BEBERAPA DEFINISI TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN TUJUAN DARI PADA MANAJEMEN KELAS

Written By putrajunio on Friday, July 4, 2014 | 6:12 AM


Manajemen dari kata "management", diterjemahkan pula menjadi pengelolaan,berarti proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Sedangkan pengelolaan adalah proses yang memberikan, pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan {Depdikbud, 1989). Kelas (dalam arti umum) menunjuk kepada pengertian sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dad guru yang sama pula. Dengan demikian, maksud manajamen kelas adalah mengacu kepada penciptaan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan siswa dalam kelas tersebut dapat belajar dengan efektif. 
Terdapat beberapa definisi tentang manajemen kelas berikut:
a. Berdasar konsepsi lama dan modern
Menurut konsepsi lama, manajemen kelas diartikan sebagai upaya mempertahankan ketertiban kelas. Menurut konsepsi modern manajemen kelas adalah proses seleksi yang menggunakan alat yang tepat terhadap problem dan situasi manajemen kelas. Guru menurut konsepsi lama bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara· sistem/organisasi kelas sehingga individu dapat memanfaatkan kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas individual (Lois V. Johnson dan Mary Bany, 1970). 

b. Berdasar pandangan pendekatan operasional tertentu (disarikan dari Wilford A. Weber, 1986):
a.  Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui penggunaan disipltn (pendekatan qJ:ori ter).
b.  Seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi (pendekatan intimidasi).
c.    Seperangkat kegiatan guru untuk memaksimalkan kebebasan Slswa (pendekatan permisif).
d.   Seperangkat kegiatan guru menciptakan suasana kelas dengan cara mengikuti petunjuk/resep yang telah disajikan (pendekatan buku masak).
e.   Seperangkat kegiatan guru un'tuk menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelaj aran yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik (pendekatan instruksional).
f.   Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan (pendekatan pengubahan perilaku).
g.   Seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif (pendekatan penciptaan iklim sosio emosional).
h.  Seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif (pendekatan sistem sosial).

Pengertian lain dari manajemenkelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif clan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dengan demikian manajemen kelas merupakan usaha sadar, untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Us.aha sadar itu mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi/kondisi proses belajar mengajar clan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996).


Sedangkan tujuan manajemen kelas adalah
a.   Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
b.   Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
c.   Menyediakan dan mengatur fasilitas setra perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan social, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
d.   Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996:2).

Tugas guru seperti mengontrol, mengatur atau mendisiplinkan peserta didik adalah tindakan guru yang sudah tidak tepat lagi. Dewasa iniaktivitas guru yang terpenting adalah memanajemeni, mengorganisir, dan rnengkoordinasikan usaha at au aktivitas peserta didik menuju tujuan pembelajaran. Mernanajemeni kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru dalam rnernutuskan, rnemahami, mendiagnosis, dan kemarnpuan bertindak rnenuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas. Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikap dalam manajemen kelas adalah sifat kelas, pendorong kekuatan kelas, situasi kelas, tindakan selektif. dan kreatif (Lois V. Johnson dan Mary A. Bany, 1970).

Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam manajemen kelas sebagai aspek-aspek manajemen kelas, seperti tertuang dalam Petunjuk Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar adalah berikut ini:
a. Mengecek kehadiran siswa,
b. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa dan menilai hasil pekerjaan tersebut,
c. Pendistribusian bahan dan alat,
d. Mengurnpulkan inforrnasi dari siswa, mencatat data pemeliharaan arsip
g. Menyampaikan materi pelajaran,
h. Memberikan tugas/PR.

Sementara itu hal-hal yang perlu diperhatikan para guru, khususnya guru baru dalam pertemuan pertama dengan siswa di kelas adalah:
a.     Ketika bertemu dengan siswa, guru harus:
        1) bersikap tenang dan percaya diri,
        2) tidak menunjukkan rasa cemas, muka masam, atau sikap tidak simpatik.
        3) memberikan salam lalu memperkenalkan diri,
        4) memberikan format isian tentang data pribadi siswa atau guru menyuruh siswa menulis riwayat hidupnya secara singkat.
b.    Guru memberikan tugas kepada siswa dengan tertib dan lancar:
c .    Mengatur temp at duduk siswa secara tertib dan teratur.!
d.    Menentukan tata cara berbicara dan tanya jawab.
e.     Membuat denah kelas (temp at duduk siswa).
f.     Bertindak disiplin baik terhadap siswa maupun terhadap diri sendiri (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996: 13).

Konsep dasar yang perlu dicermati dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, ke1ompok, sekolah, dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Di samping sifat kelas peranan dan motif individu dalam kelompok, sifat-sifat kelompok, penyesuaian yang terjadi dalam perilaku kolektif, dan pandangan guru dalam mengajar. 

Manajemen kelas, selain memberi makna penting bagi tercipta dan terpeliharanya kondisi kelas yang optimal, manajemen kelas berfungsi:
1) Membeli dan melengkapi fasilitas untuk segala macam tugas seperti: membantu kelompok dalam pembagian tugas, membantu pembentukan kelompok, membantu kerjasama dalam menemukan tujuan-tujuan organisasi, mernbantu individu agar dapat bekerja sarna dengan kelompok atau kelas, rnembantu prosedur kerja, rnerubah kondisi kelas,
2)   Memelihara agar tugas­tugas itu dapat berjalan lancar. 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul BEBERAPA DEFINISI TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN TUJUAN DARI PADA MANAJEMEN KELAS yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 6:12 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu