RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : XI / 1
(SATU)
Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan
internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
Satuan Pendidikan :
A. KOMPETENSI DASAR
1.2. Mendeskripsikan cara akses
internet
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Pertemuan
ke-2 (2 Jam Pelajaran)
- Identifikasi internet eksplorer
- Menggunakan fasilitas yang ada pada internet explorer
Pertemuan
ke-2 (2 Jam Pelajaran)
- Mendeskripsikan pelayanan www sebagai sumber informasi
Pertemuan
ke-3 (2 Jam Pelajaran)
- Mendeskripsikan HTML
- Mengenal beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
·
Mengidentifikasi
internet explorer dan fungsinya
·
Menggunakan
fasilitas internet explorer
·
Mendeskripsikan
pelayanan www sebagai sumber informasi
·
Mendeskripsikan
pengertian URL dan homepage
·
Mendeskripsikan
Hypertext dan HTML
·
Menggunakan
fronf page
·
Membuat
Photo Galery
·
Menggunakan Microsoft Publiser
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Browser internet
E. MODEL PEMBELAJARAN
- Model pembelajaran kooperatif
- Model pembelajaran langsung
F. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
- Seperangkat computer
- Internet
- LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsikan
cara akses internet
|
· diskusi dan tampilan Internet Explorer mengidentifikasi menu, icon
yang ada pada internet explorer
· Mendmontrasikan cara penggunaan internet explorer
· Diskusi mengenai www
sebagai sumber pelayanan informasi
· Penelusuran bahan bacaan untuk mendeskripsikan URL, HTML dan
search engine
· Menelusuri beberapa situs yang menyediakan search engine
· Demontrasi mengenai cara pembuat HTML
melalui Wordpad, FrontPage, Publiser
|
· Siswa dapat
Identifikasi internet Explorer
· Siswa dapat Menggunakan fasilitas yang ada pada internet Explorer
· Siswa dapat Mendeskripsikan pelayanaan www sebagai sumber
informasi
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertiaan URL dan home page
· Siswa dapat Mendeskripsikan HTML
· Siswa dapat Mengenal beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine
|
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator
pembelajaran
·
Apersepsi tentang www dan situs internet
·
Motivasi
tentang keistimewaa mengakses internet
B. Kegiatan Inti
Pertemuan
pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Melalui
informasi melalui LCD guru menjelaskan fungsi dari browser internet misalkan internet
explorer
·
Guru mendemontrasikan cara mengaktifkan
internet explorer
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan oleh guru TIK
·
Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai bagian-bagian yang ada di dalam halaman
internet explorer
·
Siswa
diminta untuk mengidentifikasi dan membuka beberapa menu, tool yang ada pada
halaman internet explorer serta mempraktekan dengan bimbingan guru mata
pelajaran
·
Siswa
mempraktekan cara untuk
menggunakan menu dan tool internet explorer
Pertemuan Ke-2
(2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menginformasikan tentang pengertian www dan homepage serta memberikan contoh
melalui layar LCD.
·
Guru
menjelaskan cara penulisan bahasa di dalam halaman internet
·
Guru
memberikan contoh cara penggunaan dan membuat halaman internet dengan
menggunakan wordpad seperti
membuat heading teks, teks berjalan
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diminta untuk membuat
homepage sederhana dari buku pegangan siswa
·
Guru
membimbing jalananya
praktikum siswa
Pertemuan ke-3
(2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menginformasikan program-program yang memiliki WYSIWIG untuk pembuatan
homepages seperti FrontPage, dan Publiser
·
Guru memjelaskan cara menggunakan front page
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diberikan tugas untuk membuat homepage dengan menggunakan Frontpage
seperti membuat photo galery
·
Guru
menjelaskan keunggulan dari program desain homepage Publiser dan memberikan
contoh cara penggunaan Publiser
·
Siswa
diajakan untuk membuat homepage sesuai dengan buku yang ada pada siswa (karya sadiman penerbit erlangga)
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru siswa diajak untuk menyimpulkan jawab (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Guru
memberikan soal latihan untuk menguji sekitar Indikator Pencapaian Kompetensi. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
H. PENILAIAN
Penilaian yang dilakukan pada pertemuan ini adalah kemampuan praktek atau
psikomotorik dengan menggunakan soal yang ada pada halaman 57 dan 61 (buku
jilid 2 )
·
Untuk
penilaian yang dilakukan adalah sebagai berikut
Nama Siswa:
Soal hal 57
No
|
Bidang Penilaian
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1
|
Kemampuan mengoperasikan publiser
|
||||
2
|
Ketepatan pemilihan layout
|
||||
3
|
Kesesuain huruf, tulisan, warna
|
||||
4
|
Keterampilan menggunakan fasilitas yang ada pada publiser
|
||||
5
|
Keterampilan menyimpan dan menampilkan dalam halaman internet
|
||||
Rata-rata
|
Penilaian Soal Halaman 61
No
|
Bidang Penilaian
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1.
|
Cara mengaktifkan frontpage
|
||||
2.
|
Keterampilan menggunakan menu
|
||||
3.
|
Keterampilan membuat paragraf
|
||||
4.
|
Keterampilan menggunakan perintah
|
||||
5.
|
Ketepatan dengan teks asli
|
||||
6.
|
Kemampuan menyimpan dan format teks
|
||||
7.
|
Keterampilan menampilkan hasil frontpage di halaman internet explorer
|
||||
Rata-rata
|
Kriteria
Sangat baik >= 12 kali konversi nilai >90
Baik >= 8 kali konversi
nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali konversi
nilai 80 – 70
Kurang < 6 kali konversi
nilai 40 - 60
|
0 comments :
Post a Comment