Manajemen
dari kata "management", diterjemahkan pula menjadi
pengelolaan,berarti proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai
sasaran. Sedangkan pengelolaan adalah proses yang memberikan, pengawasan pada semua hal yang terlibat
dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan {Depdikbud, 1989). Kelas (dalam arti umum) menunjuk
kepada pengertian sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama menerima
pelajaran yang sama dad guru yang sama pula. Dengan demikian, maksud manajamen
kelas adalah mengacu kepada penciptaan suasana atau kondisi kelas yang
memungkinkan siswa dalam kelas tersebut dapat belajar dengan efektif.
Terdapat
beberapa definisi tentang manajemen kelas berikut:
a. Berdasar konsepsi lama dan
modern
Menurut konsepsi lama, manajemen kelas diartikan sebagai
upaya mempertahankan ketertiban kelas. Menurut konsepsi modern manajemen kelas
adalah proses seleksi yang menggunakan alat yang tepat terhadap problem dan
situasi manajemen kelas. Guru menurut konsepsi lama bertugas menciptakan,
memperbaiki, dan memelihara· sistem/organisasi kelas sehingga individu dapat
memanfaatkan kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas individual
(Lois V. Johnson dan Mary Bany, 1970).
b. Berdasar pandangan pendekatan operasional tertentu (disarikan
dari Wilford A. Weber, 1986):
a. Seperangkat
kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui
penggunaan disipltn (pendekatan qJ:ori ter).
b. Seperangkat
kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas
melalui intimidasi (pendekatan intimidasi).
c. Seperangkat
kegiatan guru untuk memaksimalkan kebebasan Slswa (pendekatan permisif).
d. Seperangkat
kegiatan guru menciptakan suasana kelas dengan cara mengikuti petunjuk/resep
yang telah disajikan (pendekatan buku masak).
e. Seperangkat
kegiatan guru un'tuk menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan
pembelaj aran yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik (pendekatan
instruksional).
f. Seperangkat
kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan
dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan (pendekatan pengubahan
perilaku).
g. Seperangkat
kegiatan guru untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim
sosio-emosional kelas yang positif (pendekatan penciptaan iklim sosio
emosional).
h. Seperangkat
kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang
efektif (pendekatan sistem sosial).
Pengertian lain dari manajemenkelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif clan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dengan demikian manajemen kelas merupakan usaha sadar, untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Us.aha sadar itu mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi/kondisi proses belajar mengajar clan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996).
Sedangkan tujuan
manajemen kelas adalah
a. Mewujudkan situasi dan kondisi
kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang
memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
b. Menghilangkan berbagai hambatan
yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
c. Menyediakan dan mengatur
fasilitas setra perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar
sesuai dengan lingkungan social, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
d. Membina dan membimbing siswa
sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat
individunya (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996:2).
Tugas guru seperti mengontrol, mengatur atau mendisiplinkan peserta didik adalah tindakan guru yang sudah tidak tepat lagi. Dewasa iniaktivitas guru yang terpenting adalah memanajemeni, mengorganisir, dan rnengkoordinasikan usaha at au aktivitas peserta didik menuju tujuan pembelajaran. Mernanajemeni kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru dalam rnernutuskan, rnemahami, mendiagnosis, dan kemarnpuan bertindak rnenuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas. Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikap dalam manajemen kelas adalah sifat kelas, pendorong kekuatan kelas, situasi kelas, tindakan selektif. dan kreatif (Lois V. Johnson dan Mary A. Bany, 1970).
Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam manajemen kelas sebagai aspek-aspek manajemen kelas, seperti tertuang dalam Petunjuk Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar adalah berikut ini:
a. Mengecek
kehadiran siswa,
b. Mengumpulkan
hasil pekerjaan siswa, memeriksa dan menilai hasil pekerjaan tersebut,
c. Pendistribusian
bahan dan alat,
d. Mengurnpulkan
inforrnasi dari siswa, mencatat data pemeliharaan arsip
g. Menyampaikan
materi pelajaran,
h. Memberikan
tugas/PR.
Sementara itu hal-hal yang perlu diperhatikan para guru, khususnya guru baru dalam pertemuan pertama dengan siswa di kelas adalah:
a. Ketika bertemu dengan siswa, guru harus:
1) bersikap
tenang dan percaya diri,
2) tidak
menunjukkan rasa cemas, muka masam, atau sikap tidak simpatik.
3) memberikan
salam lalu memperkenalkan diri,
4) memberikan
format isian tentang data pribadi siswa atau guru menyuruh siswa menulis
riwayat hidupnya secara singkat.
b. Guru memberikan tugas kepada siswa dengan tertib dan
lancar:
c . Mengatur temp at duduk siswa secara tertib
dan teratur.!
d. Menentukan tata cara berbicara dan tanya
jawab.
e. Membuat denah kelas (temp at duduk siswa).
f. Bertindak disiplin baik terhadap siswa
maupun terhadap diri sendiri (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, 1996: 13).
Konsep dasar yang perlu dicermati dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, ke1ompok, sekolah, dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Di samping sifat kelas peranan dan motif individu dalam kelompok, sifat-sifat kelompok, penyesuaian yang terjadi dalam perilaku kolektif, dan pandangan guru dalam mengajar.
Manajemen kelas, selain memberi makna penting bagi tercipta dan terpeliharanya kondisi kelas yang optimal, manajemen kelas berfungsi:
1)
Membeli dan melengkapi fasilitas untuk segala macam tugas seperti: membantu
kelompok dalam pembagian tugas, membantu pembentukan kelompok, membantu
kerjasama dalam menemukan tujuan-tujuan organisasi, mernbantu individu agar
dapat bekerja sarna dengan kelompok atau kelas, rnembantu prosedur kerja,
rnerubah kondisi kelas,
2)
Memelihara agar tugastugas itu dapat
berjalan lancar.
0 comments :
Post a Comment