LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA PRESENTASI
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Program : X/MIA
Kompetensi : KD 3.6 dan 4.6
No
|
Nama
Peserta didik
|
Observasi
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian
skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
a. Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.
Berilah tanda ceklist pada kolom Benar
atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Dalam keadaan apa
pun benda elastis pasti kembali ke bentuk semula
|
|
|
2.
|
Karet selalu
bersifat elastis
|
|
|
3.
|
Batang kayu selalu
bersifat plastis
|
|
|
4.
|
Satuan stress
identik dengan Pascal
|
|
|
5.
|
Kekuatan pegas
dinyatakan dengan konstanta pegas
|
|
|
6.
|
Menurut Hooke makin
besar gaya pegas, makin besar pertambahan panjangnya
|
|
|
Jawablah petanyaan berikut ini
1.
Sebuah pegas mula-mula panjangnya 20,0
cm, ditarik dengan gaya 2,1 N panjangnya menjadi 23,0 cm. Berapa besar
konstanta pegas? Berapa besar gaya pegas saat panjang pegas yang ditarik
menjadi 25,0 cm?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Contoh Tes Uraian
1.
A sign (m = 200 kg) hangs from the end
of vertical steel girder with cross-sectional area of 0.5 cm2 and 50
cm of length. The additional of length is 2.5 cm in this situation
a. What is the strain and stress on the girder?
b. Calculate the modulus Young!
2.
Perhatikan data percobaan berikut
Perhatikan
data percobaan tentang pegas yang diberi beban (g = 10 m.s-2).
Exp
|
Mass (gram)
|
Panjang pegas (cm)
|
1)
|
50
|
32.0
|
2)
|
100
|
34.5
|
3)
|
250
|
42.0
|
4)
|
x
|
45.0
|
a. Berapa konstanta pegas (k)!
b. Perkirakan nila x pada percobaan ke 4!
3.
Sebuah pegas mula-mula panjangnya 27,0
cm. Ketika diberi beban 100 gram panjang pegas menjadi 29,5 cm. Berapa panjang
pegas jika masa beban yang digantungkan 170 gram?
c. Lembar Kerja Praktik
2.
Susun alat seperti gambar
3.
Baca skala yang ditunjukan mistar pada
bagian bawah beban pada posisi awal (Lo)
4. Ambil satu beban dan catat masanya
(m), kemudian baca skala pada mistar (L)
5. Lakukan percobaan dengan terus menerus
mengambil masa beban. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti. Kemudian
masukan data percobaan ke dalam tabel berikut ini
Data Percobaan
Mo = ................
kilogram
Lo =
.................meter
Perc
Ke
|
Total
masa yang diambil
(m)
|
Bacaan
Mistar
(L)
|
1.
|
0
|
|
2.
|
0,02
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
6.
Buatlah grafik dengan m sebagai sumbu
x dan L sebagai sumbu y
7.
Jawablah pertanyaan berikut ini
a.
Tuliskan persamaan grafik yang
terbentuk
b.
Hitung gradiennya
c.
Amati data percobaan, kemudian hitung
besar konstanta pegas (k)
d.
Tentukan titik potong sumbu X (Xo) dan
titik potong sumbu Y (Yo)
e.
Jika sebuah tetapan Q = grad x k,
hitunglah nilai tetapan Q!
Catatan:
Kontrol ketelitian
dan kejujuran data adalah: grafik berbentuk turun, gradien negatif dan nilai Q
mendekati nilai percepatan gravitasi.
8.
Buatlah laporan praktik dengan struktur
seperti berikut. Gunakan laptop/komputer atau kalkulator (scientific calculator) untuk mendapatkan grafik dan persamaan garis
yang akurat. Kirim laporan melalui email nursyam@sman78-jkt.sch.id
Struktur laporan
adalah sebagai berikut
a. Judul
b. Tujuan
c. Landasan teori
d. Alat dan bahan (sertakan dengan
gambar atau foto)
e. Langkah kerja
f.
Data
percobaan
g. Jawaban pertanyaan
h. Kesimpulan
i.
Referensi
0 comments :
Post a Comment