LANGKAH-LANGKAH PENENTUAN CAKUPAN DAN URUTAN PENYAJIAN BAHAN/MATERI PEMBELAJARAN

Written By putrajunio on Saturday, May 17, 2014 | 4:42 AM

Langkah-Langkah Penentuan Materi Pembelajaran
a)Identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Sebelum   menentukan   materi   pembelajaran   terlebih   dahulu   perlu   di identifikasi aspek- aspek keutuhan kompetensi yang harus dipelajari atau dikuasai  peserta didik. Aspek  tersebut perlu ditentukan, karena setiap  standar kompetensi  dan kompetensi dasar memerlukan jenis materi yang berbeda-beda dalam kegiatan pembelajaran. Harus ditentukan apakah standar kompetensi   dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta  didik termasuk ranah kognitif, psikomotor ataukah afektif.

b)Identifikasi Jenis-Jenis Materi Pembelajaran 
Identifikasi dilakukan berkaitan dengan kesesuaian materi pembelajaran dengan tingkatan aktivitas/ranah  pembelajarannya.  Materi  yang sesuai untuk ranah  kognitif ditentukan berdasarkan perilaku yang menekankan aspek intelektual,seperti pengetahuan, pengertian,dan keterampilan berpikir.

Materi  yang akan  dibelajarkan   perlu  diidentifikasi  secara  tepat agar pencapaian kompetensinya dapat diukur. Di samping itu, dengan mengidentifikasi jenis-jenis materi yang akan dibelajarkan,maka guru akan mendapatkan ketepatan dalam   metode   pembelajarannya. Sebab,setiap   jenis   materi   pembelajaran memerlukan strategi, metode,  media, dan sistem evaluasi yang berbeda-beda.

c) Memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan  kompetensi
dasar.
Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis materi pembelajaran yang
akan dibelajarkan adalah dengan mengetahui tentang kompetensi dasar yang  harus dikuasai peserta didik. Dengan mengacu pada kompetensi dasar, kita akan  mengetahui apakah materi yang harus kita belajarkan berupa  fakta,konsep,  prinsip,  prosedur, aspek sikap, atau keterampilan motorik.  
contohnya: Kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik berupa kemampuan untuk menyatakan suatu definisi ,menuliskan ciri khas sesuatu, mengklasifikasikan atau mengelompokkan beberapa contoh objek sesuai dengan suatu definisi. Berarti materi yang diajarkan adalah “konsep”.

d) Memilih Sumber Bahan Ajar
Setelah jenias materi ditentukan langkah berikutnya adalah menentukan
sumber bahan ajar. Materi pembelajaran atau bahan ajar dapat kita temukan dari berbagai sumber seperti buku pelajaran , internet dan sebagainya.
                          
Penentuan Cakupan Dan Urutan Penyajian Bahan Ajar
Bahan   ajar   merupakan   informasi,   alat   dan   teks   yang   diperlukan  guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.  Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/  instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Penentuan Cakupan Bahan Ajar
Dalam menentukan cakupan atau ruang lingkup materi pembelajaran harus
memperhatikan beberapa aspek berikut 
a) Aspek kognitif (fakta, konsep, prinsip, prosedur), aspek afektif, ataukah aspek  psikomotor, karena ketika sudah diimplementasikan dalam proses pembelajaran   maka tiap-tiap jenis uraian materi tersebut   memerlukan   strategi   dan   media     pembelajaran   yang  berbeda-beda.Selain   memperhatikan   jenis   materi   juga   harus memperhatikan   prinsip-prinsip yang perlu digunakan dalam menentukan cakupan materi pembelajaran yang menyangkut keluasan dan kedalaman materinya.  

b)Keluasan cakupan materi berarti menggambarkan seberapa banyak materi-materi     yang   dimasukkan   ke   dalam   suatu   materi pembelajaran. Kedalaman materi   menyangkut rincian konsep-konsep yang terkandung di dalamnya yang harus  dipelajari oleh peserta didik.

c)Kecukupan (adequacy) atau memadainya cakupan materi juga perlu diperhatikan. Memadainya cakupan aspek materi dari suatu materi pembelajaran   akan   sangat  membantu     tercapainya   penguasaan kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Cakupan  atau ruang lingkup materi perlu ditentukan untuk mengetahui  apakah materi   yang akan diajarkan terlalu banyak, terlalu sedikit, atau telah  memadai sehingga terjadi   kesesuaian dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai.  

Urutan  Penyajian Bahan  Pembelajaran
Urutan penyajian berguna untuk menentukan urutan proses pembelajaran.
Tanpa   urutan   yang   tepat,   jika   di   antara   beberapa   materi     pembelajaran mempunyai hubungan yang bersifat prasyarat (prerequisite) akan menyulitkan
peserta   didik   dalam   mempelajarinya.Misalnya,   materi   operasi   bilangan
penjumlahan,   pengurangan,   perkalian,   dan   pembagian.   Peserta   didik   akan
mengalami kesulitan mempelajari pengurangan jika  materi penjumlahan belum
dipelajari.Peserta didik akan mengalami kesulitan melakukan  pembagian jika
materi perkalian belum dipelajari.

Cara pemilihan materi
Dengan mengacu pada syarat dari  materi pelajaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih atau menetapkan materi pelajaran :
a.  Tujuan pengajaran
Materi pelajaran hendaknya ditetapkan dengan mengacu pada tujuan – tujuan instruksional yang ingin dicapai.
b.  Pentingnya bahan
Materi yang diberikan hendaknya merupakan bahan yang betul – betul penting , baik dilihat dari tujuan yang ingin dicapai maupun fungsinya untuk mempelajari bahan berikutnya.
c.  Nilai praktis
Materi yang dipilih hendaknya bermakna bagi para siswa , dalam arti mengandung bilai praktis atau bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
d.  Tingkat perkembangan peserta didik
Kedalaman materi yang dipilih hendaknya ditetapkan dengan memperhitungkan tingkat perkembangan berpikir siswa yang bersangkutan, dalam hal ini biasanya telah dipertimbangkan dalam kurikulum sekolah yang bersangkutan.
e.  Tata urutan

Materi yang diberikan hendaknya ditata dalam urutan yang memudahkan dipelajarinya keseluruhan materi oleh peserta didik atau siswa.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul LANGKAH-LANGKAH PENENTUAN CAKUPAN DAN URUTAN PENYAJIAN BAHAN/MATERI PEMBELAJARAN yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:42 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu