet
  • LCD

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan cara akses internet
·   diskusi dan tampilan Internet Explorer mengidentifikasi menu, icon yang ada pada internet explorer
·   Mendmontrasikan cara penggunaan internet explorer
·   Diskusi mengenai  www sebagai sumber pelayanan informasi
·   Penelusuran bahan bacaan untuk mendeskripsikan URL, HTML dan search engine
·   Menelusuri beberapa situs yang menyediakan search engine
·   Demontrasi mengenai cara pembuat HTML melalui Wordpad, FrontPage,  Publiser
·   Siswa dapat Identifikasi internet Explorer
·   Siswa dapat Menggunakan fasilitas yang ada pada internet Explorer
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pelayanaan www sebagai sumber informasi
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pengertiaan URL dan home page
·   Siswa dapat Mendeskripsikan HTML
·   Siswa dapat Mengenal beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Pendahuluan

·     Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·     Apersepsi tentang www dan situs internet
·     Motivasi tentang keistimewaa mengakses internet

B.     Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Melalui informasi melalui LCD guru menjelaskan fungsi dari browser internet misalkan internet explorer
·     Guru mendemontrasikan cara mengaktifkan internet explorer
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan oleh guru TIK
·     Guru memberikan informasi kepada siswa mengenai bagian-bagian yang ada di dalam halaman internet explorer
·     Siswa diminta untuk mengidentifikasi dan membuka beberapa menu, tool yang ada pada halaman internet explorer serta mempraktekan dengan bimbingan guru mata pelajaran
·     Siswa mempraktekan cara untuk menggunakan menu dan tool  internet explorer

Pertemuan Ke-2 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru menginformasikan tentang pengertian www dan homepage serta memberikan contoh melalui layar LCD.
·     Guru menjelaskan cara penulisan bahasa di dalam halaman internet
·     Guru memberikan contoh cara penggunaan dan membuat halaman internet dengan menggunakan wordpad seperti membuat heading teks, teks berjalan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa diminta untuk membuat homepage sederhana dari buku pegangan siswa
·     Guru membimbing jalananya praktikum siswa

Pertemuan ke-3 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru menginformasikan program-program yang memiliki WYSIWIG untuk pembuatan homepages seperti FrontPage, dan Publiser
·     Guru memjelaskan cara menggunakan front page
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa diberikan tugas untuk membuat homepage dengan menggunakan Frontpage seperti  membuat photo galery
·     Guru menjelaskan keunggulan dari program desain homepage Publiser dan memberikan contoh cara penggunaan Publiser
·     Siswa diajakan untuk membuat homepage sesuai dengan buku yang ada pada siswa (karya sadiman penerbit erlangga)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.  Penutup

·     Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk menyimpulkan jawab (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Guru memberikan soal latihan untuk menguji sekitar Indikator Pencapaian Kompetensi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

 

H.    PENILAIAN

Penilaian yang dilakukan pada pertemuan ini adalah kemampuan praktek atau psikomotorik dengan menggunakan soal yang ada pada halaman 57 dan 61 (buku jilid 2 )

·             Untuk penilaian yang dilakukan adalah sebagai berikut
Nama Siswa:

Soal hal 57
No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Kemampuan mengoperasikan publiser




2
Ketepatan pemilihan layout




3
Kesesuain huruf, tulisan, warna




4
Keterampilan menggunakan fasilitas yang ada pada publiser




5
Keterampilan menyimpan dan menampilkan dalam halaman internet




Rata-rata




           
Penilaian Soal Halaman 61
No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1.
Cara mengaktifkan frontpage




2.
Keterampilan menggunakan menu




3.
Keterampilan membuat paragraf




4.
Keterampilan menggunakan perintah




5.
Ketepatan dengan teks asli




6.
Kemampuan menyimpan dan format teks




7.
Keterampilan menampilkan hasil frontpage di halaman internet explorer




Rata-rata




Kriteria
Sangat baik >= 12 kali       konversi nilai >90
Baik >= 8 kali                     konversi nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali                 konversi nilai 80 – 70
Kurang < 6 kali                  konversi nilai 40 - 60

Mengetahui,
Kepala SMAN



NIP.


Guru mapel TIK



NIP.


  

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMA KELAS XI SEMESTER 1 MATERI BROWSER INTERNET yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:26 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu