RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan
peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi
Dasar :1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat
grafis
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis
bitmap
·
Mengetahui aplikasi yang
digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
· Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi
dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
· Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis
bitmap
·
Mengetahui aplikasi yang
digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi menu dan ikon yang
terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pembuat grafis
· Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi
dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
Materi Ajar (Materi Pokok)
:
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukan menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak desain grafis
|
· Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan
grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan aplikasi yang digunakan
untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menyimak penjelasan tentang pengertian
menu dan ikon
· Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian
grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat Mengetahui aplikasi yang
digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian menu
dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Siswa dapat Menerangkan fungsi menu dan
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Siswa dapat Mengidentikasi menu dan ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Siswa dapat Menampilkan menu dan ikon
yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
·
Guru memberi motivasi kepada
siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini
yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan
siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis
vector dan grafis berbasis bitmap
·
Mendiskusikan
kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
·
Menjelaskan
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis
berbasis bitmap
·
Menyimak
penjelasan tentang pengertian
menu dan ikon
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Mendiskusikan
fungsi menu dan ikon
·
Menunjukkan
menu dan ikon
·
Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu
dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan
mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat
siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru menugaskan secara random
kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah
dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa diberikan tugas yang
berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa
kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan
yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA
NIP.
|
|
2011
Guru mapel TIK
NIP
|
0 comments :
Post a Comment