FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013 PAI DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII SEMESTER 1

Written By putrajunio on Friday, August 15, 2014 | 8:21 PM

Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.






2
Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.






3
Bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan.






4
Bahwa setiap ilmu harus diamalkan






5
Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------        
Skor maksimal (20)



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………















........., ........................................
Ketua kelompok




(……………………………………….)

:


 Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:
a.    Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing  4-5 siswa
b.   Tiap-tiap kelompok berdiskusi dan menilai setiap anggota kelompok lain
c.    Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Serius
Cukup serius
Kurang serius
Tidak serius

1
Menghafal arti surah al-Mujadalah(58):11






2
Menghafal arti surah ar-Rahman(55):33






3
Bekerja sama dalam mendiskusikan isi kandungan surah ar-Rahman(55):33, dan surah al-Mujadalah(58):11






4
Berusaha menemukan jawaban tentang apa yang sedang didiskusikan






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Serius  = 100%
Cukup Serius = 50% Lebih
Kurang Serius = Kurang dari 50%
Tidak Serius = 0%
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------        
Skormaksimal (16)



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………















Batu, .......................................
Ketua kelompok




(……………………………………….)



Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntuti ilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
TeknikPenilaian
:
Lisan
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !
2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
 





No
Jawaban
1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.
2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
3.
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu
RUBRIK PENILAIAN
No.
Nama Surat
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   -------                                             
Skormaksimal












 Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)

NamaPesertadidik
:
…………………………………………………
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !
2.
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!
 


RUBRIK PENILAIAN
NO.
NAMA SURAT
KRITERIA
SKOR
FASIH
TARTIL
KURANG TARTIL
TIDAK TARTIL
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   ---------        
Skor maksimal



CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………










Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013 PAI DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII SEMESTER 1 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 8:21 PM

2 comments :

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu