Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang
guru adalah kemampuan profesional. Kemampuan profesional adalah kemampuan yang
berkaitan dengan tugas-tugas guru sebagai pembimbing, pendidik, dan pengajar.
Menurut Suharsimi Arikunto, kompetensi profesional artinya
guru memiliki pengetahuan yang luas serta mendalam tentang subjec matter (mata
pelajaran) yang diampu dan akan diajarkan, serta penguasaan metodologis dalam
arti memiliki pengetahuan konsep teoritik, mampu memilih metode yang tepat,
serta mampu menggunakannya dalam proses belajar mengajar.
Dalam Permendiknas no.16 tahun 2007 disebutkan standar
kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru. Standar
kompetensi profesional yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1. Standar kompetensi profesional guru PAUD/TK/SD/MI
1. Standar kompetensi profesional guru PAUD/TK/SD/MI
- Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
- Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan
yang diampu.
- Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
- Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan
diri.
2. Standar kompetensi guru Mata Pelajaran di SD/MI,
SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK
- Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
- Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
- Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Menurut Cooper dalam Satori (2009) terdapat 4 komponen
kompetensi profesional guru, yaitu:
- Memiiki
pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia
- Memiliki
pengetahuan dan menguasai bidang studi yang diampu
- Memiliki
sifat yang tepat terhadap diri sendiri, sekolah, teman sejawat, dan bidang
studi yang diampu
- Memiliki
keterampilan menyampaikan materi ajar
Satori sendiri mengemukakan beberapa komponen kompetensi
profesioanal seperti berikut.
1. Penguasaan bahan mata pelajaran
Penguasaan bahan mata pelajaran adalah kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan, dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan keahlian yang diajarkan. Ada dua hal berkaitan dengan penguasaan bahan mata pelajaran, yaitu:
a. Menguasai bahan bidang studi dan kurikulu sekolah
b. Menguasai bahan pendalaman dan pengaplikasiannya.
1. Penguasaan bahan mata pelajaran
Penguasaan bahan mata pelajaran adalah kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan, dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan keahlian yang diajarkan. Ada dua hal berkaitan dengan penguasaan bahan mata pelajaran, yaitu:
a. Menguasai bahan bidang studi dan kurikulu sekolah
b. Menguasai bahan pendalaman dan pengaplikasiannya.
2. Pengelolaan program belajar mengajar
Kemampuan ini meliputi kemampuan dalam merumuskan tujuan instruksional, kemampuan mengenal, menguasai, dan menggunakan metode mengajar, kemampuan memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat, kemampuan melaksanakan program belajar mengajar, kemampuan mengenal potensi siswa, serta kemampuan merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial.
Kemampuan ini meliputi kemampuan dalam merumuskan tujuan instruksional, kemampuan mengenal, menguasai, dan menggunakan metode mengajar, kemampuan memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat, kemampuan melaksanakan program belajar mengajar, kemampuan mengenal potensi siswa, serta kemampuan merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial.
3. Pengelola kelas
Pada bagian ini guru dituntut memiliki kemampuan dalam merancang, menata dan mengatur sumber-sumber belajar agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien.
Pada bagian ini guru dituntut memiliki kemampuan dalam merancang, menata dan mengatur sumber-sumber belajar agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien.
4. Pengelolaan dan penggunaan media serta sumber belajar
Kemampuan pengelolaan dan penggunaan media serta sumber belajar pada dasarnya merupakan kemampuan menciptakan suasana belajar kondusif yang dapat merangsang belajar siswa sehingga menjadi efektif dan efisien.
Kemampuan pengelolaan dan penggunaan media serta sumber belajar pada dasarnya merupakan kemampuan menciptakan suasana belajar kondusif yang dapat merangsang belajar siswa sehingga menjadi efektif dan efisien.
5. Penguasaan landasan-landasan pendidikan
Kemampuan ini berkaitan dengan:
Kemampuan ini berkaitan dengan:
- Mempelajari
konsep dan masalah pendidikan dengan sudut tinjauan sosiologis, filosofis,
historis, dan psikologis
- Mengenal
fungsi sekolah sebagai lembaga sosial
- Mengenal
karakteristik siswa secara fisik dan mental
6. Mampu menilai prestasi belajar mengajar
Kemampuan ini adalah kemampuan dalam mengukur perubahan tingkah laku siswa dan kemampuan mengukur kemahiran diri sendiri dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran.
Kemampuan ini adalah kemampuan dalam mengukur perubahan tingkah laku siswa dan kemampuan mengukur kemahiran diri sendiri dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran.
7. Memahami prinsip-prinsip pengelolaan lembaga dan
program pendidikan di sekolah
Di sini guru dituntut keterlibatannya dalam membantu kepala sekolah dalam berbagai kegiatan pendidikan di sekolah, memahami dasar berorganisasi, bimbingan penyuluhan, program ko dan ektrakurikuler, perpustakaan sekolah dan hal-hal terkait lainnya.
Di sini guru dituntut keterlibatannya dalam membantu kepala sekolah dalam berbagai kegiatan pendidikan di sekolah, memahami dasar berorganisasi, bimbingan penyuluhan, program ko dan ektrakurikuler, perpustakaan sekolah dan hal-hal terkait lainnya.
8. Menguasai metode berpikir
Menguasai metode berpikir maksudnya berpikir dengan pendekatan berpikir keilmuan (berpikir ilmiah).
Menguasai metode berpikir maksudnya berpikir dengan pendekatan berpikir keilmuan (berpikir ilmiah).
9. Meningkatkan kemampuan dan menjalankan misi
profesional
Guru harus mengembangkan potensi dirinya secara berkesinambungan agar wawasannya menjadi luas dan tidak ketinggalan iptek.
Guru harus mengembangkan potensi dirinya secara berkesinambungan agar wawasannya menjadi luas dan tidak ketinggalan iptek.
10. Terampil memberikan bantuan dan bimbingan kepada
siswa
Untuk ini guru perlu memahami berbagai teknik bimbingan belajar dan dapat memilihnya dengan tepat dalam rangka membantu siswa.
Untuk ini guru perlu memahami berbagai teknik bimbingan belajar dan dapat memilihnya dengan tepat dalam rangka membantu siswa.
11. Memiliki wawasan tentang penelitian pendidikan
Guru sangat perlu mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan terutama yang berkaitan dengan tugas-tugas pokoknya di sekolah.
Guru sangat perlu mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan terutama yang berkaitan dengan tugas-tugas pokoknya di sekolah.
12. Mampu memahami karakteristik peserta didik
Pemahaman yang dimaksud meliputi pemahaman tentang kepribadian siswa, perbedaan individual, kebutuhan, motivasi dan kesehatan mental, tugas perkembangan, dan fase perkembangan.
Pemahaman yang dimaksud meliputi pemahaman tentang kepribadian siswa, perbedaan individual, kebutuhan, motivasi dan kesehatan mental, tugas perkembangan, dan fase perkembangan.
13. Mampu menyelenggarakan administrasi sekolah
Kemampuan ini meliputi kemampuan mengenal dan melaksanakan pengadministrasian sekolah, mengatasi kelangkaan sumber belajar, membimbing siswa merawat sumber-sumber belajar lainnya.
Kemampuan ini meliputi kemampuan mengenal dan melaksanakan pengadministrasian sekolah, mengatasi kelangkaan sumber belajar, membimbing siswa merawat sumber-sumber belajar lainnya.
14. Memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan
Guru harus mampu berperan sebagai inovator atau agen perubahan dengan menguasai wawasan yang cukup tentang berbagai inovasi dan teknologi pendidikan yang berkembang.
Guru harus mampu berperan sebagai inovator atau agen perubahan dengan menguasai wawasan yang cukup tentang berbagai inovasi dan teknologi pendidikan yang berkembang.
15. Berani mengambil keputusan
Kemampuan mengambil keputusan pendidikan bertujuan agar guru tidak terombang-ambing dalam ketidakpastian.
Kemampuan mengambil keputusan pendidikan bertujuan agar guru tidak terombang-ambing dalam ketidakpastian.
16. Memahami kurikulum dan perkembangannya
Guru harus memahami konsep dasar dan langkah-langkah pokok dalam pengembangan kurikulum.
Guru harus memahami konsep dasar dan langkah-langkah pokok dalam pengembangan kurikulum.
17. Mampu bekerja berencana dan terprogram
Guru dituntut agar bisa bekerja secara teratur dan berurutan dengan kreatifitas yang tinggi.
Guru dituntut agar bisa bekerja secara teratur dan berurutan dengan kreatifitas yang tinggi.
18. Mampu menggunakan waktu secara tepat
Selain tepat waktu masuk dan keluar kelas, guru juga harus bisa membuat program kegiatan dengan durasi dan frekwensi yang tepat.
Selain tepat waktu masuk dan keluar kelas, guru juga harus bisa membuat program kegiatan dengan durasi dan frekwensi yang tepat.
SEKIAN DAN SILAKAN DIKEMBANGKAN LAGI
0 comments :
Post a Comment